FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

protestan & katolik    
Goto page: Previous Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
Zavius Firerave



Joined: 28 Apr 2008
Posts: 602

PostPosted: Thu, 13-11-2008 8:41 am    Post subject: Reply with quote

pinginkaya wrote:

bagaimana dengan yang ini..

Yeremia 31:34 :Dan tidak usah lagi orang mengajar sesamanya atau mengajar saudaranya dengan mengatakan: Kenallah TUHAN! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku, demikianlah firman TUHAN, sebab Aku akan mengampuni kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa mereka."


???
Apa hubungannya ayat itu sama doa?
Semua orang, besar-kecil-kaya-miskin-item-putih, memang akan mengenal dia. Dosa-dosa kita memang pasti akan diampuni ASAL kita mau bertobat. Masalah doamu didengar apa nggak itu urusan lain lagi; seperti yang sudah dijelaskan Ricci

Ricci wrote:
Kembali ke konteks, jika orang yang tidak benar (baca: pendosa) ingin doanya didengarkan (baca: dikabulkan permohonannya) bukankah logis kalo ia berusaha dulu melayakkan diri agar pantas mendapatkan berkat Tuhan?

_________________
"Childish ideals pale in front of reality" -Citan Uzuki- Xenogears
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
moon



Joined: 20 Jun 2008
Posts: 226

PostPosted: Tue, 18-11-2008 8:47 am    Post subject: Reply with quote

hi all,
saya baca2 di Wiki mengenai denominasi Protestan, tapi saya malah mendapat info baru yang terdengar aneh bagi saya.
begini, mulanya saya kira Gereja Kristen itu terpisah jadi 2 : Katolik dan Protestan (Protestan dengan berbagai ragam denominasi). dan ternyata di dunia ini ada 6 Gereja yaitu Katolik, Protestan, Ortodoks Timur, Anglikan, Ortodoks Oriental, dan Asiria dan sering disebut Restorasionisme sebagai yang ketujuh. apa benar ya? lalu 5 gereja tersebut termasuk Katolik atau Protestan?
setelah saya baca lagi, ternyata di Katolik itu ada Gereja Barat dan Timur, terutama dengan adanya perbedaan masalah kepausan, sosial budaya dan linguistik.

Quote:
Perbedaan-perbedaan mula-mula antara tradisi-tradisi Timur dan Barat berakar pada perbedaan sosial-budaya dan bahasa di dalam dan di antara Kekaisaran Romawi dan Bizantium. Karena bahasa yang digunakan di Barat (artinya, Eropa) lingua francanya adalah Latin dan di Timur ( Timur Tengah, Asia, dan Afrika utara) umumnya bahasa Yunani Koine untuk meyebarkan tulisan-tulisan, perkembangan-perkembangan teologis sulit diterjemahkan dari cabang yang satu kepada yang lainnya. Dalam perjalanan Konsili Ekumenis (pertemuan-pertemuan besar dari para pemimpin Kristen), sebagian kelompok gereja memisahkan diri dari keluarga agama Kristen yang lebih besar. Banyak kelompok penyesat yang mati karena kekurangan pengikut dan/atau tekanan oleh gereja yang lebih luas (seperti misalnya Apolinarian, Montanis, dan Ebionit).

Perpecahan pertama yang penting dan bertahan hingga sekarang dalam agama Kristen yang historis muncul dari Gereja Asiria di Timur, yang memisahkan diri setelah terjadinya pertikaian Kristologis menyangkut Nestorianisme pada 431 (pada 1994 Gereja Asiria menerbitkan sebuah pernyataan kristologis bersama dengan Gereja Katolik). Kini, Gereja Asiria dan Katolik memandang skisma ini umumnya hanya bersifat linguistik, yang disebabkan oleh masalah-masalah dalam menerjemahkan istilah-istilah yang sangat genting secara persis dari bahasa Latin ke dalam bahasa Aram dan sebaliknya (lihat Konsili Efesus). Setelah Konsili Khalsedon pada 451, perpecahan besar berikutnya terjadi ketika Gereja-gereja Suriah dan Alexandria (Mesir atau Koptik) memisahkan diri, dan Gereja-gereja yang keluar tersebut kini disebut sebagai Gereja Ortodoks Oriental. (Sebuah pernyataan kristologis serupa disusun antara Paus Yohanes Paulus II dan Patriarkh Suriah Ignatius Zakka I Iwas, serta antara wakil-wakil Gereja Ortodoks Timur dan Gereja Ortodoks Oriental).

