FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Apakah Sola Fide dan Sola Scriptura alkitabiah?    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10581
Location: Orange County California

PostPosted: Wed, 14-04-2004 8:59 am    Post subject: Apakah Sola Fide dan Sola Scriptura alkitabiah? Reply with quote

Sedikit penjelasan singkat.

Sola Fide
Sola Fide berarti "Hanya Iman", prinsip Protestantisme bahwa hanya iman yang membuat manusia benar. Ini tidak berarti Protestant menganggap perbuatan itu tidak penting, tapi mereka menganggap bahwa perbuatan itu hanyalah "tanda luar" dari iman. Prinsip Sola Fide ini juga membuat banyak Protestant berpendapat akan Sekali Selamat, Terus Selamat yang maksudnya, setelah orang itu diselamatkan maka meskipun dia berdosa, dosa tersebut tidak akan mempengaruhi keselamatan dia.


Sola Scriptura
Prinsip Protestant bahwa hanya Alkitablah sumber iman yang tidak dapat salah. Dan semua ajaran tentang Kristus bisa di mengerti dengan JELAS hanya dengan membaca alkitab (perspicuity of scripture).




Sola Fide

Martin Luther dalam proses menerjemahkan Alkitab ke Bahasa German telah MENAMBAHKAN kata "Hanya" (Sola) di surat Paulus ke Roma pada kata "Iman", dan membuat phrase BARU yang berbunyi "Hanya Iman" (Sola Fide). Kenapa dia melakukan ini? Untuk menyesuikan kitab dengan doktrinnya.

PADAHAL, Luther sebenarnya TIDAK PERLU menambahkan kata "Hanya", karena dibagian lain alkitab kita bisa temukan satu-satunya tempat dimana BENAR-BENAR ADA (dan bukannya ditambahkan) konsep "Hanya Iman". Dimanakah itu? Silahkan lihat Yakobus 2:24. Di Versi Indonesia kurang jelas, maka ini dari Revised Standard Version:


James 2:24 (RSV)
2:24
24 You see that a man is justified by works and not by faith alone.



Tapi, tentu saja ini lain sekali dengan yang diharapkan Luther. Karena Surat Yakobus mengajarkan Iman+Perbuatan. Dan bahkan Yakobus mewanti-wanti terhadap konsep "Hanya Iman". Jadi singkatnya ALKITAB MELARANG KONSEP SOLA FIDE!


Dan tentu saja Surat Rasul Yakobus inilah yang membuat Luther pusing kepala. Sampai-sampai dia menaruh Surat Yakobus (dan juga Wahyu, Ibrani, Surat Yudas) di "Lampiran" di Kitab German yang dibuat dia. Bahkan suatu kali, karena kebenciannya terhadap surat Yakobus yang bertentangan dengan theologi dia, Luther pernah berkata:

"That epistle of James gives us much trouble, for the papists embrace it alone and leave out all the rest. . . . .Accordingly, if they will not admit my interpretation, then I shall make rubble also of it. I almost feel like throwing Jimmy into the stove, as the priest in Kalenberg did" (Luther 34:317).

"Surat Yakobus memberi kita banyak masalah, karena Papist (sebutan ejekan bagi umat Katolik yg dipake Luther) menganutnya sendiri dan meninggalkan yang lain-lainnya.... Karenanya, jika mereka tidak mengakui penafsiranku aku akan menghancurkannya (Surat Yakobus). Aku hampir merasa seperti melemparkan "Jimmy" (sebutan bagi Surat Yakobus) ke perapian, seperti yang dilakukan Romo/Pastor di Kalenberg" (Luther 34:317)





Sola Scriptura

Inilah ayat yang menyanggah konsep Sola Scriptura

2 Thessalonians 2:15 (KJV)
Therefore, brethren, stand fast, and hold the traditions which ye have been taught, whether by word, or our epistle

2 Tesalonika 2:15
Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.


Bisa dilihat bahwa ini sudah sangat sesuai dengan ajaran Gereja Katolik yang menolak mentah2 Sola Scriptura karena tidak Alkitabiah. Gereja Katolik menganggap bahwa Tradisi Suci dan Kitab suci adalah sumber iman umat Kristus, ini sudah sangat sesuai dengan ayat diatas. Plus, Kitab Suci sebenarnya adalah bagian dari Tradisi, jaman dahulu umat Kristus tidak memakai Alkitab seperti sekarang ini (dan Gereja KAtoliklah yang pada akhirnya menyusun Alkitab).


