FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Lagu nikah....    

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
violino



Joined: 08 Dec 2006
Posts: 170

PostPosted: Mon, 01-09-2008 8:54 am    Post subject: Lagu nikah.... Reply with quote

Gue mau tanya, beberapa waktu lagu di gereja gue ada orang nikah&gue ikut sbg anggota koornya, cuman ada lagunya yang gue gak sreg gitu. Bukannya gue sok Katolik/sok Liturgi/meremehkan lagunya, tapi kayaknya lagunya gak pas gitu.
Ini beberapa lagu yang dipakai dalam Misa nikah itu, maupun dalam Misa lainnya yang pernah gue nyanyiin dan menurut gue gak pas, bisa kasi masukan?
1. Negeri di awan (Katon Bagaskara)
2. Mencintaimu (kalo gak salah, pokonya soundtrack dari cerita remaja : Cinta Dalam Sepotong Roti).
3. I have a dream (Westlife).
4. You raise me up (Josh Groban)
5. I will follow Him (Sister Act kalo gak salah)
6. Dan beberapa lagu Protestan seperti : Bapa Sentuh Hatiku, Bukan Dgn Barang Fana, Allah Mengerti-Allah Peduli, dll.
Comment?
Back to top
View user's profile Send private message
maruko_lien
Penghuni Ekaristi


Joined: 21 Sep 2005
Posts: 1304
Location: somewhere over the rainbow

PostPosted: Mon, 01-09-2008 9:42 am    Post subject: Reply with quote

Mengenai hal ini sudah pernah dikeluarkan sebuah himbauan dan informasi dari Majalah Liturgi: (saya copy paste):

Quote:
Rekomendasi atas Nyanyian-Nyanyian Perkawinan

Pengantar:

Khazanah nyanyian perkawinan cukup marak, dari waktu ke waktu terus bertambah entah dari karya cipta baru untuk maksud liturgi entah “impor” lagu dari khazanah non-liturgi. Tidak dapat diingkari “perkembangan” ini menimbulkan keprihatinan: liturgi diserbu oleh nyanyian non-liturgi; sehingga dikhawatirkan orang tak tahu lagi membedakan nyanyian liturgi dan non-liturgi; lebih mencemaskan lagi kalau orang menjadi acuh tak acuh, tidak mau tahu akan perbedaan khazanah liturgi dan non-liturgi.

Berangkat dari keprihatinan ini, Komisi Liturgi se-Regio Jawa Plus (RJP), dalam pertemuan di Pringsewu (Tanjungkarang) 1997 membentuk Tim Nyanyian Perkawinan dengan tugas:

a) menghimpun nyanyian perkawinan yang beredar di wilayah RJP.
b) membuat klasifikasi nyanyian yang cocok untuk liturgi dan yang tidak.
e) mengeluarkan rekomendasi untuk disebarkan ke paroki-paroki RJP.

Dasar Penilaian:

1. Lagu yang digubah untuk melagukan teks liturgi, yakni teks yang terdapat dalam buku Tatacara Perkawinan.

2. Pertimbangan liturgis: mengungkapkan dimensi atau gerak ganda liturgi: penyelamatan / pengudusan manusia oleh Allah dan pemuliaan Allah oleh manusia.

3. Pertimbangan teologis-kristologis: mengungkapkan peranan Yesus Kristus dalam karya keselamatan.

4. Pertimbangan eklesial / jemaat: mengungkapkan dan membangun kebersamaan / persekutuan jemaat.

5. Tujuan dan maksud pengarang: nyanyian digubah memang untuk maksud liturgi.

Pengelompokan Nyanyian:

Berpangkal pada dasar penilaian di atas, dibuatlah pengelompokan nyanyian sebagai berikut:

1. Golongan A:
Kelompok nyanyian yang mempunyai bobot liturgis (disepakati bahwa semua nyanyian perkawinan yang tercantum baik dalam Madah Bakti maupun Puji Syukur termasuk dalam kategorial ini).

2. Golongan B:
Kelompok nyanyian yang mempunyai bobot liturgis tetapi cirri kedaerahannya demikian kental, maka tidak akan disebarluaskan secara umum begitu saja.

