FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Misa Arwah + Api Penyucian    
Goto page: Previous Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Ruang Pengetahuan Dasar Iman Katolik
View previous topic :: View next topic  
Author Message
Stanley



Joined: 29 Sep 2008
Posts: 3585

PostPosted: Tue, 14-10-2008 11:45 am    Post subject: Reply with quote

Boleh agak kumenyimpang sedikit?

Karena saya kurang puas dan kurang paham. Bayi yg meninggal pd waktu dilahirkan, meninggal pada waktu di kandungan maupun meninggal pada waktu di aborsi oleh ortunya.... apa pandangan gereja soal ...err katakanlah 'nasib' dari jiwa mereka? Karena mereka pasti blm sempat dibabtis.

Ada yg menyatakan... direct masuk neraka. Kasian dunk? Logikanya sih (kecuali yg di aborsi), kalau mrk meninggal scr normal tanpa sempat dibabtis, berarti selama ini sudut pandang saya adalah bahwa Tuhan punya rencana yg lebih baik drpd bayi itu sempat dilahirkan normal.

Itu sebabnya dlm kasus2 di atas (kecuali krn aborsi), maka romo berkenan memberikan pemberkatan jenazah, dan misa requiem untuk bayi yg meninggal demikian.

Pada kasus yg aborsi, saya pernah dengar nasehat romo demikian: jika orang tuanya kelak sadar bhw aborsi itu dosa, maka dia wajib untuk mengaku dosa dan wajib untuk memberi nama anaknya yg pernah diaborsi itu dan wajib untuk meng intensi misa kan untuk kedamaian kekal anaknya itu.

Nasehat di atas memiliki makna implisit bhw jiwa dari bayi yg demikian itu msh berada di 'somewhere' yg belumlah neraka dan belumlah surga. Saya jg ga bisa blg itu api penyucian (krn slain dosa adam, apa sih dosa mrk?).

Namun di topik sebelah di bahas bhw bayi yg mengalami 'nasib' demikian... cuma pny 1 arah, neraka.

Gimana? Ada bantuan?
Back to top
View user's profile Send private message
moon



Joined: 20 Jun 2008
Posts: 226

PostPosted: Wed, 15-10-2008 11:38 am    Post subject: Reply with quote

Athanasios wrote:
Tidak ada perbedaan yang esensial.

Bedanya adalah dalam misa ini digunakan antifon, doa, dan bacaan yang secara eksplisit menyatakan apa yang diimani Gereja mengenai kematian dan kebiasaan berdoa bagi arwah.

ok, got it. thanks.

Stanley wrote:
Karena saya kurang puas dan kurang paham. Bayi yg meninggal pd waktu dilahirkan, meninggal pada waktu di kandungan maupun meninggal pada waktu di aborsi oleh ortunya.... apa pandangan gereja soal ...err katakanlah 'nasib' dari jiwa mereka? Karena mereka pasti blm sempat dibabtis.

mungkin bisa baca2 ini,
Limbo Menurut Ajaran Gereja
Apakah Bayi Korban Aborsi Masuk Surga?
Back to top
View user's profile Send private message
Stanley



Joined: 29 Sep 2008
Posts: 3585

PostPosted: Wed, 15-10-2008 3:24 pm    Post subject: Reply with quote

moon wrote:
Athanasios wrote:
Tidak ada perbedaan yang esensial.

Bedanya adalah dalam misa ini digunakan antifon, doa, dan bacaan yang secara eksplisit menyatakan apa yang diimani Gereja mengenai kematian dan kebiasaan berdoa bagi arwah.

ok, got it. thanks.

Stanley wrote:
Karena saya kurang puas dan kurang paham. Bayi yg meninggal pd waktu dilahirkan, meninggal pada waktu di kandungan maupun meninggal pada waktu di aborsi oleh ortunya.... apa pandangan gereja soal ...err katakanlah 'nasib' dari jiwa mereka? Karena mereka pasti blm sempat dibabtis.

mungkin bisa baca2 ini,
Limbo Menurut Ajaran Gereja
Apakah Bayi Korban Aborsi Masuk Surga?


Dua link itu... benar2 angin sejuk di panasnya kota surabaya saat ini bagi saya. Thx God the Almighty... Dia memang MAHA TAHU akan nasib anak-anakNya di dunia ini.

