FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Nama Baptis    

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
Ignaz



Joined: 20 Jun 2007
Posts: 883

PostPosted: Wed, 20-06-2007 8:49 am    Post subject: Nama Baptis Reply with quote

Berkah Dalem,
Aku adalah pendatang baru yang masih harus belajar banyak di forum ini. Sebagai orang Katolik, yang telah dibaptis, pasti kita punya nama baptis. Idealnya, kita meneladani santo/santa yang kita pakai namanya sebagai nama baptis kita.
Ada pengalaman waktu pertemuan lingkungan, aku lemparkan pertanyaan mengenai "sudah kenalkah kita dengan santo/santa yang kita pakai namanya sebagai nama baptis kita ?" jawabnya pasti "sudaaah". Tapi begitu pertanyaan ini diteruskan lagi dengan "bagaimana riwayat santo/santa tersebut ?", jawabannya mulai tidak kompak, ada yang tau dan ada yang tidak tahu. Waktu ditanyakan mengenai "nilai-nilai yang dapat kita teladani dari santo/santa tersebut" cuman satu-dua orang saja yang dapat menjelaskannya.
Wah, aku jadi prihatin dengan keadaan ini, bagaimana mungkin kita memakai namanya sebagai nama baptis kita tapi kita tidak mengenal santo/santa yang kita pakai namanya. Menurutku memang ada beberapa hal yang menyebabkan rendahnya pemahaman ini, a.l. :
1. nama itu dipilihkan orang tua (karena baptis bayi)
2. pemilihan nama baptis karena ikut-ikutan (biar keren)
3. ada kesamaan tanggal peringatan santo/santa dengan tanggal lahir kita
Dan mungkin ada alasan lain. Namun pengenalan terhadap santo/santa tersebut kurang dalam, hanya di permukaan saja.
Dari keprihatinan ini aku ingin mengajak rekan-rekan ekaristiker (atau juga umat Katolik umumnya) untuk mulai mengenal, memahami, meneladani santo/santa yang namanya kita pakai untuk nama baptis, untuk membantu kita mengenal Kristus lewat karya mereka.
Berkah Dalem
Back to top
View user's profile Send private message
Tertarik
== BANNED ==




Joined: 25 Apr 2007
Posts: 577

PostPosted: Wed, 20-06-2007 10:15 am    Post subject: Reply with quote

Berkah Dalem

Saya setuju dengan mas Ignaz.
Nama permandian bukan hanya sebagai hiasan.
Atau sekedar sebagai tanda bahwa kita Katholik.
Semasa saya masih kecil, saya sering diajak berdoa oleh bapak-ibu saya dengan perantaraan Santo Pelindung kita.
Berarti nama tersebut juga berarti Santo-Santa yang diharapkan melindungi kita, lebih-lebih dalam mempertahankan Iman kita.
Saya juga merasa prihatin kalau mendengar, melihat, nama Orang Kudus dijadikan sebagai hiasan tanpa makna, lebih2 sekarang ini sering dipakai untuk menggantikan nama sebenarmya demi kepopuleran... nama populer, katanya.....
dan jadilah seperti (maaf menyebut nama) Maria Eva.... Embarassed Embarassed Embarassed

(bisa enggak ya dikenai dengan pencemaran nama baik bagi orang2 kudus???? hehehe.....)

Salam
_________________
Berkah Dalem
Back to top
View user's profile Send private message
A Gentur Panuwun
== BANNED ==




Joined: 15 Jun 2006
Posts: 1357
Location: Borneo Island.......

PostPosted: Wed, 20-06-2007 10:47 am    Post subject: Reply with quote

Sedikit masukan : Nama baptis jelas bukan sekedar embel-embel. Adalah suatu tanda dimana orang Katholik terberkati dan merupakan sakramen yg tidak bisa lepas dan selalu melekat sampai mati.

Harapan jelas sekali, agar bisa meneladan Santo atau Santa dalam hidupnya dan semangat Imannya.

Yang tidak mengerti riwayat Santo/Santa pelindung, sebaiknya segera mencari informasi, minimal bisa tahu dan bermanfaat bagi yg terbaptis dalam menjalani hidup Rohaninya.

Bukan suatu paksaan, namun sebaiknya tahu....dan juga perlu dimaklumi karena orang tua jaman dulu biasanya hanya minta nama baptis kepada Romo, Suster atau bruder, dan tidak secara detail tahu riwayat Santo/Santa pelindung dalam membaptis anaknya. Karena pada umumnya yg mempunyai daftar para Santo/Santa sebagian besar hanya Romo, Suster dan Bruder. Ini aku ingat betul, karena bapakku pernah cerita tentang hal ini. Daftar para Santo/Santa pelindung terkadang juga di miliki oleh para bapak/Ibu yg memiliki buku doa...namun tidak semua memiliki. Dan di buku tersebut tidak tertulis riwayat detailnya, hanya tgl lahir dan tahunnya, serta pelindung khusus bagi para......

