FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

menceraikan istri yang selingkuh boleh tidak ?    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
tomyking
== BANNED ==




Joined: 17 Sep 2008
Posts: 28
Location: SITUBONDO

PostPosted: Wed, 17-09-2008 10:01 pm    Post subject: menceraikan istri yang selingkuh boleh tidak ? Reply with quote

Doktrin Katolik tidak boleh bercerai.
Yesus bilang "Boleh" kalau ketahuan istri selingkuh, baru boleh diceraikan.
Romo yang memberikan pelajaran sebelum menerima sakramen pernikahan kepadaku 15 tahun lalu aku debat dak bisa jawab. Dia malah bilang " Ya itu doktrin Katolik " Sampai saat ini aku masih ikut Apa Kata Yesus . Boleh diceraikan asal dia ( istri) selingkuh.
Kalau keluarga diteruskan khan beban sebab sudah masuk ke hati plus ingatan. Sulit untuk menghilangkannya , asal si suami setia lho. Bagaimana ini .... Kalau Ayat " Apa yang dipersatukan Allah tidak boleh diceraikan manusia " itu khan ada terusannya kecuali berzina . Iblis Deh! Sedih Sedih


Last edited by tomyking on Wed, 17-09-2008 10:02 pm; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
psh



Joined: 24 May 2006
Posts: 1061

PostPosted: Thu, 18-09-2008 1:28 am    Post subject: d Reply with quote

CMIW
Kayaknya topik ini lebih tepat di bagian keluarga katolik deh mas.
Salam kenal Mas Tom, konteks yang mas maksud mungkin saat Yesus bersoal jawab dengan para ahli taurat farisi.

Mat 5:31 Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya.

Mat 5:32 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.

Di situ Yesus mau menegaskan tentang hukum kasih yang dibawa oleh Yesus yang mau menggenapi hukum taurat dan menyempurnakannya dengan hukum kasih. Karena kedegilan hati para ahli taurat farisi yang mau mencobai Yesus dengan membandingkannya dengan ajaran taurat dari Musa tentang hal menceraikan istri, maka Yesus dengan penuh wibawa menjelaskan hal ini.

Dalam konteks kehidupan berumah tangga dan perjanjian antara suami istri katolik, memang kita sebagai pasutri katolik saat berjanji dulu sudah harus mengetahui konsekuensi penikahan katolik yang dituntut setia meneladani hidup Kristus dengan jemaatnya. Walaupun jemaat sering tidak setia namun Kristus tetap setia.

Ef 5:23 karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.
Ef 5:24 Karena itu sebagaimana jemaat tunduk kepada Kristus, demikian jugalah isteri kepada suami dalam segala sesuatu.
Ef 5:25 Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya
Ef 5:27 supaya dengan demikian Ia menempatkan jemaat di hadapan diri-Nya dengan cemerlang tanpa cacat atau kerut atau yang serupa itu, tetapi supaya jemaat kudus dan tidak bercela.
Ef 5:29 Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat,

Mungkin pastor yang bertanya jawab dengan Mas Tom sudah berusaha menjelaskan hal itu. Nah sekarang setelah 15 tahun menikah, mungkin ada baiknya Mas Tom merevisi ulang pemikiran seperti itu. Harapannya adalah cinta walaupun bukan cinta dengan syarat kalau pasangan kita setia atau tidak.

Ef 5:32 Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Semoga membantu....
_________________
CRESCAT ET FLOREAT
Back to top
View user's profile Send private message
shmily
Penghuni Ekaristi


Joined: 26 Oct 2005
Posts: 3686
Location: Ekaristi.org

PostPosted: Thu, 18-09-2008 9:03 am    Post subject: Re: menceraikan istri yang selingkuh boleh tidak ? Reply with quote

tomyking wrote:
Doktrin Katolik tidak boleh bercerai.
Yesus bilang "Boleh" kalau ketahuan istri selingkuh, baru boleh diceraikan.
Romo yang memberikan pelajaran sebelum menerima sakramen pernikahan kepadaku 15 tahun lalu aku debat dak bisa jawab. Dia malah bilang " Ya itu doktrin Katolik " Sampai saat ini aku masih ikut Apa Kata Yesus . Boleh diceraikan asal dia ( istri) selingkuh.
Kalau keluarga diteruskan khan beban sebab sudah masuk ke hati plus ingatan. Sulit untuk menghilangkannya , asal si suami setia lho. Bagaimana ini .... Kalau Ayat " Apa yang dipersatukan Allah tidak boleh diceraikan manusia " itu khan ada terusannya kecuali berzina . Iblis Deh! Sedih Sedih


Baca Matius 19:3-9, atau jika ingin penjelasan yang tidak terputus baca Markus 10:2-12

Kamu mungkin melihat kontradiksi antara Matius 19 ayat ke-6 dan ke-9 yang satu mengatakan demikian :


Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.


dan yang lain mengatakan


Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.


itu bila kamu membacanya secara terpisah dari keseluruhan ayat yang saya berikan.