Thx and GBU
Back to top
View user's profile Send private message
x_japan82



Joined: 28 Jul 2008
Posts: 17

PostPosted: Mon, 27-10-2008 7:43 am    Post subject: Reply with quote

Halo, saya m nanya. Nanti awal Nov ada misa untuk arwah.Saya berencana untuk mendoakan arwah saudara2 dan kakek nenek saya yang sudah meninggal.
Apakah dengan memberikan intensi kepada orang yang sudah meninggal tapi bukan katolik akan membantu mereka di alam baka?
Saya tanyakan pada teman saya, dia bilang itu tidak tepat sasaran.
Apa betul? karena saya ingin mendoakan orang yang saya cintai.
Sebelumnya terima kasih atas jawabannya
Back to top
View user's profile Send private message
usako



Joined: 20 Jul 2008
Posts: 63
Location: Jakarta

PostPosted: Mon, 27-10-2008 10:01 am    Post subject: Reply with quote

x japan: sama pertanyaan gw ama u...
gw jg bgg...
walau dlm doa rosario gw jg meminta bunda maria utk menolong jiwa2 sdr dan kenalan gw/jiwa2 yg gw gak kenal skalipun yg udah meninggal yg bkn katolik...
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger MSN Messenger
little girl



Joined: 10 Oct 2006
Posts: 1417
Location: Surabaya

PostPosted: Mon, 27-10-2008 10:32 am    Post subject: Reply with quote

x_japan82 wrote:
Halo, saya m nanya. Nanti awal Nov ada misa untuk arwah.Saya berencana untuk mendoakan arwah saudara2 dan kakek nenek saya yang sudah meninggal.
Apakah dengan memberikan intensi kepada orang yang sudah meninggal tapi bukan katolik akan membantu mereka di alam baka?
Saya tanyakan pada teman saya, dia bilang itu tidak tepat sasaran.
Apa betul? karena saya ingin mendoakan orang yang saya cintai.
Sebelumnya terima kasih atas jawabannya


Setahuku itu tidak masalah... justru kita umat Katolik seharusnya berdoa juga menggunakan iman kita. Masa kita mau mendoakan pakai cara yg lain ? good Job

Sekalipun bukan katolik, org2 yg kita doakan bisa kok. Seandainya pun mereka tidak di api penyucian (katakanlah di neraka >> ini yg terjelek) memang doa kita itu tidak berguna utk mereka ... tp berguna bagi diri kita sendiri.

Setiap niat baik dr kita itu bukan niat kita pribadi melainkan campur tangan Roh Kudus. Jadi itu sesuatu yg baik.

Salam
_________________
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Filipi  1:21Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.
Back to top
View user's profile Send private message
Francesca



Joined: 14 May 2008
Posts: 45
Location: Jakarta

PostPosted: Mon, 27-10-2008 12:02 pm    Post subject: Reply with quote

Temen2..saya mau ikutan nanya, soalnya saya bingung bgt T_T mohon bantuannya ya.... Maap kalo banyak bgt....

1. Bagaimanakah dengan pembaptisan saat koma?? Papa saya dibaptis saat koma, tp semasa sehat, yg saya tau beliau hatinya sudah ikut Yesus, karna yg saya liat beliau setiap hari membaca Injil dan berdoa.
Apakah pembaptisan tsb dianggap sah??

2. Sehari setelah dibaptis, papa dipanggil oleh Tuhan. Kata orang yg bisa melihat roh, papa sudah dibisiki oleh Bunda Maria karna waktunya telah tiba. Benarkah hal tsb ?? Akan kemanakah jiwa papa berada ???

3. Setelah papa dipanggil oleh Tuhan, mama ingin masuk Katolik. Pada saat dibaptis, mama saya divonis menderita kanker. Tapi karna mama tidak mau ditangani secara medis, maka kondisinya semakin lemah. Mama pernah konsultasi dgn seorang pelayanan Katolik, disebutkan bahwa mama pernah melakukan dosa berat semasa mudanya sehingga auranya gelap dan harus menerima sakramen tobat.
Apakah dengan pembaptisan belum cukup untuk dosa2 lama kita diampuni ?? Mengapa harus menerima sakramen tobat lagi ??

4. Ada ade mama yg beragama KongHuCu yang bisa mendapat 'vision'. Beliau mengatakan bahwa roh mama tertahan di dalam sebuah pohon, dan saat ini yg ada di tubuh mama adalah roh jahat. Roh jahat berdiam di tubuh mama sejak des 2006 saat saya dan mama pergi ke Kalimantan. Padahal mama divonis kanker des 2007.
Dapatkah dipercaya?? Tp stelah mendengar hal ini mama menjadi gelisah dan bingung T_T
Setau saya bila roh jahat berdiam dalam tubuh manusia, maka manusia itu takut untuk masuk gereja, sedangkan mama saya sangat antusias menerima komuni dan minta didoakan oleh romo bahkan pernah ikut misa penyembuhan oleh Romo Yohanes.