Meskipun gereja secara keseluruhan tidak mengalami perpecahan besar selama berabad-abad sesudah itu, Gereja Timur dan Barat semakin berjauhan hingga pada suatu saat para Patriarkh dari kedua keluarga saling mengekskomunikasi yang lainnya pada 1054 dalam apa yang dikenal sebagai Skisma Besar. Alasan-alasan politik dan teologis untuk skisma ini sangat kompleks, namun salah satu pertikaian besarnya didasarkan pada masalah Keutamaan kepausan: Gereja Barat menuntut bahwa Paus Roma menduduki sebuah posisi kewibawaan khusus atas Patriarkh-patriarkh lainnya (di Alexandria, Antiokia, Konstantinopel, dan Yerusalem), sementara Gereja Timur mengajarkan bahwa semua Patriarkh sederajat dan tidak mempunyai wewenang atas yurisdiksi yang lain-lainnya. Masing-masing gereja menganggap yang lainnya sebagai penyebab perpecahan, dan baru pada tahun 1960-an, di bawah Paus Paulus VI dan Patriarkh Athenagoras, langkah-langkah penting mulai diambil untuk memperbaiki hubungan di antara kedua Gereja ini.


ada berapa macam GK kah? masing2 berbeda ajaran dan Liturgi kah?
bukankah GK adalah Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik?
mohon pencerahan, binun saya .... mungkin saya yang salah ngerti ... Embarassed
Back to top
View user's profile Send private message
LovingStAnthony



Joined: 27 Nov 2006
Posts: 1963
Location: Jakarta

PostPosted: Tue, 18-11-2008 9:52 am    Post subject: Reply with quote

moon wrote:
hi all,
saya baca2 di Wiki mengenai denominasi Protestan, tapi saya malah mendapat info baru yang terdengar aneh bagi saya.
begini, mulanya saya kira Gereja Kristen itu terpisah jadi 2 : Katolik dan Protestan (Protestan dengan berbagai ragam denominasi). dan ternyata di dunia ini ada 6 Gereja yaitu Katolik, Protestan, Ortodoks Timur, Anglikan, Ortodoks Oriental, dan Asiria dan sering disebut Restorasionisme sebagai yang ketujuh. apa benar ya? lalu 5 gereja tersebut termasuk Katolik atau Protestan?

Ortodoks Timur, Ortodoks Oriental dan Asiria, semuanya masuk ke dalam "aliran" Ortodoks.
Anglikan lebih condong ke Protestan
Restorian? Lebih condoh ke Protestan.

moon wrote:
setelah saya baca lagi, ternyata di Katolik itu ada Gereja Barat dan Timur, terutama dengan adanya perbedaan masalah kepausan, sosial budaya dan linguistik.

Iya. Di Barat, ada beberapa ritus, tetapi yang paling utama adalah Ritus Roma, di Timur ada -- setahu saya -- 21 ritus. Coba kamu cari di Wikipedia "Ritus Timur". Semuanya sama-sama mengakui kepemimpinan universal pengganti Rasul Petrus di Roma, yaitu Paus.

moon wrote:
ada berapa macam GK kah?

Satu, yaitu Gereja yang didirikan oleh Yesus di atas Petrus.

moon wrote:
masing2 berbeda ajaran dan Liturgi kah?

Ajaran atau dogma tidak berbeda, sementara liturgi/ritus dan beberapa hal dalam disiplin memang berbeda.

moon wrote:
bukankah GK adalah Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik?

Memang. Kesatuan yang paling kelihatan ditandai oleh pengakuan terhadap kepemimpinan universal Paus di Roma.

Semua yang tidak mengakui kepemimpinan/yurisdiksi universal paus di Roma tergolong: Ortodoks, Anglikan, Protestan, Mormonisme, Saksi Yehova, Scientology, New Age, dan Sekte Pondok Nabi di Bandung
_________________
Back to top
View user's profile Send private message
moon



Joined: 20 Jun 2008
Posts: 226

PostPosted: Tue, 18-11-2008 2:33 pm    Post subject: Reply with quote

LovingStAnthony wrote:
Ortodoks Timur, Ortodoks Oriental dan Asiria, semuanya masuk ke dalam "aliran" Ortodoks.
Anglikan lebih condong ke Protestan
Restorian? Lebih condoh ke Protestan.

aliran ... maksudnya denominasi kaya Protestan?
koq sepertinya ada pengakuan resmi dari Paus bahwa Gereja Ritus Timur ini adalah bagian dari GK Roma.

