FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Apa ajaran Gereja Katolik mengenai kebebasan beragama?    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10674
Location: Orange County California

PostPosted: Sat, 13-02-2010 10:30 am    Post subject: Apa ajaran Gereja Katolik mengenai kebebasan beragama? Reply with quote

matakasih,

silahkan jelaskan ajaran Gereja Katolik mengenai kebebasan beragama.
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
raydo12



Joined: 24 Oct 2005
Posts: 2207
Location: Jakarta

PostPosted: Sat, 13-02-2010 5:05 pm    Post subject: Re: Apa ajaran Gereja Katolik mengenai kebebasan beragama? Reply with quote

DeusVult wrote:
matakasih,

silahkan jelaskan ajaran Gereja Katolik mengenai kebebasan beragama.


saya rasa matakasih tidak memerlukan topik ini.
dia meragukan ttg keberadaan Tuhan dan perlu jawaban mengapa Tuhan menghancurkan sodom gomorah dan air bah jaman nabi Nuh.
_________________
ora pro nobis. Sancta Dei Genitrix
Back to top
View user's profile Send private message
matakasih



Joined: 08 Feb 2010
Posts: 140

PostPosted: Mon, 15-02-2010 8:47 am    Post subject: Reply with quote

raydo12 wrote:
saya rasa matakasih tidak memerlukan topik ini.
dia meragukan ttg keberadaan Tuhan dan perlu jawaban mengapa Tuhan menghancurkan sodom gomorah dan air bah jaman nabi Nuh.


Kalau memahami pikiran saya yang hanya manusia biasa saja anda tidak bisa, bagaimana mungkin anda mengetahui dengan pasti apa yang ada dalam pikiran Allah???

DV, saya ini cuma orang bodoh di forum ini. Bukankah seharusnya anda yang menjelaskan kepada saya??

Saya sudah menjelaskan posisi saya panda anda, sebelum saya melanjutkan diskusi, saya butuh konfirmasi apakah anda sudah sungguh memahami posisi saya???
Back to top
View user's profile Send private message
raydo12



Joined: 24 Oct 2005
Posts: 2207
Location: Jakarta

PostPosted: Mon, 15-02-2010 10:30 am    Post subject: Reply with quote

matakasih wrote:
raydo12 wrote:
saya rasa matakasih tidak memerlukan topik ini.
dia meragukan ttg keberadaan Tuhan dan perlu jawaban mengapa Tuhan menghancurkan sodom gomorah dan air bah jaman nabi Nuh.


Kalau memahami pikiran saya yang hanya manusia biasa saja anda tidak bisa,


aku akui aku salah, terlalu percaya dgn tulisanmu. Ternyata kamu percaya dgn Tuhan pencipta, bukankah begitu ? salah lagi ?
berapa kali aku harus tertipu oleh tulisanmu ?

Quote:
bagaimana mungkin anda mengetahui dengan pasti apa yang ada dalam pikiran Allah???


sayang sekali kamu tidak dapat aku analogikan dgn Tuhan pencipta.

Apakah kamu sejajar dgn Tuhan atau tidak ada Tuhan sama sekali dan dirimu sendiri adalah tuhan ?
_________________
ora pro nobis. Sancta Dei Genitrix


Last edited by raydo12 on Mon, 15-02-2010 10:32 am; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
N_dre



Joined: 07 Dec 2008
Posts: 793

PostPosted: Mon, 15-02-2010 11:15 am    Post subject: Reply with quote


_________________
veritas!
Back to top
View user's profile Send private message
asperges me



Joined: 21 Feb 2008
Posts: 390

PostPosted: Mon, 15-02-2010 3:56 pm    Post subject: Reply with quote

N_dre wrote:


Wakaka.... sorry mendahului mod... mungkin matahati perlu bahan, agar diskusi bisa berkembang dan topik ini tidak kacaw...

Silakan baca ini



(kaburrr dulu, ini topik berat banget)
Salam
Back to top
View user's profile Send private message
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10674
Location: Orange County California

PostPosted: Mon, 15-02-2010 4:18 pm    Post subject: Reply with quote

matakasih wrote:
raydo12 wrote:
saya rasa matakasih tidak memerlukan topik ini.
dia meragukan ttg keberadaan Tuhan dan perlu jawaban mengapa Tuhan menghancurkan sodom gomorah dan air bah jaman nabi Nuh.