3. Golongan C:
Kelompok nyanyian yang dinilai kurang atau tidak mempunyai bobot liturgis (non-liturgis) sehingga direkomendasikan untuk dibawakan setelah bagian liturgisnya selesai (dinyanyikan sesudah berkat, saat pengambilan foto, atau acara memberi salam pada kedua mempelai).

4. Golongan D:
Kelompok nyanyian yang sebaiknya dinyanyikan di luar gedung gereja atau dinyatakan tidak layak untuk dibawakan di gereja; sebaiknya dibawakan di ruang resepsi.

Kelompok A:

Kelompok nyanyian yang mempunyai bobot liturgis (disepakati bahwa semua nyanyian perkawinan yang tercantum baik dalam Madah Bakti maupun Puji Syukur termasuk dalam kategori ini).
No Judul Lagu Penulis Not Awal Peruntukan Keterangan
1 Aku abdi Tuhan John Hayon 3453156542 Sesudah homili, untuk persiapan persembahan
2 Allah memberkatimu NN 55311243 Sebelum liturgi pernikahan
3 Ave Maria Arcadelt 323123355432 Setelah berkat penutup
4 Ave Maria Haagh 5356517132 Setelah berkat penutup
5 Ave Verum Mozart 51354446544 Komuni
6 Balada hidup berdua Lagu Polandia 51236533 Menyesuaikan
7 Berbahagialah Mzm 551231012343 Menyesuaikan
8 Beriring menuju altar yang mulia L. Putut P 53535343155 Perarakan masuk
9 Berkatilah Y Totok Pujianto 551554343363 Persiapan persembahan
10 Berpadu setia MA Charpentier / Gemeinsam 51123153 Penutup
11 Berserah setia Mendelsohn 51115271 Diseyogyakan instrumental saja
12 Di dalam kasih Tuhan
5317132 Komuni
13 Ehre sei gott H.F Mueller 55513335122 Komuni
14 Gemilang mentariku
151271512715 Penutup
15 Hujan Berkat NN 55556715 Penutup
16 Ich bete an die macht der liebe
534512171 Perarakan persembahan
17 Janji setia Galsgow Dunlop 3335543123 Menyesuaikan
18 Kasih pasti lemah lembut
51176656 Antar bacaan / Komuni
19 Kubaktikan diri
5176554427 Sesudah homili
20 Kupersembahkan pada-Mu ya Tuhan seluruh diri dan hidup
533354326111 Persiapan Persmbahan
21 Kurenungkan sabda-Mu Tuhan
33354345 Antar bacaan
22 Kyrie (Ja Korman: Mass in honor blessed sacr) Ja Korman 333344 Kyrie
23 Letakkan atas rumahmu P. Widyawan 112324321 Antar bacaan
24 Madah Kasih Apoli Bala 55551112345 Antar bacaan
25 Mazmur 127
3332234543 Menyesuaikan
26 Menuju altar Tuhan Martin Runi 13455554565 Perarakan Masuk
27 Oh how precious thy love; my Lord
5344321712 Komuni
28 Pada awal mula dunia NN MB 69 51232133 Menyesuaikan
29 Rahmat kasih perkawinan
3323435 Sungkeman
30 Rejoice in the world
5321531 Penutup
31 Semoga dikau bahagia (MB 71) (Prier & Widyawan) 35131432122 Menyesuaikan
32 Semuanya kuserahkan kepada-Mu NN 5123465 Persiapan persembahan
33 Setia selama hidup-Mu Sei Getreu 34711765 Sesudah komuni
34 S'lamat dan bahagia Lagu Nias MB 72 1766667155555 Menyesuaikan
35 Syukur bagi-Mu ya Tuhan J. Haydn 232123453 Komuni
36 The Lord bless you P. Widyawan 55311243 Sebelum liturgi pernikahan
37 Wedding Prayer (heavenly Father hear us as we pray) Glasgow 3335543123 Sungkeman



Kelompok B:

Kelompok nyanyian yang mempunyai bobot liturgis tetapi ciri kedaerahannya demikian kental; maka tidak akan disebarluaskan secara umum begitu saja.
No Judul Lagu Penulis Not Awal Peruntukan Keterangan
1 Hadapilah dengan senyum Beny Waso 3323434516