LovingStAnthony wrote:
Iya. Di Barat, ada beberapa ritus, tetapi yang paling utama adalah Ritus Roma, di Timur ada -- setahu saya -- 21 ritus. Coba kamu cari di Wikipedia "Ritus Timur". Semuanya sama-sama mengakui kepemimpinan universal pengganti Rasul Petrus di Roma, yaitu Paus.

yup sudah saya baca, ada 22 ritus. repot juga ya kalo tiap daerah punya tradisi lalu punya ritus sendiri2. jadi timbul pertanyaan, berarti para klerus nga bisa pindah tugas / daerah donk?

Quote:
Gereja-Gereja Katolik Timur yang menjalin persekutuan penuh dalam iman dan penerimaan otoritas tahta keuskupan Roma, tetap mempertahankan ritus-ritus, hukum-hukum dan kebiasaan-kebiasaan liturgis, serta devosi-devosi tradisional tersendiri, dan memiliki penekanan-penekanan teologis sendiri. Terminologi yang digunakan boleh saja berbeda-beda: sebagai contoh, diosis dan eparki, vikaris jenderal dan protosinselus, Penguatan dan Krisma berturut-turut adalah istilah-istilah Gereja Barat dan Gereja Timur untuk realita-realita yang sama. Menurut tradisi kuno Gereja Katolik yang sampai sekarang masih dipelihara dalam Gereja-Gereja Timur, Sakramen ("Misteri") Pembaptisan dan Krisma umumnya dilayankan bersamaan, yang satu segera sesudah yang lainnya. Setelah dibaptis dan diberi sakramen krisma, bayi-bayi juga diberi sakramen Ekaristi.

maksudnya bagaimana ya?

LovingStAnthony wrote:
Satu, yaitu Gereja yang didirikan oleh Yesus di atas Petrus.

Puji Tuhan. dan terima kasih di Indo hanya ada GK Roma.

LovingStAnthony wrote:
Ajaran atau dogma tidak berbeda, sementara liturgi/ritus dan beberapa hal dalam disiplin memang berbeda.

Setelah saya baca lebih banyak, ya ajaran / dogma sama. tapi ritus jelas beda.
dan ada beberapa perbedaan prinsip dalam kepemimpinan Patriakh, klerus (sebagian klerus boleh menikah??), dan kontroversi mengenai penggunaan roti beragi atau tidak beragi dalam Ekaristi, serta aturan-aturan mengenai pernikahan/perceraian.
whew ... apa nga makin jauh dari GK Roma?

LovingStAnthony wrote:
Memang. Kesatuan yang paling kelihatan ditandai oleh pengakuan terhadap kepemimpinan universal Paus di Roma.
Semua yang tidak mengakui kepemimpinan/yurisdiksi universal paus di Roma tergolong: Ortodoks, Anglikan, Protestan, Mormonisme, Saksi Yehova, Scientology, New Age, dan Sekte Pondok Nabi di Bandung

kalo GK mengakui ritus Timur sebagai bagian dari GK, maksudnya memberi warna lain dalam GK?
Back to top
View user's profile Send private message
LovingStAnthony



Joined: 27 Nov 2006
Posts: 1963
Location: Jakarta

PostPosted: Tue, 18-11-2008 3:14 pm    Post subject: Reply with quote

moon wrote:
LovingStAnthony wrote:
Ortodoks Timur, Ortodoks Oriental dan Asiria, semuanya masuk ke dalam "aliran" Ortodoks.
Anglikan lebih condong ke Protestan
Restorian? Lebih condoh ke Protestan.

aliran ... maksudnya denominasi kaya Protestan?
koq sepertinya ada pengakuan resmi dari Paus bahwa Gereja Ritus Timur ini adalah bagian dari GK Roma.