Kalau memahami pikiran saya yang hanya manusia biasa saja anda tidak bisa, bagaimana mungkin anda mengetahui dengan pasti apa yang ada dalam pikiran Allah???

DV, saya ini cuma orang bodoh di forum ini. Bukankah seharusnya anda yang menjelaskan kepada saya??

Saya sudah menjelaskan posisi saya panda anda, sebelum saya melanjutkan diskusi, saya butuh konfirmasi apakah anda sudah sungguh memahami posisi saya???


Dimana kamu menjelaskannya kepadaku? Aku kok tidak ingat? Apakah memang lupa?


Kalau begitu tolong di copy/paste.
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
ceceps01



Joined: 19 Feb 2007
Posts: 1432

PostPosted: Mon, 15-02-2010 6:19 pm    Post subject: Reply with quote

matakasih wrote:
raydo12 wrote:
saya rasa matakasih tidak memerlukan topik ini.
dia meragukan ttg keberadaan Tuhan dan perlu jawaban mengapa Tuhan menghancurkan sodom gomorah dan air bah jaman nabi Nuh.


Kalau memahami pikiran saya yang hanya manusia biasa saja anda tidak bisa, bagaimana mungkin anda mengetahui dengan pasti apa yang ada dalam pikiran Allah???


Pikiran manusia berubah2, sulit sekali utk tetap karena dipengaruhi oleh perasaan, keinginan, motivasi, ambisi dsb.

Sedangkan yg Allah janjikan kepada manusia itu kekal,
apakah yg dijanjikan itu merupakan pikiran Allah sepenuhnya, tentu saja tidak karena manusia tdk bisa memahami misteri yg begitu besar.
Tapi yg pasti adalah Allah tdk berkontradiksi.


Last edited by ceceps01 on Mon, 15-02-2010 6:23 pm; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
Ave Gratia



Joined: 20 May 2009
Posts: 913

PostPosted: Mon, 15-02-2010 7:14 pm    Post subject: Re: Apa ajaran Gereja Katolik mengenai kebebasan beragama? Reply with quote

DeusVult wrote:
matakasih,

silahkan jelaskan ajaran Gereja Katolik mengenai kebebasan beragama.



@

Matakasih


Barangkali pertanyaan DV diatas bisa dibantu dengan topik di bawah ini. Siapa tahu anda belum sempat searching...

Quote:

HOMILI PAUS BENEDIKTUS XVI

MISA BAGI PARA USKUP, ROMO DAN GERAKAN GEREJAWI DAN PARA KATEKIS

GEREJA SAO PAULO, LUANDA

21 MARET 2009


...

Hari ini adalah saatnya bagimu, saudara dan saudari, [untuk] mengikuti langkah para pengumum Allah yang kudus dan heroik, untuk menawarkan Kristus yang Bangkit kepada sesama wargamu. Banyak dari mereka yang hidup dalam ketakutan akan roh-roh, akan hasutan-hasutan dan akan kekuasaan yang mengancam. Dalam kebingungan mereka, mereka bahkan sampai mengutuk anak-anak dan orang-orang tua sebagai penyihir. Siapa yang bisa pergi kepada mereka untuk menyatakan bahwa Kristus telah berjaya atas kematian dan semua kuasa occult (bdk. Ef 1:19-23; 6:10-12)? Beberapa mungkin berkeberatan;
"Kenapa tidak membiarkan mereka dalam damai? Mereka mempunyai kebenaran mereka sendiri, dan kita punya [kebenaran kita sendiri]. Marilah kita hidup dalam damai, membiarkan setiap orang seperti apa adanya, sehingga mereka bisa menjadi yang terbaik bagi diri mereka sendiri." Tapi bila kita yakin dan telah mengalami bahwa tanpa Kristus kehidupan kehilangan sesuatu, [maka] sesuatu yang nyata [itu] - memang, yang nyata dari semuanya - telah hilang, kita juga harus yakin bahwa kita tidak melakukan ketidakadilan kepada siapapun bila kita menghadirkan Kristus kepada mereka dan karenanya memberi mereka kesempatan untuk menemukan diri mereka yang paling benar dan otentik, kebahagiaan menemukan kehidupan. Memang, kita harus melakukan ini. Adalah tugas kita untuk menawarkan kepada setiap orang kemungkinan mendapatkan kebahagiaan abadi.