Kira-kira begitulah ceritanya bagi orang tua jaman bapak-bapak dahulu, dalam memberi nama baptis untuk anaknya.

Namun yg terpenting adalah bahwa Nama Baptis manapun asal Santo/Santa pelindungnya resmi dari Gereja Katholik, aku pribadi tidak masalah, karena aku yakin semuanya adalah Kudus, dan reprensent bagi orang yg pantas menerima kekudusan selama Mereka hidup di dunia ini.

Namun demikian tentu ada ajaran Gereja atau Magisterium yg membahas tentang hal ini, tentu lebih tepat dan baik untuk kita ikuti.
_________________
CREDO IN UNUM DEUM
Back to top
View user's profile Send private message MSN Messenger
Ignaz



Joined: 20 Jun 2007
Posts: 883

PostPosted: Thu, 21-06-2007 7:18 am    Post subject: Reply with quote

To Nemesis

Tertarik wrote:
Berkah Dalem

Saya setuju dengan mas Ignaz.
Nama permandian bukan hanya sebagai hiasan.
Atau sekedar sebagai tanda bahwa kita Katholik.
Semasa saya masih kecil, saya sering diajak berdoa oleh bapak-ibu saya dengan perantaraan Santo Pelindung kita.
Berarti nama tersebut juga berarti Santo-Santa yang diharapkan melindungi kita, lebih-lebih dalam mempertahankan Iman kita.
Saya juga merasa prihatin kalau mendengar, melihat, nama Orang Kudus dijadikan sebagai hiasan tanpa makna, lebih2 sekarang ini sering dipakai untuk menggantikan nama sebenarmya demi kepopuleran... nama populer, katanya.....
dan jadilah seperti (maaf menyebut nama) Maria Eva.... Embarassed Embarassed Embarassed


(bisa enggak ya dikenai dengan pencemaran nama baik bagi orang2 kudus???? hehehe.....)

Salam


Hehehe, memang waktu pertama kali mendengar kasus Maria Eva, sempat terpikir "wah gila bener ya ada orang Katolik yang seperti ini", tapi setelah mengikuti lebih lanjut jadinya berpikir "wah, gila bener yang nama Katolik dicatut lagi nih". Kali nama baptis Katolik keren ya Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak

Aku kok kurang setuju ikut-ikutan mengurusi "pencemaran nama baik bagi orang kudus", ntar apa bedanya kita dengan kasus "arswendo", "karikatur" dan sebagainya, Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak

Memang hati boleh panas, tapi kepala harus dingin, pipi kiri ditampar, pipi kanan diserahkan....

Berkah Dalem
Back to top
View user's profile Send private message
nemesis



Joined: 11 Apr 2007
Posts: 38
Location: Somewhere under the rainbow

PostPosted: Thu, 21-06-2007 12:35 pm    Post subject: Reply with quote

@ Sdr. Ignaz

Loh... emang uraian ini ditujukan untuk saya ya?....

Anyway,...Menurut saya pemilihan nama babtis adalah masalah yang serius bagi umat Katolik, jelas bukan sekedar untuk keren-kerenan apalagi agar kelihatan kebarat-baratan.

Sedikit pengalaman ketika saya mempermandikan anak saya. Mencermati kenyataan kehidupan dewasa ini yang penuh dengan aroma materialisme dan hedonisme, saya berfikir sangat tepat kiranya untuk mengambil teladan dari orang-orang kudus yang memilih untuk hidup dengan penuh kesederhanaan meskipun dalam pengalaman hidupnya memiliki kesempatan untuk memperoleh kenikmatan hidup duniawi. Karenanya saya memilih nama St. Norbertus sebagai nama babtis anak saya.

Semoga teladan St. Norbertus menginspirasi kita semua dalam menghadapi tantangan kehidupan yang penuh dengan aroma materialisme dan hedonisme ini.

Salam damai.
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
Ignaz



Joined: 20 Jun 2007
Posts: 883

PostPosted: Thu, 21-06-2007 12:48 pm    Post subject: Reply with quote

To : nemesis
nemesis wrote:
@ Sdr. Ignaz

Loh... emang uraian ini ditujukan untuk saya ya?....



Hwarakadah.... nyuwun pangapunten pak nemesis, maksudnya nge quote punya tertarik, tapi keliru panjenengan. Kali karena kemarin hari minggu habis jalan-jalan ke solo square ya. Mau cari srabi notosuman tapi udah kesiangan, jadinya cuman mampir makan timlo doang.

Amin pak, semoga kita bisa meneladani santa/santo pelindung kita. Salam buat Norbertus, semoga kelak dia bisa meneladani St. Norbertus.

Berkah Dalem
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Page 1 of 1

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17