Beberapa ayat yang mendukung Tradisi Suci

2 Thessalonians 3:6 (KJV)
Now we command you, brethren, in the name of our Lord Jesus Christ, that ye withdraw yourselves from every brother that walketh disorderly, and not after the tradition which he received of us.

2 Tesalonika 3:6
Tetapi kami berpesan kepadamu, saudara-saudara, dalam nama Tuhan Yesus Kristus, supaya kamu menjauhkan diri dari setiap saudara yang tidak melakukan pekerjaannya dan yang tidak menurut ajaran yang telah kamu terima dari kami.

Disini ditunjukkan bagaimana Paulus menyuruh orang umat untuk menjauhkan diri dari umat lain yang tidak menuruti tradisi/ajaran yang telah diterima dari Rasul.



1 Corinthians 11:2 (KJV)
Now I praise you, brethren, that ye remember me in all things, and keep the ordinances, F32 as I delivered them to you.

--------------------------------------------------------------------------------
FOOTNOTES:
F32: ordinances: or, traditions



1 Korintus 11:2
Aku harus memuji kamu, sebab dalam segala sesuatu kamu tetap mengingat akan aku dan teguh berpegang pada ajaran yang kuteruskan kepadamu.

Disini Paulus memuji mereka yang taat terhadap tradisi/ajaran para rasul yang diteruskan oleh Paulus.




Kemudian, kalau kita lihat Bapa Gereja Awal, tidak ada yang mengajarkan Sola Scriptura. Bahkan, yang mengajarkan Sola Scriptura adalah para penganut ajaran sesat. Yang aku tahu adalah Donatist, yang kemudian di sanggah oleh St Agustinus. St Agustinus yang saat melawan ajaran sesat Manichaen berkata:


"I should not believe the Gospel except as moved by the authority of the Catholic Church."
(St. Augustine, Against the Epistle of Manichaeus Called Fundamental, 5,6)


"Aku tidak akan mempercayai Injil kecuali kalau tidak di gerakkan oleh otoritas Gereja Katolik"
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
GAry



Joined: 24 Mar 2004
Posts: 26

PostPosted: Sat, 17-04-2004 1:18 am    Post subject: Sola Fide dan Sola Scriptura: Tidak alkitabiah Reply with quote

I either not believe the Gospel, except as moved by the authority of the Catholic Church.

And I know I'm right, that I always withdraw my heart away from every brother that walketh disorderly, and not after the tradition which he received of us.

Thus love is nothing but lies, while it merely be spoken (scriptured), instead of to be done. Because something be done,... become a tradition.
Sola Scriptura has failed on the first day it announced.

God's love is pure. And it stays pure in the authority of Catholic Church.
Back to top
View user's profile Send private message
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10581
Location: Orange County California

PostPosted: Mon, 19-04-2004 5:43 am    Post subject: KETEMU!! Reply with quote

Ahh, akhirnya ketemu juga. Aku tahu kalau Luther menambah kata "Hanya" di surat Paulus ke Roma, tapi aku lupa dimana. Sekarang setelah aku baca buku Surprised by Truth, aku ingat.


Ok, lanjutan.



Ayat di Surat Paulus ke Roma yang ditambahi kata "Hanya" oleh Luther dalam kitab Bhs Germannya adalah Roma 3:28.


Luther bahkan mempertahankan penambahan kata tersebut dan berkata:

"Katakan padaku kehebohan yang dibuat para Papist karena kata 'hanya' tidak ada di Surat Paulus. Jika kalian Papist membesarkan masalah yang tidak penting tentang kata 'hanya', katakanlah pada dia: 'Dr. Martin Luther akan membuatnya demikian,' dan katakan 'Papist dan keledai, keduanya adalah sama.' Aku akan membuatnya demikian dan aku akan memerintahkannya demikian, dan keinginanku merupakan alasan yang cukup. Aku tahu dengan baik bahwa kata 'hanya' tidak ada di [teks] Latin dan Yunani, dan pihak Papist tidak perlu mengajarkan aku itu. Memang benar bahwa huruf-huruf tersebut tidak ada di tempat tersebut, huruf yang dilihat para keledai, bagaikan sapi yang memandang gerbang baru... [Kata 'hanya'] akan tetap berada di Perjanjian Baruku, dan jika semua keledai Papist menjadi marah dan sibuk sendiri, mereka tidak akan mengeluarkannya (kata 'hanya')."

Dikutip dari John Stoddard, Rebuilding a Lost Faith, (Rockford, IL; TAN Books), 136-137.