Matius 19 ayat ke-9 tidak lepas dari perkataan Yesus di ayat Matius 19:8.


Kata Yesus kepada mereka: "Karena ketegaran hatimu Musa mengizinkan kamu menceraikan isterimu, tetapi sejak semula tidaklah demikian.


Yesus tidak membatalkan apa yang telah dilakukan oleh Musa, tetapi Ia menegaskan apa yang menjadi kehendak Allah sejak awal mula, yaitu bahwa Allah tidak menghendaki perceraian.

jika kamu berpegang bahwa perceraian boleh dilakukan apabila isteri berzinah, maka kamu bukannya mentaati perintah Yesus melainkan mengikuti orang-orang Israel yang keras hati pada jaman Musa.

Dan bila pun seseorang melakukannya [mengikuti kekerasan hati orang Israel], Yesus menegaskan bahwa orang itu tidak boleh menikah lagi, begitu pula pasangan yang ia ceraikan (Markus 10:11-12).

Baca juga 1 Korintus 7:10-17
_________________
Salam dan doa
F A Q Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen

Psalms 119:159 See how I love your precepts, LORD; in your kindness give me life.
Back to top
View user's profile Send private message
tomyking
== BANNED ==




Joined: 17 Sep 2008
Posts: 28
Location: SITUBONDO

PostPosted: Thu, 18-09-2008 9:29 am    Post subject: Re: menceraikan istri yang selingkuh boleh tidak ? Reply with quote


Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.


ini adalah pemikiran Matius ( keluar dari otak Matius ) menjabarkan sendiri.


Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.


Ini adalah perkataan Yesus sendiri ( Allah ) , dan ditulis oleh Matius / diteruskan. nah mana yang akan diikuti ? Ikut YESUS atau Matius ?
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
shmily
Penghuni Ekaristi


Joined: 26 Oct 2005
Posts: 3686
Location: Ekaristi.org

PostPosted: Thu, 18-09-2008 9:40 am    Post subject: Re: menceraikan istri yang selingkuh boleh tidak ? Reply with quote

Smile geli juga nich..

tomyking wrote:

Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.


ini adalah pemikiran Matius ( keluar dari otak Matius ) menjabarkan sendiri.


bisa buktikan ? atau ini hanya tuduhan yang keluar dari pemikiran (a.k.a otak) kamu ?
_________________
Salam dan doa
F A Q Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen

Psalms 119:159 See how I love your precepts, LORD; in your kindness give me life.
Back to top
View user's profile Send private message
asperges me



Joined: 21 Feb 2008
Posts: 384

PostPosted: Thu, 18-09-2008 11:03 am    Post subject: Re: menceraikan istri yang selingkuh boleh tidak ? Reply with quote

tomyking wrote:

Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia.


ini adalah pemikiran Matius ( keluar dari otak Matius ) menjabarkan sendiri.


Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.


Ini adalah perkataan Yesus sendiri ( Allah ) , dan ditulis oleh Matius / diteruskan. nah mana yang akan diikuti ? Ikut YESUS atau Matius ?


Weleh-weleh, bila masih ingin setia kepada Yesus Kristus dan Gereja Katolik, baca Katekismus 1601-1666
http://www.ekaristi.org/kat/index.php?q=1600-1650

1610 Kesadaran susila yang mengerti ketunggalan dan ketakterceraian Perkawinan telah berkembang di bawah bimbingan hukum Perjanjian Lama. Memang poligami para bapa bangsa dan raja belum lagi ditolak dengan jelas. Tetapi peraturan yang diberi kepada Musa bertujuan melindungi wanita dari kesewenang-wenangan pria. Namun seperti Yesus katakan, hukum masih memiliki bekas-bekas "ketegaran hati" pria, sehingga Musa mengizinkan perceraian wanita. Bdk. Mat 19:8; Ul 24:1.