5. Tgl 14 Okt kemaren mama dipanggil oleh Bapa, saat2 menjelang kematian, mama sangat ingin dikuatkan dalam doa. Setiap waktu, mama minta saya yg di sampingnya untuk berdoa bersama.
Apakah hati mama sudah sepenuhnya milik Kristus?? dan kemanakah jiwa mama sekarang berada ??

6. Saat di rumah duka, seorang family saya yang bisa melihat roh, bercerita bahwa pada saat mama di baringkan di peti jenazah, rohnya masih ada disana, dan saat ditutup petinya, beliau melihat papa saya dan kakek saya datang untuk menjemput mama. Saat peti jenazah ditutup, mereka bertiga pergi. Dapatkah hal tsb dipercaya ???

7. Kemanakah arwah2 yg telah meninggal? Apakah sampai 40 hari masih ada di bumi? Apakah mereka masih ingin melepaskan semua hal duniawi sampai dengan 40 hari tsb?
Saat mama sakit, beliau ingin tidur ditemani oleh saya, dan sampai saat mama dipanggilpun saya masih spt biasa tidur di kamar mama. Tgl 25 kemarin jam 2 pagi, saya baru akan masuk kamar dan tidur. Tiba2 saya mencium wangi bunga yg harum sekali, tp itu hanya sesaat saja. Benarkah itu mama yg datang untuk melihat anaknya?? Tante saya jg sering crita kalo sore2 beliau jg sering mencium aroma bunga yg wangi di ruang tamu tempat mama biasa nonton tv dan di toilet.

8.Apakah arwah bisa mengirimkan mimpi ?? Tp selama 2 tahun ini saya belum pernah diberi mimpi oleh papa atau mama. Tp byk orang cerita bahwa arwah dpt mengirim pesan lewat mimpi.

Teman2, maap pertanyaannya saya kelewat banyak. Mohon bantuan pencerahannya ya terkait dengan GK...
Terima kasih banyak....
_________________
Damai dalam Tuhan Jesus,
Francesca
Back to top
View user's profile Send private message
Stanley



Joined: 29 Sep 2008
Posts: 3585

PostPosted: Mon, 27-10-2008 12:59 pm    Post subject: Reply with quote

Francesca wrote:
Temen2..saya mau ikutan nanya, soalnya saya bingung bgt T_T mohon bantuannya ya.... Maap kalo banyak bgt....

Iya gpp. Tersirat kebimbangan iman yg sangat mendalam didalam post mu ini. Saya coba bantu semampu saya ya.
Francesca wrote:


1. Bagaimanakah dengan pembaptisan saat koma?? Papa saya dibaptis saat koma, tp semasa sehat, yg saya tau beliau hatinya sudah ikut Yesus, karna yg saya liat beliau setiap hari membaca Injil dan berdoa.
Apakah pembaptisan tsb dianggap sah??

Saya rasa itu sah... dia sudah ada kerinduan. Itu termasuk baptis kerinduan. Andai dia masih dikaruniai umur lebih panjang, adalah kewajiban dia mengemban ajaran Kristus dalam hidupnya.
Francesca wrote:


2. Sehari setelah dibaptis, papa dipanggil oleh Tuhan. Kata orang yg bisa melihat roh, papa sudah dibisiki oleh Bunda Maria karna waktunya telah tiba. Benarkah hal tsb ?? Akan kemanakah jiwa papa berada ???

penglihatan seperti ini masih membutuhkan pengujian dari pihak Gereja... dimana sayangnya Gereja tidak bisa menangani kasus yang terlalu personal seperti ini. Gereja punya pelayanan lebih banyak dan luas. Namun, bolehlah kita percayakan jiwa papa mama kamu pada Allah yg MahaRahim, lewat perantaraan Bunda Maria sebagai bunda semua orang yg mengikuti Kristus.

Francesca wrote:


3. Setelah papa dipanggil oleh Tuhan, mama ingin masuk Katolik. Pada saat dibaptis, mama saya divonis menderita kanker. Tapi karna mama tidak mau ditangani secara medis, maka kondisinya semakin lemah. Mama pernah konsultasi dgn seorang pelayanan Katolik, disebutkan bahwa mama pernah melakukan dosa berat semasa mudanya sehingga auranya gelap dan harus menerima sakramen tobat.
Apakah dengan pembaptisan belum cukup untuk dosa2 lama kita diampuni ?? Mengapa harus menerima sakramen tobat lagi ??