Nah, demikianlah saudara-saudara, sejarah Sola Fide.
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
- O -
Penghuni Ekaristi


Joined: 21 Jan 2004
Posts: 1876

PostPosted: Mon, 19-04-2004 8:25 am    Post subject: Reply with quote

Cath,
kemarin aku baca satu alinea tulisan Boetner (salah tulis kali yach) tapi intinya dia bilang bahwa Paus / Katholik banyak 'invention'-nya.
Yang dibahas itu kasus Maria diangkat ke surga, lalu dia mengangkat tulisan dari Paus Pius (ke XII ?) yang seperti 'memaksa' untuk percaya dst.
Komentar kamu dalam hubungannya dengan sola scriptura ?
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10581
Location: Orange County California

PostPosted: Mon, 19-04-2004 10:44 am    Post subject: Reply with quote

- O - wrote:
Cath,
kemarin aku baca satu alinea tulisan Boetner (salah tulis kali yach) tapi intinya dia bilang bahwa Paus / Katholik banyak 'invention'-nya.
Yang dibahas itu kasus Maria diangkat ke surga, lalu dia mengangkat tulisan dari Paus Pius (ke XII ?) yang seperti 'memaksa' untuk percaya dst.
Komentar kamu dalam hubungannya dengan sola scriptura ?

Masalahnya memang pengangkatan Maria ke Surga, yang didefinisikan secara Ex Cathedra oleh Pius XII, tidak ada di Alkitab.


Kalau immaculate conception ada jejaknya (seperti kata "penuh rahmat" bagi Maria yang tidak pernah dipakaikan ke orang lain). Tapi Bodily Asumption (pengangkatan tubuh) Maria, tidak ada jejaknya di Alkitab.


Tapi ini karena, sumber Iman Gereja sejak dari dulu bukan hanya Alkitab TAPI juga Tradisi Suci ("T" besar). Dan menurut Tradisi, jelas sekali bahwa Maria diangkat ke surga (aku sudah kasih banyak tulisan dari Bapa Gereja Awal tentang ini di Topik "Menjawab Sanggahan Protestant Terhadap Maria")


Nah, meskipun pengangkatan tubuh Maria tidak ada di alkitab TAPI ketidak dapat sesatan Paus ADA di Alkitab dan Tradisi. Jadi, bila Paus berbicara secara Ex Cathedra, maka itu pasti tidak dapat salah.




Tentang Loraine Boetner sendiri, dia itu termasuk golongan Anti-Katolik yang kurang canggih (termasuk didalamnya Jack Chick dan Alexander Hislop). Karena fakta mereka BANYAK NGACONYA, kalau malahan bukan semuanya ngaco. Kengacoan ini mungkin merupakan sifat yang mereka warisi dari Protestant masa dulu. Masalahnya, jaman dulu Protestant adalah minoritas (sekarang juga sih, tapi sekarang orang lebih toleran. ORangnya, ajaran Gereja sih sudah toleran dari dulu) dan cara mereka menyerang Gereja Katolik adalah dengan propaganda-propaganda yang kebanyakan adalah bohong.



Bahkan Apologist Protestant sekarang, yang anti-Katolikpun, tidak mau disamakan dengan ketiga orang tersebut (terutama Jack Chick yang paling parah).



Aku gak pernah anggap serius kalo ada kebohongan yang datang atas nama mereka. Karena bantahnya gampang. Apologist Protestant sekarang gak sengaco mereka. Meskipun kadang2 juga ngaco. Dan tentu saja APologist kitapun sudah menyanggah berkali-kali masukan Apologist Protestant modern sekalipun.


Umat Katolik gak perlu khawatir. Gereja akan selalu berdiri, alam maut tidak akan menguasinya (Mat 16:18)
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
- O -
Penghuni Ekaristi


Joined: 21 Jan 2004
Posts: 1876

PostPosted: Mon, 19-04-2004 11:49 am    Post subject: Reply with quote

Ok Thanks, iya nih, sudah lama jadi gak inget.
Ini aku sudah ketemu quote dari tulisanmu yang dulu bahwa Maria diangkat ke Surga sudah menjadi Tradisi sejak lama :

Terlebih dari itu sejak abad ke 7 (600 AD), baik umat gereja di Barat maupun di Timur sama2 merayakan pesta Asumption (pengangkatan Maria). Paus Sergius (687-707) memerintahkan prosesi yang khidmat di hari tersebut( Liber. Pontif., P. L., t. CXXVIII, c.898 ). Di Timur, St Modestus, Patriarch Yerusalem(d. 634) dalam "Encomium in dormitionem Deiparae (P. G., t. LXXXVI, col. 3288ff) bersaksi atas kepercayaan [terhadap Assumption] tersebut (RGL, p. 162).

