FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

nama baptis?, apa artinya, apa pentingnya, bgmn sejarahnya.    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
erifin



Joined: 23 Apr 2005
Posts: 6
Location: Jogja

PostPosted: Sat, 28-05-2005 3:20 pm    Post subject: nama baptis?, apa artinya, apa pentingnya, bgmn sejarahnya. Reply with quote

syalom

saya ingin tanya soal nama baptis, Seperti umumnya umat katolik, biasanya mereka punya nama baptis.
Saya adalah katolik sejak lahir tapi kenapa nama saya
tidak punya nama baptis. Padahal saya ingin sekali lho
punya nama baptis spt teman2 katolik yang lain.
Menurut saya punya nama baptis itu bagus. Bisa sbg
penuntun hidup dan memberi inspirasi seperti nama
santa/santo spt namanya. Walaupun tak jarang orang yg
punya nama baptis tidak berkelakuan spt apa adanya
nama baptisnya. Tentu saja saya saat dibaptis, saya
tidak tau apa-apa soal nama, soalnya masih kecil.
Makanya saya tak bisa protes donk. Pemikiran itu
muncul akhir-akhir ini setelah saya dewasa. Kata orang "apalah arti sebuah nama". tapi bagiku nama sungguhlah sangat berarti.
Tapi aku butuh pencerahan dr teman2 diskusi,apa arti sebenarnya nama baptis ini, apa setiap umat
katolik harus punya nama baptis.Dan bagaimana sejarahnya shgga org katolik identik dgn ciri namanya yg katolik. (beberapa kali saya
berkenalan dengan org, mereka menyangka saya bukan
katolik, mereka bilang , apa nama baptisnya?, malahan
kl kenalan dengan teman muslim mereka kira aku muslim).

Siapa sebenarnya yg menentukan nama baptis ini. Setahu
saya menurut informasi, Pastur selalu memberikan nama
baptis. Ditempat saya bukan saya aja yg tidak punya
nama baptis. Ada beberapa teman juga.

Saya berasal dari keuskupan agung Medan, paroki
Saribudolok. Sekarang lagi studi di jogja.

thank's ekaristi.org
_________________
+together in peace+
Back to top
View user's profile Send private message Visit poster's website Yahoo Messenger
April



Joined: 25 Jan 2004
Posts: 1688

PostPosted: Sat, 28-05-2005 8:03 pm    Post subject: Reply with quote

Quote:
Saya adalah katolik sejak lahir tapi kenapa nama saya
tidak punya nama baptis. Padahal saya ingin sekali lho
punya nama baptis spt teman2 katolik yang lain.

Mungkin nama kamu adalah nama baptis.
Misalnya nama kamu Antonius, itu salah satu nama orang kudus.

Coba kamu cek apakah nama kamu ada sesuai dengan nama orang-orang kudus?
Kalo ngga ada, hmmm, pilih aja yang cocok, harapan-harapan apa saja yang ingin diteladani sesuai nama orang kudus itu.

Ada yang memiliki lebih dari satu nama baptis.
Back to top
View user's profile Send private message
peprasetya



Joined: 09 May 2005
Posts: 229
Location: Jakarta

PostPosted: Mon, 30-05-2005 10:12 am    Post subject: Reply with quote

Kalau melihat sejarah kamu menjadi katolik, yang dibaptis semenjak kecil, seharusnya yang memberikan nama baptis itu adalah orang tua anda.
Sama seperti saya, anak saya, dan semua yang lainnya yang menerima baptisan bayi, nama baptisnya dipilihkan oleh orang tua.

Jadi anda bisa menanyakan kepada orang tua anda.
Bisa juga ada cara kemungkinan seperti yang April utarakan.
Atau mungkin nama tersebut merupakan terjemahan bahasa lain.
Misalnya Maryam (walau itu jarang digunakan, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa maksudnya adalah Santa Maria)
Bisa juga nama tersebut sedikit diubah Misal Benedictus, Benedicta, Benedicti. Atau juga Theresa, Theresia, dsb-dsb

Biasanya Orang tua bisa berharap anaknya bisa menjadi seperti Santo-Santa yang dipilihnya. Bisa juga orang tua berharap, anaknya mendapat bimbingan dan senantiasa didoakan dari orang suci yang dipilihnya (tentunya bukan bimbingan seperti yang dilakukan sang orang tua atau guru).

Bila baptisan dewasa, biasanya orang itu sendiri yang memilih namanya untuk disertakan. Tetapi biasanya mereka berkonsultasi dengan Pastor. Mengenai Pastor mau memberikan nama apa, saya kurang tahu prosesnya, dan tentu tiap Pastor mempunyai cara sendiri. Tetapi kamu bisa percaya bahwa itu adalah bagian dari Penyelengaraan Ilahi.