SAlam


Last edited by asperges me on Thu, 18-09-2008 11:06 am; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
psh



Joined: 24 May 2006
Posts: 1061

PostPosted: Thu, 18-09-2008 12:00 pm    Post subject: d Reply with quote

Mas Tom, pegangan buat kita orang katolik bukan hanya dari alkitab saja tapi dari Magisterium dan Tradisi juga. Jadi saya rasa penjelasan teman-teman di sini sudah cukup membuktikan bahwa cara pandang Mas Tom itu keliru. Matius sebagai pengarang injil itu jelas-jelas mengutip perkataan Yesus. Dan Mas Tom bersikeras bahwa itu perkataan Matius. Dan kalau melihat katekismus dari yang ditunjukkan oleh saudara Asperges Me, sangat jelas bahwa tidak bisa menceraikan pasangan kita dengan asalan apapun. Andaikata-pu memang benar itu perkataan Matius tentu kita sebagai orang katolik musti merujuk juga kepada perkataan Yesus bukan? Jadi pilihannya terserah kepada Mas Tom, mau berpegang kepada siapa?
_________________
CRESCAT ET FLOREAT
Back to top
View user's profile Send private message
shmily
Penghuni Ekaristi


Joined: 26 Oct 2005
Posts: 3686
Location: Ekaristi.org

PostPosted: Thu, 18-09-2008 12:52 pm    Post subject: Re: d Reply with quote

psh wrote:
Andaikata-pu memang benar itu perkataan Matius tentu kita sebagai orang katolik musti merujuk juga kepada perkataan Yesus bukan? Jadi pilihannya terserah kepada Mas Tom, mau berpegang kepada siapa?


dibagian mana itu ditunjukkan sebagai perkataan Matius ? apa dasar peng-andai-an di atas ?
_________________
Salam dan doa
F A Q Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen

Psalms 119:159 See how I love your precepts, LORD; in your kindness give me life.
Back to top
View user's profile Send private message
tomyking
== BANNED ==




Joined: 17 Sep 2008
Posts: 28
Location: SITUBONDO

PostPosted: Thu, 18-09-2008 1:25 pm    Post subject: Re: d Reply with quote

shmily wrote:
psh wrote:
Andaikata-pu memang benar itu perkataan Matius tentu kita sebagai orang katolik musti merujuk juga kepada perkataan Yesus bukan? Jadi pilihannya terserah kepada Mas Tom, mau berpegang kepada siapa?


dibagian mana itu ditunjukkan sebagai perkataan Matius ? apa dasar peng-andai-an di atas ?


Dasarnya adalah : Pertanyaan orang farisi itu menceraikan dengan alasan apapun juga. Berarti orang Israel bisa menceraikan istrinya dengan alasan apapun juga. Mengapa kok diperbolehkan oleh Musa. Sebab , orang Israel saat zaman Musa tidak diberi surat cerai oleh Musa maka akan semakin membuat ulah (meredam ke-onaran), Sudah dibebaskan dari Mesir masih membuat patung lembu untuk disembah.
Maka menurutku YESUS bersabada demikian agar perempuan dak seenaknya melakukan itu, enak setelah selingkuh ngaku dosa selesai. Menurutku itu dosa sangat besar. Karena menghancurkan keluarga. dan PONDASI UTAMA dari ajaran YESUS adalah Keluarga Damai Sejahtera.
Lalu Matius menulis firmanNya : Apa yang telah dipersatukan Allah.....
Nah ini ditulis setelah YESUS bangkit kan ? Trus ada kata kalau begitu ndak perlu menikah ? Ini pemikiran siapa ?
Dari sini saya berkesimpulan , karena istri adalah tulang rusuk suami maka harus ada pengecualian masalah kalau selingkuh bisa diceraikan dan boleh tidak dinafkahi. Setelah bertobat benar , keluarga bisa kumpul kembali . Itu dasar pemikiranku.
Masalah ini aku debat terus dengan istriku, tetapi aku bilang mulai saat awal menikah aku katakan doktrin khusus ini aku punya pandangan sendiri, kalau tidak begini bahaya .......... Sebab aku kerja di banyak kota. Tetapi aku sendiri harus benar-benar lurus juga.
Nih , aku mau tanya yah ? Aku punya tetangga kaya . Dia seorang laki-lai perlente , punya cucu. Agama Katolik sejak lahir. Punya istri 1 , WIL nya 2 , ke Gereja sendirian , tetap menerima TUBUH KRISTUS.
Kalau aku lapor Romo untuk menegurnya boleh ndak ? Ini bukan khayalan tapi nyata . Apa mau dibiarkan terus.??????????
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
LovingStAnthony



Joined: 27 Nov 2006
Posts: 1963
Location: Jakarta

PostPosted: Thu, 18-09-2008 2:03 pm    Post subject: Re: d Reply with quote

tomyking wrote:
Maka menurutku YESUS bersabada demikian agar perempuan dak seenaknya melakukan itu, enak setelah selingkuh ngaku dosa selesai.