bukan 'invention' karena ilham mimpi.
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
RSX



Joined: 24 Feb 2005
Posts: 3
Location: Jakarta

PostPosted: Thu, 24-02-2005 11:45 pm    Post subject: Sola Scriptura Reply with quote

Maaf, saya hanya orang awam yang menaruh minat pada forum ini, karena melihat bahwa umat Katolik dan juga Protestan cukup berbeda pendapat tentang hal ini, apalagi istilah ini timbul pada saat reformasi gereja. Karena itu dengan kerendahan hati, saya mohon ajarlah saya yang awam ini, dengan suatu kebenaran yang sejati yang bukan dengan ratio dan emosi, tetapi dengan kasih Allah.
Quote:

Sola Scriptura

Inilah ayat yang menyanggah konsep Sola Scriptura

2 Thessalonians 2:15 (KJV)
Therefore, brethren, stand fast, and hold the traditions which ye have been taught, whether by word, or our epistle

2 Tesalonika 2:15
Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.


Bisa dilihat bahwa ini sudah sangat sesuai dengan ajaran Gereja Katolik yang menolak mentah2 Sola Scriptura karena tidak Alkitabiah. Gereja Katolik menganggap bahwa Tradisi Suci dan Kitab suci adalah sumber iman umat Kristus, ini sudah sangat sesuai dengan ayat diatas. Plus, Kitab Suci sebenarnya adalah bagian dari Tradisi, jaman dahulu umat Kristus tidak memakai Alkitab seperti sekarang ini (dan Gereja KAtoliklah yang pada akhirnya menyusun Alkitab).


Saudara, berdasarkan apa yang pernah saya dengar, maka surat rasul Paulus dalam 2 Tesalonika 2:15 bermaksud untuk kembali menyadarkan dan mengingatkan jemaat Tesalonika untuk hidup sesuai dengan ajaran dan teladan para rasul. Kata lisan yang digunakan dapat juga diartikan pada perkataan dan teladan hidup dia (Paulus) dan juga para rasul, dan atau tafsiran lain: "secara lisan pada surat 1 dan 2 Tesalonika, tetapi mungkin telah tertulis pada surat-surat lain, yang bukan ditujukan kepada jemaat di Tesalonika".

Seperti yang di tulis
Quote:

jaman dahulu umat Kristus tidak memakai Alkitab seperti sekarang ini (dan Gereja KAtoliklah yang pada akhirnya menyusun Alkitab)

Maka memang Alkitab yang kita miliki secara lengkap saat ini belum ada pada jaman rasul Paulus saat itu, untuk menulis sebuah surat pun sangat sulit, karena peralatannya tidak sebaik sekarang. Maka memang ada banyak pengajaran yang sederhana, yang "tidak begitu" penting, dalam arti mudah dimengerti, dan diingat oleh jemaat disampaikan secara lisan, karena kesulitan dalam menulis semuanya. Seperti kalau boleh mengutip apa yang ditulis oleh rasul Yohanes
JN 21:25 There are also many other things which Jesus did, which if they would all be written, I suppose that even the world itself wouldn't have room for the books that would be written.
.
Oleh karena itu saya percaya bahwa Firman Allah adalah cukup, dan lebih tinggi dari tradisi yang dibuat oleh kita manusia, karena seperti yang kita semua sepakat manusia adalah terbatas, sehingga Firman Allah yang tidak terbatas memiliki otoritas yang jauh lebih tinggi dari apapun juga termasuk tradisi yang kita pegang. Yang terpenting bagi saya secara pribadi bukanlah istilah seperti Sola Scriptura atau istilah apapun, tetapi iman dan pengharapan yang sejati yang dianugerahkan oleh Allah yang sejati, kekal, dan tak terbatas, yang telah menganugerahkan kepada kita Firman-Nya yang begitu indah.

Mohon pengajaran dari saudara sekalian, terima kasih
Back to top
View user's profile Send private message
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10581
Location: Orange County California

PostPosted: Fri, 25-02-2005 3:34 am    Post subject: Re: Sola Scriptura Reply with quote

RSX wrote:
Maaf, saya hanya orang awam yang menaruh minat pada forum ini, karena melihat bahwa umat Katolik dan juga Protestan cukup berbeda pendapat tentang hal ini, apalagi istilah ini timbul pada saat reformasi gereja. Karena itu dengan kerendahan hati, saya mohon ajarlah saya yang awam ini, dengan suatu kebenaran yang sejati yang bukan dengan ratio dan emosi, tetapi dengan kasih Allah.