2 Janji setia Gaya Batak 36716063213

3 Kasih Pasaknya Jimmy-Ernest 55561 Madah Syukur
4 Keparenga putra sungkem
53117125443 Sungkeman
5 Kupersembahkan
536554

6 Nderek Dewi Mariyah
5356715 Menyesuaikan
7 Tuhanlah pelindungku (kroncong)
1721765532115 Sebaiknya dalam satu paket kroncong



Kelompok C:

Kelompok nyanyian yang dinilai kurang atau tidak mempunyai bobot liturgis (non-liturgis) sehingga direkomendasikan untuk dibawakan setelah bagian liturgisnya selesai (dinyanyikan sesudah berkat, saat pengambilan foto, atau acara memberi salam pada kedua mempelai).
No Judul Lagu Penulis Not Awal Peruntukan Keterangan
1 Ave Maria Bach-Gounod 344523 Setelah berkat penutup
2 Ave Maria Cuypers 321165321

3 Ave Maria Cavaleria Rusticana 35136654
Setelah berkat penutup
4 Ave Maria Schubert 171321 Teks Ave Maria tidak lengkap
5 Bahasa cinta
55651165 Di luar liturgi
6 Cinta-Mu (N.N. Cinta-Mu perkasa bagaikan angin) NN 5533432176 Setelah berkat
7 Climb Ev'ry mountain R Rodgers 343452

8 Diamlah Horatio M. Palmer 56751326176 Sesudah komuni
9 Doa dan restumu NN 345513

10 Hari bahagia Agus PR 123556234

11 Hatiku kuserahkan pada-Mu NN 351234321

12 He NN 11237712665 Tidak langsung berhubungan dengan perkawinan
13 Janji setia
123212343212 Tidak untuk liturgi
14 Mater Amabilis Mozart 334655 Iringan menghadap Maria
15 May the good Lord NN 3453177

16 Namaku disebut DP Bilhorn 13335655

17 Salam Bintang Laut
171233 Setelah berkat penutup
18 Salam Maria NN 5356517132 Iringan menghadap Maria
19 Sancta Maria NN 5565532117 Iringan menghadap Maria
20 The Wedding NN 553144565

21 The Hawaian Wedding Song Arr. Gordon J 43571146

22 The Wedding NN 531445653

23 Ya Maria Bundaku NN 63367176

24 You never walk alone R. Rodgers 1113213452




Kelompok D:

Kelompok nyanyian yang sebaiknya dinyanyikan di luar gedung gereja atau dinyatakan tidak layak untuk dibawakan di gereja; sebaiknya dibawakan di ruang resepsi.