Nama baptis juga belum tentu masuk ke dalam akte kelahiran/ktp. Apalagi yang baptisan dewasa, sudah pasti tidak masuk.
Back to top
View user's profile Send private message AIM Address Yahoo Messenger MSN Messenger
Fritzh



Joined: 18 May 2005
Posts: 37

PostPosted: Wed, 01-06-2005 4:31 pm    Post subject: Reply with quote

Quote:
Kenapa tidak punya nama Baptis.

Met Kenal erifin, Mungkin saya ada ide, kamu coba lihat di surat baptis pasti ada ditulis kalau hilang kamu bisa ke pasturan tempat kamu di baptis tinggal kamu ingat kira -kira tahun berapa kamu dibaptis pasti mereka punya arsipnya.(asal kamu yakin bahwa kamu dibaptis di Gereja Roma Katolik).GBU
Back to top
View user's profile Send private message
Moor T



Joined: 24 Oct 2004
Posts: 11

PostPosted: Fri, 03-06-2005 11:49 pm    Post subject: mau tanya juga dong soal nama baptis Reply with quote

Hey temans,

pertengahan tahun ini saya mau dibaptis. dulunya saya beragama islam. pertanyaan saya, apakah saya harus mengganti nama? saya pikir saya gak bisa ganti nama, karena saya merahasiakan hal ini dari keluarga dan teman2 indonesia saya. saya sendiri sekarang tinggal di luar negeri dan akan dibaptis di negara tempat saya tinggal sekarang. jadi sebenarnya perlu gak ya ganti nama?

trus, kalo saya mau pakai nama Katholik (misalnya dari nama Santo2), saya mesti pilih apa? boleh gak misalnya saya dibabtis pake nama salah satu Santo, tapi saya gak mencantumkan nama baptis saya dalam keadaan sehari-hari? soalnya saya masih belum bisa terbuka sama semua orang, apalagi ibu saya sedang sakit parah. tolong jawab ya temans.

take care.
_________________
I BELIEVE IN LORD JESUS, HE IS THE ONLY HOPE!!
Back to top
View user's profile Send private message
Laskar Jidat



Joined: 04 Nov 2004
Posts: 307
Location: Kampong

PostPosted: Sat, 04-06-2005 3:01 am    Post subject: Reply with quote

Quote:
Saya adalah katolik sejak lahir tapi kenapa nama saya
tidak punya nama baptis.


Emang nama lengkap kamu apa?
_________________
Salvator mundi, salva nos, qui per crucem et resurrectionem tuam liberasti nos +
Back to top
View user's profile Send private message
Tony
Evangelos


Joined: 20 Jan 2004
Posts: 4573
Location: Disini, ngga kelihatan apa?

PostPosted: Sat, 04-06-2005 3:47 am    Post subject: Re: mau tanya juga dong soal nama baptis Reply with quote

Moor T wrote:
Hey temans,

pertengahan tahun ini saya mau dibaptis. dulunya saya beragama islam. pertanyaan saya, apakah saya harus mengganti nama? saya pikir saya gak bisa ganti nama, karena saya merahasiakan hal ini dari keluarga dan teman2 indonesia saya. saya sendiri sekarang tinggal di luar negeri dan akan dibaptis di negara tempat saya tinggal sekarang. jadi sebenarnya perlu gak ya ganti nama?

trus, kalo saya mau pakai nama Katholik (misalnya dari nama Santo2), saya mesti pilih apa? boleh gak misalnya saya dibabtis pake nama salah satu Santo, tapi saya gak mencantumkan nama baptis saya dalam keadaan sehari-hari? soalnya saya masih belum bisa terbuka sama semua orang, apalagi ibu saya sedang sakit parah. tolong jawab ya temans.

take care.


Semuanya persis seperti yg kamu katakan, ayo pilih nama dari siapa/ santo yg paling kamu sayang/ gemari/ respek dsb ... dan itu akan tertulis dalam akte baptis kamu, akan tetapi kamu tidak perlu menggunakannya sehari-hari. Akan tetapi santo tsb akan selalu berad dan membantu kamu dalam hal2 yg tidak kamu ketahui ...

Selamat Moor, selamat dan sekali lagi selamat.
_________________
Salam dan doa
F A Q
It fails to show just how the world is divided. Evil stands for division against unity. In union with God and His miracles I see my self everyday in the mirror. I am a miracle that science still is at it's heels glancing up a vast yet unacceptable impossibility, a climb to faith. Science can't and will never explain God, for science is only capable in calculating the calculable. How is science to measure anything outside of time and space that started time and space, how is the created to measure the creator? Science is an apathy of one who seeks his heart and yet refuse to see it,
Tony B Mat 12:32 Jangan membohongi diri!
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  12:32Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Back to top
View user's profile Send private message
Gravityblessings



Joined: 27 Nov 2004
Posts: 786

PostPosted: Sat, 04-06-2005 12:59 pm    Post subject: Reply with quote

selamat ya untuk Moor T, ini akan menjadi perjalanan yang panjang untukmu. but God be with you.

aku ada pertanyaan nih, kalau misalnya nama baptisku st.dominikus, tetapi aku melakukan adorasi dengan santo/santa lain, misalnya dengan beata faustina atau st Thomas quinas, apakah boleh?
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
Tony
Evangelos


Joined: 20 Jan 2004
Posts: 4573
Location: Disini, ngga kelihatan apa?