Allah memberikan manusia akal budi (rasio). Apakah anugrah Allah ini salah?
Quote:

Kata lisan yang digunakan dapat juga diartikan pada perkataan dan teladan hidup dia (Paulus) dan juga para rasul, dan atau tafsiran lain

Kata "lisan" jelas adalah "lisan." Kalau memang yang dimaksud adalah "teladan" kenapa Paulus yang dinaungi Roh Kudus saat menulis surat tersebut tidak menulis "teladan?"
Quote:
Maka memang ada banyak pengajaran yang sederhana, yang "tidak begitu" penting, dalam arti mudah dimengerti, dan diingat oleh jemaat disampaikan secara lisan, karena kesulitan dalam menulis semuanya.

Apakah kamu pikir Trinitas yang didogmakan oleh Gereja KAtolik pada Konsili Nicea 1 tahun 325 Ad tidak penting? Di konsili ini (dan kemudian konsili Konstantinopel I) dihasilkan syahadat iman (Credo Nicea-Constantinopel) yang dipakai semua umat Kristen yang mengakui Trinitas (sehingga mengecualikan Mormon dan Saksi Yehova).


Berkat Konsili dan hasilnyalah kesesatan Arianisme yang menggerrogoti sebagaina besar Gereja menjadi tertumpas.


Jadi semua ini merupakan sesuatu yang "tidak penting?"


Dan, silahkan kamu mencoba menemukan didalam Alkitab sendiri di buku mana yang menunjukkan daftar isi dari Alkitab (buku mana yang masuk kanon Alkitab). Daftar buku yang termasuk kanon adalah hal yang amat sangat penting. Kenapa tidak ada di Alkitab?


Quote:
Oleh karena itu saya percaya bahwa Firman Allah adalah cukup, dan lebih tinggi dari tradisi yang dibuat oleh kita manusia, karena seperti yang kita semua sepakat manusia adalah terbatas, sehingga Firman Allah yang tidak terbatas memiliki otoritas yang jauh lebih tinggi dari apapun juga termasuk tradisi yang kita pegang.

1. Silahkan temukan ayat di Alkitab yang mengatakan bahwa wahyu tertulis lebih tinggi otoritasnya dari wahyu tak tertulis.

2. Manusia yang terbatas bisa diberi rahmat oleh Allah untuk tidak bisa salah. Semua penulis Alkitab adalah manusia yang bisa salah namun poada saat menulis Kitab diberi anugrah suapaya menulis secara tidak bisa salah. Ini berarti bahwa manusia pun bisa digunakan oleh Allah melebihi keterbatasan manusia itu. Tidak percaya bahwa manusia bisa tidak dapat salah berarti mempertanyakan ketidak-dapat salahan alkitab sendiri



Quote:
Yang terpenting bagi saya secara pribadi bukanlah istilah seperti Sola Scriptura atau istilah apapun, tetapi iman dan pengharapan yang sejati yang dianugerahkan oleh Allah yang sejati, kekal, dan tak terbatas, yang telah menganugerahkan kepada kita Firman-Nya yang begitu indah.


Tidak ada tempat lain dimana iman terhadap Yesus Kristus yang sejati ada kecuali di Gereja Katolik. Diluarnya yang ada hanyalah ketidak sempurnaan yang tidak akan menyelamatkan.


Yesus membangun hanya satu Gereja.
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
Nemo



Joined: 28 Feb 2004
Posts: 345
Location: Jakarta

PostPosted: Fri, 25-02-2005 6:13 pm    Post subject: Reply with quote

SOLA FIDE

Berikut cuplikan kotbah seorang pdt.yg membahas ttg doktrin ini.