Pelayan Katolik itu ada 'kesalahan' mendasar meski kecil. Baptisan menghapus seluruh dosa manusia. Kecuali (perhatikan), dosa itu dia ulangi lagi setelah dibaptis.

Francesca wrote:


4. Ada ade mama yg beragama KongHuCu yang bisa mendapat 'vision'. Beliau mengatakan bahwa roh mama tertahan di dalam sebuah pohon, dan saat ini yg ada di tubuh mama adalah roh jahat. Roh jahat berdiam di tubuh mama sejak des 2006 saat saya dan mama pergi ke Kalimantan. Padahal mama divonis kanker des 2007.
Dapatkah dipercaya?? Tp stelah mendengar hal ini mama menjadi gelisah dan bingung T_T
Setau saya bila roh jahat berdiam dalam tubuh manusia, maka manusia itu takut untuk masuk gereja, sedangkan mama saya sangat antusias menerima komuni dan minta didoakan oleh romo bahkan pernah ikut misa penyembuhan oleh Romo Yohanes.

Hmm.. mendengarkan org KongHuCu. Gimana ya? Saya bukannya mendeskreditkan adik mama kamu, namun coba dengarkan saja Tuhan dan Gereja. Ok, diatas kertas, kata2 adik mama kamu masih memiliki kemungkinan, namun iman Katolik tidak mengijinkan kita melihat 'kertas' tersebut... alias jangan mengintip nasehat dari yang diluar Gereja.
Tentu, jangan sakiti hati adik mamamu dengan 'menghakimi' dia seolah2 itu salah. Pesan saya, ada waktunya Tuhan u/ menyapa adik mamamu itu, entah itu melalui kamu atau orang lain.

Soal roh jahat berdiam di dalam tubuh manusia dstnya itu... itu kan 'anggapan' yg timbul dari film2 Holywood (saya menilik film the Omen dan sejenisnya). Padre Pio pernah berjumpa dengan lucifer sendiri (bukan org yg dirasuki lucifer, tapi lucifer scr pribadi) didalam ruang pengakuan. Namun, jangan jadikan ini kekhawatiran yg berlebihan.

Soal misa penyembuhan, Rm Yohanes Indrakusuma OCarm ya? Saya beri pelajaran penting buat diingat ya, Romo itu bukan 'dewa'. Dia cuma romo. Tanyalah beliau scr pribadi. Dia hanya terdorong u/ berdoa bagi org2 yang sakit, dimana rahmat Tuhan yg menentukan org itu sembuh atau tidak. Dia hanya alat. Dan bahkan, tanyalah dia, bhw dia sendiri mengatakan jika kita mampu melihat kehadiran Allah dalam Ekaristi, maka setiap kesempatan Ekaristi bisa jadi kesempatan u/ disembuhkan oleh Tuhan (tentu jika Tuhan berkenan). Romo Yohanes sendiri ga ingin dia 'dianggap penyembuh', karena dia sendiri bilang bhw dia manusia lemah yang bisa saja berbuat dosa dan salah.

Napa saya bisa tahu soal beliau? Keponakannya teman saya dan tetangga saya... jadi saya sering 'dolan' manakala om nya yg seorang romo itu mampir di rumahnya.

Pergi ke misa penyembuhan itu baik, namun jangan sampai malah mengecilkan arti misa mingguan. Karena jika sampai demikian, maka benar bhw roh jahat sedang membisikkan ajaran yg salah pada dirimu dan mamamu. Sadarlah! Berjaga2lah selalu, jgn karena kesedihanmu kamu menurunkan penjagaanmu.
Francesca wrote:


5. Tgl 14 Okt kemaren mama dipanggil oleh Bapa, saat2 menjelang kematian, mama sangat ingin dikuatkan dalam doa. Setiap waktu, mama minta saya yg di sampingnya untuk berdoa bersama.
Apakah hati mama sudah sepenuhnya milik Kristus?? dan kemanakah jiwa mama sekarang berada ??

Sama seperti soal papa kamu, percayakan jiwa mereka pada Kristus, dan terus doakan mereka supaya Tuhan berbelas kasih pada mereka.
Francesca wrote:


6. Saat di rumah duka, seorang family saya yang bisa melihat roh, bercerita bahwa pada saat mama di baringkan di peti jenazah, rohnya masih ada disana, dan saat ditutup petinya, beliau melihat papa saya dan kakek saya datang untuk menjemput mama. Saat peti jenazah ditutup, mereka bertiga pergi. Dapatkah hal tsb dipercaya ???