PostPosted: Sat, 04-06-2005 3:05 pm    Post subject: Reply with quote

heinriz wrote:
selamat ya untuk Moor T, ini akan menjadi perjalanan yang panjang untukmu. but God be with you.

aku ada pertanyaan nih, kalau misalnya nama baptisku st.dominikus, tetapi aku melakukan adorasi dengan santo/santa lain, misalnya dengan beata faustina atau st Thomas quinas, apakah boleh?


Bukan hanya boleh malah dianjurkan. Masa Santo/a cemburu? Apakah surga memacu cemburu? Tentu tidak.

Semoga membantu
_________________
Salam dan doa
F A Q
It fails to show just how the world is divided. Evil stands for division against unity. In union with God and His miracles I see my self everyday in the mirror. I am a miracle that science still is at it's heels glancing up a vast yet unacceptable impossibility, a climb to faith. Science can't and will never explain God, for science is only capable in calculating the calculable. How is science to measure anything outside of time and space that started time and space, how is the created to measure the creator? Science is an apathy of one who seeks his heart and yet refuse to see it,
Tony B Mat 12:32 Jangan membohongi diri!
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  12:32Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Back to top
View user's profile Send private message
erifin



Joined: 23 Apr 2005
Posts: 6
Location: Jogja

PostPosted: Sat, 04-06-2005 3:15 pm    Post subject: Reply with quote

peprasetya wrote:
Kalau melihat sejarah kamu menjadi katolik, yang dibaptis semenjak kecil, seharusnya yang memberikan nama baptis itu adalah orang tua anda.
Sama seperti saya, anak saya, dan semua yang lainnya yang menerima baptisan bayi, nama baptisnya dipilihkan oleh orang tua.

Mgkn ortu saya masih awam dulu ya..mknya saya ga pnya nama baptis. so kenapa pastur tidak mengajarkan/dan memberitahu kepada soal nama baptis ini,sesuai dgn tugasnya. soalnya t4 tinggal saya lahir dan dibaptis masih kampung/ stasi. pastur aja mgkn 1 kali dalam sebulan syukur2 bisa melayani ekaristi. tiap minggu umat biasanya hanya merayakan perayaan sabda bukan ekaristi karena tidak ada pastur.
Biasanya setau saya. sang ortu memberikan nama anaknya (mgkn sudah ada nama baptisnya ato tidak) kalau blom ada nama baptis, pastur akan menawarkan nama baptis yg cocok. Tapi kenapa pastur membiarkan saja dan melanjutkan prosesi pembaptisan kalau blom ada nama baptis(biasanya kalau blom ada nama baptis-pastur yg memilih nama baptis si anak). Beberapa teman saya dulu juga kasusnya sama yaitu tidak mempunyai nama baptis. Dan yg lain memang punya nama baptis. Mungkin ini berhubungan dengan-siapa pastur yg ditugaskan untuk melaksanakan pembaptisan di stasi gereja kami. Tiap kali pembaptisan pastur yg ditugaskan khan bisa beda?. Sekarang dan tahun depan blom tentu sama,karena blom ada pastur tetap. Dan saya kebetulan ketemu pastur yg tidak memperhatikan soal nama baptis. Tapi kenapa semua pastur bisa berbeda-beda akan hal ini?.kenapa tidak seragam.
peprasetya wrote:

Atau mungkin nama tersebut merupakan terjemahan bahasa lain.
Misalnya Maryam (walau itu jarang digunakan, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa maksudnya adalah Santa Maria)
Bisa juga nama tersebut sedikit diubah Misal Benedictus, Benedicta, Benedicti. Atau juga Theresa, Theresia, dsb-dsb

ya soal jenis2 nama baptis saya udah sedikit paham cirinya. diambil dari nama2 santo/a. krn saya alumni smukatolik koq dulunya,masa ga tau...Smile. jadi kl soal cirinya saya mengerti.
peprasetya wrote:

Nama baptis juga belum tentu masuk ke dalam akte kelahiran/ktp. Apalagi yang baptisan dewasa, sudah pasti tidak masuk.

tapi nama baptis selalu ada di surat baptis/permandian khan. dan di surat permandian saya tidak ada nama baptis. Dan saya dibaptis di gereja katolik.
_________________
+together in peace+
Back to top
View user's profile Send private message Visit poster's website Yahoo Messenger
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 2

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17