No Judul Lagu Penulis Not Awal Peruntukan Keterangan
1 And I love you so
56714

2 Bapa Kami
11755111175 Tidak direkomendasikan (teks tidak cocok)
3 Bapa Kami Arsati 33215155

4 Bapa kami (sudah dilarang supaya tidak digunakan)
53332342

5 Berkatilah ya Tuhan NN 5123156

6 Berlayarlah sahabat Drs. Dana Setyadi 32122755

7 Bersama kita melangkah Ambrosius 355543421

8 Cincin kami
53343217125

9 Cinta setia F. Levi 5123

10 Climb ev'ry mountain
3434523

11 Curahkan rahmat pengasih NN
545321765

12 Dalam Yesus kita bertemu
33333352366

13 Dua hati Efi D. Kardono 567113276

14 Edelweiss R. Rodgers 352154

15 Follow rains & river Robert J Gieles
7323125

16 Hari bahagia
123556234

17 Hidup itu anugerah NN 1117165

18 I love until the end of time
533432177125


19 Ini kehendak Tuhan NN 117653561

20 Kasihku Erestu 351123

21 Kau yang terindah Robert & Lea 3521443243

22 Ku tak sendiri NN 345553

23 Ku tak sendiri NN 111321

24 Kudapatkan jalan bahagia NN 13333553

25 Kuingin bermadah NN 321345

26 Kurnia selamat Knowles Shaw 112312123

27 Let's us magnify the Lord
5543215543

28 Love Story C. Sigman 13311

29 More NN 5671713432

30 Nyatakanlah kehendakmu NN 3334452


31 Our Father A. May Malotle 55513335122

32 Pelangi kasih NN 34534653

33 Restumu kunantikan NN 345513

34 Sembah sujudku NN 5176432343

35 She wears my ring Elvis / Salomon the King 5123234566

36 Speak soft love NN
361761676453

37 Sumpah setia F. Levi 55533211

38 Tabah dalam percobaan NN
321132243566


39 Terima kasih untuk kehidupan NN 34555465345

40 Tiada seindah hari ini
5353271231

41 Warta cintamu NN 33353212161

42 Ya Tuhan trimalah Bee Gees 1122431322



sumber : Majalah Liturgi, Vol 18 - 2007, edisi Mei - Juni 2007



Mungkin bisa disebarkan di paroki kamu:)

Regards,
maruko
_________________
Salam dan doa
Pendatang Baru Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen
Back to top
View user's profile Send private message
violino



Joined: 08 Dec 2006
Posts: 170

PostPosted: Wed, 03-09-2008 7:40 am    Post subject: Thanks... Reply with quote

Thanks..., emang di paroki gue banyak nyanyian2 kayak gitu. Gue mau protes tapi gak enak, akhirnya terpaksa nyanyi biarpun gak sreg. Tapi makasi banget, deh...
Back to top
View user's profile Send private message
kevin_chen



Joined: 28 Jan 2007
Posts: 47
Location: Banjar

PostPosted: Wed, 03-09-2008 11:57 am    Post subject: Reply with quote

@violino kamu bisa buka2 buku madah bakti kamu dan pilih lagu dari situ, biar udah kuno tpi bagus.

kalau tidak kamu bisa nyanyi2 lagu dari Bunga Citra Lestari, Kirim aku malaikatmu.....

terus lagunya afgan. terus lagu sungkeman,namaku disebut, cicin kami, sumpah setia, the prayer, Kyrie, banyak kok...

atau kamu bisa juga nyanyi lagu2 daerah asal mempelai, dlm bahasa mereka maksudnya
Back to top
View user's profile Send private message
little girl



Joined: 10 Oct 2006
Posts: 1417
Location: Surabaya

PostPosted: Wed, 03-09-2008 1:02 pm    Post subject: Reply with quote

kevin_chen wrote:
@violino kamu bisa buka2 buku madah bakti kamu dan pilih lagu dari situ, biar udah kuno tpi bagus.

kalau tidak kamu bisa nyanyi2 lagu dari Bunga Citra Lestari, Kirim aku malaikatmu.....

terus lagunya afgan. terus lagu sungkeman ,namaku disebut, cicin kami, sumpah setia, the prayer, Kyrie, banyak kok...

atau kamu bisa juga nyanyi lagu2 daerah asal mempelai, dlm bahasa mereka maksudnya


Dear Kevin....

Coba kamu lihat yg aku bold....

itu adalah lagu2 Pop. Kl dinyanyikan pas resepsi pernikahan ya tidak apa2.

Tp kl pas misa ... kan udah ada aturannya spt yg di post oleh Maruko.

Tlg kasih saran yg benar2 sesuai dgn iman Katolik.
Salam
_________________
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Filipi  1:21Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.


Last edited by little girl on Wed, 03-09-2008 1:06 pm; edited 2 times in total
Back to top
View user's profile Send private message
kevin_chen



Joined: 28 Jan 2007
Posts: 47
Location: Banjar

PostPosted: Wed, 03-09-2008 1:57 pm    Post subject: Reply with quote

@ mbak little,

memang ada yang bilang lagu itu untuk dinyanyikan di gereja ? KAPAN saya tulis itu dinyanyikan pas misa ? maksud saya di resepsi tau.
Back to top
View user's profile Send private message
maruko_lien
Penghuni Ekaristi


Joined: 21 Sep 2005
Posts: 1304
Location: somewhere over the rainbow

PostPosted: Thu, 04-09-2008 12:52 pm    Post subject: Reply with quote

Kevin,

Yang ditanyakan violino adalah dalam konteks di Misa, jadi kalau kamu menyarankan yang di luar misa ya ngga nyambung..Smile
_________________
Salam dan doa
Pendatang Baru Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Page 1 of 1

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17