Gini, ada hal2 yg Gereja dan iman Katolik belum bisa pahami. Namun soal hal-hal tersebut, Ex-Cardinal Joseph Ratzinger (sekarang Paus Benedictus XVI) mengatakan bhw mistery Allah itu kita serahkan saja pada penyelenggaraan Allah.

Saya pribadi tidak menolak kemungkinan peristiwa itu, namun, jangan jadikan itu sebagai patokan apapun juga yg malah membuat gelisah hatimu.
Francesca wrote:


7. Kemanakah arwah2 yg telah meninggal? Apakah sampai 40 hari masih ada di bumi? Apakah mereka masih ingin melepaskan semua hal duniawi sampai dengan 40 hari tsb?
Saat mama sakit, beliau ingin tidur ditemani oleh saya, dan sampai saat mama dipanggilpun saya masih spt biasa tidur di kamar mama. Tgl 25 kemarin jam 2 pagi, saya baru akan masuk kamar dan tidur. Tiba2 saya mencium wangi bunga yg harum sekali, tp itu hanya sesaat saja. Benarkah itu mama yg datang untuk melihat anaknya?? Tante saya jg sering crita kalo sore2 beliau jg sering mencium aroma bunga yg wangi di ruang tamu tempat mama biasa nonton tv dan di toilet.

40 hari itu pertanyaan bagus. Saya pribadi juga merasa yakin akan hal itu, namun, baca jawaban saja di point 6.

Soal keberadaan 'supranatural' dari jiwa2 org yg sudah meninggal, jangan dianggap itu sesuatu yg menakutkan. Itu jadikan saja tanda bahwa mereka rindu didoakan. Ingat, jiwa di api penyucian butuh doa2 kita.

Francesca wrote:


8.Apakah arwah bisa mengirimkan mimpi ?? Tp selama 2 tahun ini saya belum pernah diberi mimpi oleh papa atau mama. Tp byk orang cerita bahwa arwah dpt mengirim pesan lewat mimpi.

Sama seperti point nomor 7, jadikan tanda bahwa mereka butuh doa2 kita saja, jika kamu dikirimi mimpi. Jika tidak? Ya jangan berhenti berdoa. Simple kan? Gereja gak minta kita u/ melakukan hal2 yg susah, memahami hal2 yg otak ga mampu. Gereja meminta kita mendoakan semua yg sudah meninggal, itu saja.
Francesca wrote:


Teman2, maap pertanyaannya saya kelewat banyak. Mohon bantuan pencerahannya ya terkait dengan GK...
Terima kasih banyak....


Sama-sama, mohon maaf pengetahuan saya masih terbatas. Karena juga masih belajar. Namun, semoga semua ini membantu kamu. Tuhan memberkati.
_________________
This is Spartaaa!
Back to top
View user's profile Send private message
Francesca



Joined: 14 May 2008
Posts: 45
Location: Jakarta

PostPosted: Mon, 27-10-2008 2:11 pm    Post subject: Reply with quote

Thanx ya Stanley atas infonya...
[diriku masih berharap ada tanggapan dari temen2 lainnya... om2 dan tante2 yang expert dalam ajaran GK... mohon bantuannya ya... good Job ]

Dari yang aku tangkep, emang bener sih, masalah yg seperti itu tidak ada kepastian yang menjaminnya kebenarannya ato tidak. Hanya Tuhan yang tahu semuanya...
Tapi sebagai orang beriman, Tuhan menjanjikan Surga kepada setiap orang yang percaya kepada-Nya. Dan Sebagai orang Katolik, sudah seharusnya kita mendoakan jiwa2 mereka agar terbebas dari api penyucian dan bisa segera masuk ke dalam Kerajaan Surga.
Saat ini, diriku hanya bisa bertekun dalam doa....

Tuhan memberkati...
_________________
Damai dalam Tuhan Jesus,
Francesca
Back to top
View user's profile Send private message
Zavius Firerave



Joined: 28 Apr 2008
Posts: 602

PostPosted: Mon, 27-10-2008 6:56 pm    Post subject: Reply with quote

Ada yang pernah dengar nggak kalo katanya arwah orang-orang mati yang meninggal itu ada di api penyucian selama 40 hari.

Terakhir memang Om DV memang pernah menjelaskan tentang lama waktu orang berada di api penyucian, sih. Cuma penasaran apa mitos ini ada yang tau selain saya.
_________________
"Childish ideals pale in front of reality" -Citan Uzuki- Xenogears
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Ruang Pengetahuan Dasar Iman Katolik All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Previous Next
Page 3 of 6

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17