Sama sekali tidak ada petunjuk bahwa maksud Yesus berbicara seperti itu adalah seperti yang kamu katakan.

tomyking wrote:
Menurutku itu dosa sangat besar. Karena menghancurkan keluarga.

Dosa besar, memang iya. Zinah termasuk dosa besar.
Namun, ia bukan hanya menghancurkan keluarga, tetapi JUGA yang terutama bertentangan dengan hukum ilahi (baca sepuluh perintah Allah). Jadi, seandainya suatu perzinahan/perselingkuhan tidak menyebabkan suatu keluarga hancur, tindakah zinah/selingkuh itu tetap suatu dosa.

tomyking wrote:
dan PONDASI UTAMA dari ajaran YESUS adalah Keluarga Damai Sejahtera.

Pondasi utama? Istilah apa itu? Dan pondasi utama ajaran Yesus adalah keluarga damai sejahtera (ini kok mirip nama partai lokal yaah?)?

Jangan bikin ajaran yang aneh-aneh...

tomyking wrote:
Lalu Matius menulis firmanNya : Apa yang telah dipersatukan Allah.....
Nah ini ditulis setelah YESUS bangkit kan ?

Semua Injil kanonik ditulis setelah Yesus bangkit. Pemilahan yang kamu buat tidak berdasar. Para penginjil -- dengan berbagai saluran -- menerima, mencatat, dan menuliskan kembali ucapan Yesus dalam Injil2 mereka.

tomyking wrote:
Trus ada kata kalau begitu ndak perlu menikah ? Ini pemikiran siapa ?

Ini arahnya ke mana? Apakah maksud kamu selibat menurut nasihat injili itu bukan ajaran Yesus? Pikir baik-baik...dan baca lagi kitab Injilnya secara cermat...

tomyking wrote:
Dari sini saya berkesimpulan , karena istri adalah tulang rusuk suami maka harus ada pengecualian masalah kalau selingkuh bisa diceraikan dan boleh tidak dinafkahi.

Saya hargai kesimpulan kamu. Tapi ajaran gereja tidak dibuat atas kesimpulan kamu.

tomyking wrote:
Setelah bertobat benar , keluarga bisa kumpul kembali . Itu dasar pemikiranku.

Seandainya istri belum bertobat, suami idealnya harus tetap mendampingi, sabar, dan setia. Sudah pernah baca Kitab Hosea?

Lagipula, ini bertentangan dengan apa yg kamu katakan di atas: "Maka menurutku YESUS bersabada demikian agar perempuan dak seenaknya melakukan itu, enak setelah selingkuh ngaku dosa selesai."

Menurut kamu setelah bertobat, istri yg berzinah tadi bisa kembali kumpul dengan suami. Tapi di kalimat biru kamu bilang, Yesus bersabda demikian agar perempuan gak seenaknya melakukan itu: enak setelah selingkuh ngaku dosa selesai. Gimana sih? Rolling Eyes

tomyking wrote:
Masalah ini aku debat terus dengan istriku, tetapi aku bilang mulai saat awal menikah aku katakan doktrin khusus ini aku punya pandangan sendiri, kalau tidak begini bahaya .......... Sebab aku kerja di banyak kota. Tetapi aku sendiri harus benar-benar lurus juga.

Yah, pandangan kamu sendiri? Kalau setiap orang yang menikah punya pandangan sendiri-sendiri, kok enak banget yaaah? Lalu, kalau istri kamu punya pandangan sendiri, boleh enggak? Seharusnya boleh dong. Kalau punya pandangan sendiri-sendiri, mengapa pandangan kamu yang harus lebih benar ketimbang pandangan istri kamu? Toh, pandangan kalian bukan pandangan/ajaran resmi gereja.

Coba pikir lagi.

tomyking wrote:
Nih , aku mau tanya yah ? Aku punya tetangga kaya . Dia seorang laki-lai perlente , punya cucu. Agama Katolik sejak lahir. Punya istri 1 , WIL nya 2 , ke Gereja sendirian , tetap menerima TUBUH KRISTUS.
Kalau aku lapor Romo untuk menegurnya boleh ndak ? Ini bukan khayalan tapi nyata . Apa mau dibiarkan terus.??????????

Yah, lapor saja melalui ketua lingkungan atau pemuka umat setempat ke romo paroki. Daripada digosipkan di internet, kenapa tidak dilaporkan? Apa sih susahnya? Kalau hanya ngomong di internet seperti yg kamu lakukan sekarang, kamu gak beda dengan tukang gosip. Laporkan ke romo. Titik.
_________________
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 4

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17