Sesudah mengerti hal ini barulah kita bisa memahami apa yg tertulis di ayat 14.Org reformed (Nemo:maksudnya adalah jemaat dari Gereja Reformed Injili indonesia/GRII)perlu mendengar dgn seksama,jgn hanya gembar-gembor dirinya punya iman yg benar,kebenaran yg bagus tapi kelakuannya tak lbh baik dari org lain.Tuhan sendiri menegur kita:Apa kau kira karena kau mengerti teologi reformed,maka kau boleh hidup semaumu?Kau punya pengertian iman yg bagus,but only reformed faith isn't enough,you should show your trust,karena iman adalah taat pada Tuhan,bersandar padaNya.Faith bukanlah agreement of confession only.Karena iman itu selain mengerti kebenaran juga taat pada pimpinan Tuhan.
Ayat 14b merupakan kalimat berbahaya.Karena sejak Yesus sampai Paulus,prinsip diselamatkan karena iman sudah dibakukan.Kata Yesus:imanmu menyelamatkan.Kata Paulus:kamu yg tidak bisa menggenapi Taurat lewat kelakuan,dgn beriman pada kristus akan diselamatkan (Roma3).Diselamatkan lewat apa,kelakuan?tidak melainkan lewat iman (efesus2:8).Lalu mengapa Yakobus berkata dapatkah iman menyelamatkan?Apakah dia bertentangan dgn Paulus?Hari ini kita hrs menyelesaikan dua prinsip yg sepertinya berkonflik besar ini:justified by faith atau justified by deed?.Org reformed menekankan sola fide tapi menurut katolik iman perlu ditambah dgn perbuatan baik.
Perhatikan:Paulus dan Yakobus menggunakan istilah yg sama iman dan kelakuan dgn konotasi yg berbeda.Baruch Spinoza yg hidup 300 thn lampau di Amsterdam mengatakan:all debates started from the same terminology used in different understanding or definition.

1.yg dimaksud Paulus dgn kelakuan tak bisa menyelamatkan adalah:tak seorangpun yg perbuatan baiknya bisa diperhitungkan sbg jasa yg bisa dia tukar dgn keselamatan Yesus Kristus.Karena di hadapan Allah perbuatan baik kita bagaikan pakaian yg compang-camping (yes 64).Org yg kira dirinya sanggup menggenapkan semua tuntutan taurat akhirnya gagal,dia datang dan percaya kpd Yesus karena hanya Dia yg bisa menyelamatkan.Kita diselamatkan oleh iman.Terjemahan indonesia kurang tepat,seharusnya justified through(melalui) faith.Perampok yg disebelah Yesus diselamatkan hanya dgn satu doa:oh Yesus ingatlah aku waktu Kau memperoleh kerajaanMu.Jawab Yesus:Dengan sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu Aku akan bersamamu in paradise even today.
Perhatikan: Iman Paulus dan Yakobus maksudkan itu ternyata berbeda.Iman yg Paulus maksud adalah bersandar pada kristus utk beroleh keselamatan,sementara yg Yakobus maksudkan adalah kepercayaan secara intelek dan lisan saja,iman yg berbentuk confession.

2.Kelakuan yg Paulus maksudkan berbeda dgn yg Yakobus maksudkan.Yg Paulus maksudkan adalah tidak mau menerima Yesus,hanya membangga-banggakan diri,kelakuan seperti itu tak mungkin menyelamatkan.Sementara kelakuan yg Yakobus maksudkan adalah result,fruit of a true faith.Jadi yg Yakobus maksudkan dgn kelakuan adalah buah keselamatan sementara yg Paulus maksudkan dgn kelakuan adalah syarat utk menerima keselamatan.
(Kotbah by:Pdt.Dr.Stephen Tong.)
Back to top
View user's profile Send private message
Athanasios
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Feb 2004
Posts: 4198

PostPosted: Fri, 25-02-2005 6:44 pm    Post subject: Reply with quote

Yak 2:24 Jadi kamu lihat, bahwa manusia dibenarkan karena perbuatan-perbuatannya dan bukan hanya karena iman.

Sepertinya Yakobus berpandangan bahwa perbuatan punya nilai pembenaran, dan bukan cuman buah semata.

Lihat juga 1 Petrus 4:8

1Pet 4:8 Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.

1Pet 4:8 And above all things have fervent charity among yourselves: for charity shall cover the multitude of sins.

1Ptr 4:8 ante omnia mutuam in vosmet ipsos caritatem continuam habentes quia caritas operit multitudinem peccatorum

1Pet 4:8 pro pantwn de thn eiV eautouV agaphn ektenh econteV oti agaph kaluyei plhqoV amartiwn

Menurut Santo Petrus perbuatan kasih (charity, caritas, agape) bisa menutupi dosa.

Artinya dalam iman perbuatan bisa menguduskan dan menjadi silih (penutup) dosa-dosa kita.

[/quote]
_________________
Sancta et catholica Ecclesia, quae est corpus Christi mysticum
- Konsili Oikumenis Vatikan II Orientalum Ecclesiorum art.2
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 42

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17