...




DeusVult wrote:


Stephanus
Wah, Pak Haji bagaimana kabarnya. Baik-baik saja nih?

Pak Haji
Alhamdullilah, ok-ok saja. Barusan nganterin si Fitri les matematika.

Stephanus
Wah, anak sekarang kecil-kecil udah les-les-an segala ya?

Pak Haji
Iya nih. Tuntutan jaman. Anak SD sudah les. Jaman saya dulu sih sore-sore ya main layangan hehehe.

Stephanus
Fitri itu masih SD ya? Gak kelihatan ya. Anak sekarang fisiknya cepat dewasa.

Pak Haji
Baru umur 10 sih. Tapi memang kayak anak SMP sih hahaha.

Stephanus
Hati-hati lho Pak Haji, nanti dilamar Syeh Puji lho.

Pak Haji
HA HA HA HA HA WADUH WADUH, PERUT SAKIT!! HAHA HA HA. Ada-ada saja dik Stephanus ini.

Stephanus
Untung Pak Haji ini citarasa lelucon-nya tinggi hehehe.

Pak Haji
Itu orang gila yang ngaku-ngaku "syeh." Merasa suci karena buat pondokan. Memangnya sesudah buat pondokan dan suci lalu bisa kawinan anak bau susu? Benar-benar perbuatan ngaco yang tidak sesuai ajaran agama

Stephanus
Lha banyak yang bela dia lho. Apalagi, banyak yang praktek seperti dia lho. Dan seingat saya, Syeh Puji, dan mungkin orang-orang seperti dia, pernah menantang mereka yang menuduhnya melanggar agama Islam dengan mengawini anak seperti itu. Mereka punya pembenaran sendiri berdasarkan Quran, Hadith dan .... sunnah, kalau tidak salah.

Pak Haji
Yah, itu kan interpretasi mereka. Kalo masalah interpretasi pribadi sih banyak sekali yang menginterpretasikan sesuatu seenak perutnya sehingga apa yang mereka interpretasikan jauh dari makna sesungguhnya.

Stephanus
Memang benar Pak Haji. Saya setuju. Masalahnya adalah interpretasi.

Pak Haji
Iya dong. Kita harusnya mengikuti interpretasi yang benar, yang bisa dipertanggungjawabkan.

Stephanus
Setuju Pak Haji. Di tempat saya sendiri sering orang yang merasa dibisiki Allah dan ngomong bahasa aneh tiba-tiba mengklaim diberi penafsiran ini dan itu atas ayat Alkitab. Lha, ini kan tidak benar dan tidak bertanggungjawab, iya to?

Pak Haji
Betul. Orang yang ngomong bahasa aneh mana bisa punya interpretasi yang benar dan bisa dipertanggungjawabkan hehehehe.

Stephanus
Akur, Pak Haji! Di tempat Pak Haji sendiri gak ada kan orang yang seperti itu?

Pak Haji
Gak tahu ya... sepertinya tidak ada. Tapi bukan berarti tidak ada orang yang punya penafsiran pribadi yang ngaco di Islam. Kadang susah juga menentukan siapa yang punya penafsiran yang benar. Soalnya kan tidak hanya orang yang berbahasa aneh saja yang punya penafsiran keliru, orang yang hidupnya baik, saleh dan berpengetahuan toh bisa saja punya penafsiran yang keliru

Stephanus
Kalau dalam agama saya sih menentukan siapa penafsir yang benar lebih gampang. Soalnya ada orang-orang yang memang diberi tugas dan kharisma untuk menafsirkan secara benar.

Pak Haji
Wah, enak ya. Kalau dalam Islam katanya setelah kalifah, para ulama-lah yang diberi kuasa seperti itu. Tapi masalahnya untuk menjadi ulama itu kriterianya tidak pasti dan antar ulama pun banyak kontradiksi penafsirannya. Orang-orangnya Dik Stephanus itu bisa kontradiksi atau tidak ya?

Stephanus
Ya. kalo secara individual dan personal memang sering. Taopi kalau dalam kesatuan dengan pemimpin utama, Paus dalam hal ini, dan secara resmi, kontradiksi tidak pernah terjadi.

Pak haji
Wah enak juga. Memang setelah meninggalnya junjungan kami Mohammad SAW, tidak ada sosok pemimpin yang berotoritas. Para kalifah juga tidak menerima otoritas dari beliau. Memang enak kalau ada pemimpin...



http://www.ekaristi.org/forum/viewtopic ..&&start=0
Back to top
View user's profile Send private message
matakasih



Joined: 08 Feb 2010
Posts: 140

PostPosted: Tue, 16-02-2010 6:44 am    Post subject: Reply with quote

DV, saya sudah berkali2 mengirimkan pesan pribadi kepada anda untuk menjawab pertanyaan anda kepada saya: "Katolik macam apa ini?"

Tadinya saya berharap dapat menunggu konfirmasi dari anda, tetapi sepertinya saya akan menjawab sedikit, maklum saya orang terbodoh forum ini. Beberapa hal yang menurut saya cukup penting dari Ajaran GK tentang kebebasan beragama adalah sebagai berikut:

1.Kebenaran hanyalah menuntut supaya diterima berdasarkan kebenaran itu sendiri, yang merasuki akal budi secara halus dan kuat.

2.Semua orang wajib untuk mencari kebenaran, terutama yang menyangkut Allah dan Gereja-Nya, sesudah mereka mengenal kebenaran itu, mereka wajib memeluk dan mengamalkannya.

3.Kebebasan tidak mengurangi kewajiban manusia untuk kewajiban moral manusia mengakui GK sebagai agama yang benar dan satu2nya.

4.Konsili vatikan ini menyatakan, bahwa pribadi manusia berhak atas kebebasan beragama. Kebebasan itu berarti, bahwa semua orang harus kebal terhadap paksaan dari pihak orang-orang perorangan maupun kelompok-kelompok sosial atau kuasa manusiawi mana pun juga, sedemikian rupa, sehingga dalam hal keagamaan tak seorang pun dipaksa untuk bertindak melawan suara hatinya, atau dihalang-halangi untuk dalam batas-batas yang wajar bertindak menurut suara hatinya, baik sebagai perorangan maupun dimuka umum, baik sendiri maupun bersama dengan orang-orang lain. Selain itu Konsili menyatakan, bahwa hak menyatakan kebebasan beragama sungguh didasarkan pada martabat pribadi manusia, sebagaimana dikenal berkat sabda Allah yang diwahyukan dan dengan akal-budi[]. Hak pribadi manusia atas kebebasan beragama harus diakui dalam tata hukum masyarakat sedemikian rupa, sehingga menjadi hak sipil.

5.Tolak ukur hidup manusia yang tertinggi ialah hukum ilahi sendiri, yang bersifat kekal serta obyektif, dan berlaku bagi semua orang, yakni bahwa menurut ketetapan kebijaksanaan dan cinta kasih-Nya Allah mengatur, mengarahkan serta memerintahkan alam semesta dan perjalanan masyarakat manusia.

6.Pemerintah wajib mengusahakan, supaya kesamaan yuridis para warganegara, yang termasuk kesejahteraan umum masyarakat, jangan pernah secara terbuka ataupun diam-diam dilanggar berdasarkan alasan-alasan agama, pun juga supaya diantara mereka jangan sampai ada diskriminasi.

7.Harus diakui kebebasan manusia sepenuh mungkin; dan kebebasan itu jangan dibatasi kecuali bila dan sejauh memang perlu.

8.Manusia wajib secara sukarela menjawab Allah dengan beriman; maka dari itu tak seorang pun boleh dipaksa melawan kemauannya sendiri untuk memeluk iman.

9.Sebab seorang murid terikat oleh kewajiban yang berat terhadap Kristus Sang Guru, yakni semakin mendalam menyelami kebenaran yang diterima dari pada-Nya, mewartakannya dengan setia, membelanya dengan berani, tanpa menggunakan upaya-upaya yang berlawanan dengan semangat Injil. Tetapi sekaligus cinta kasih Kristus mendesaknya, untuk bertindak penuh kasih, kebijaksanaan dan kesabaran terhadap mereka, yang berada dalam keadaan sesat atau tidak tahu menahu mengenai iman.

Point no 10 yang saya bold harap menjadi perhatian bagi mereka yang berada di forum ini.

Mohon koreksi jika tulisan saya salah.


Last edited by matakasih on Tue, 16-02-2010 6:47 am; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 10

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17