Gereja Katolik Ritus Timur adalah BENAR-BENAR Gereja Katolik. Ini tidak sama dengan Gereja-Gereja Ortodoks (entah Ortodoks Timur atau Ortodoks Oriental).

moon wrote:
LovingStAnthony wrote:
Iya. Di Barat, ada beberapa ritus, tetapi yang paling utama adalah Ritus Roma, di Timur ada -- setahu saya -- 21 ritus. Coba kamu cari di Wikipedia "Ritus Timur". Semuanya sama-sama mengakui kepemimpinan universal pengganti Rasul Petrus di Roma, yaitu Paus.

yup sudah saya baca, ada 22 ritus. repot juga ya kalo tiap daerah punya tradisi lalu punya ritus sendiri2. jadi timbul pertanyaan, berarti para klerus nga bisa pindah tugas / daerah donk?

Setahu saya, para klerus boleh pindah tugas/daerah di dalam diosis/eparki dalam ritus yang sama. Mis. imam Gereja Katolik ritus Maronit bisa pindah ke paroki atau keuskupan dari ritus Maronit juga. IMHO, kalau pindah antar-ritus atau pelayanan antar-ritus, itu ada aturannya tersendiri.

moon wrote:
Quote:
Gereja-Gereja Katolik Timur yang menjalin persekutuan penuh dalam iman dan penerimaan otoritas tahta keuskupan Roma, tetap mempertahankan ritus-ritus, hukum-hukum dan kebiasaan-kebiasaan liturgis, serta devosi-devosi tradisional tersendiri, dan memiliki penekanan-penekanan teologis sendiri. Terminologi yang digunakan boleh saja berbeda-beda: sebagai contoh, diosis dan eparki, vikaris jenderal dan protosinselus, Penguatan dan Krisma berturut-turut adalah istilah-istilah Gereja Barat dan Gereja Timur untuk realita-realita yang sama. Menurut tradisi kuno Gereja Katolik yang sampai sekarang masih dipelihara dalam Gereja-Gereja Timur, Sakramen ("Misteri") Pembaptisan dan Krisma umumnya dilayankan bersamaan, yang satu segera sesudah yang lainnya. Setelah dibaptis dan diberi sakramen krisma, bayi-bayi juga diberi sakramen Ekaristi.

maksudnya bagaimana ya?

Penekanan teologis itu lebih ke terminologi dan penekanan pada hal tertentu, tetapi tidak dalam perbedaan esensi ajarannya.

Mengenai bayi yang diberi sakramen ekaristi, itu juga menunjukkan bahwa dalam ritus/tradisi mereka, sakramen ekaristi langsung dapat diberikan pada bayi yang baru saja dibaptis dan diberi krisma. Tidak ada perbedaan esensial di sini. Ini sama saja seperti orang baptis dewasa dalam ritus Roma/Barat di mana biasanya baptis, krisma dan ekaristi diberikan sekaligus.

moon wrote:
LovingStAnthony wrote:
Satu, yaitu Gereja yang didirikan oleh Yesus di atas Petrus.

Puji Tuhan. dan terima kasih di Indo hanya ada GK Roma.

Tidak tertutup kemungkinan jika ada Gereja Katolik ritus Timur yang "buka cabang" di sini (IMHO, seharusnya ini karena hal yang alami -- bukan karena mau buka "franchise". Jadi, misalnya, karena ada penduduk atau perantau yang ritusnya ritus Timur). Dan, jika ada, sudah sepantasnya, hierarkinya bergabung dengan KWI.

Jika tidak ada hierarki atau gereja resmi dari ritus Timur di Indonesia, setahu saya, mereka bisa mengikuti ritus Barat (OE 21)

FYI, Gereja Ortodoks Indonesia, punyanya Bambang Nooerseno itu bukan Gereja Katolik, jadi memang tidak bisa gabung ke KWI.

moon wrote:
LovingStAnthony wrote:
Ajaran atau dogma tidak berbeda, sementara liturgi/ritus dan beberapa hal dalam disiplin memang berbeda.

Setelah saya baca lebih banyak, ya ajaran / dogma sama. tapi ritus jelas beda.
dan ada beberapa perbedaan prinsip dalam kepemimpinan Patriakh, klerus (sebagian klerus boleh menikah??), dan kontroversi mengenai penggunaan roti beragi atau tidak beragi dalam Ekaristi, serta aturan-aturan mengenai pernikahan/perceraian.
whew ... apa nga makin jauh dari GK Roma?

Tidak. Justru karena itu hanya masalah disiplin, sama sekali tidak.

moon wrote:
LovingStAnthony wrote:
]Memang. Kesatuan yang paling kelihatan ditandai oleh pengakuan terhadap kepemimpinan universal Paus di Roma.
Semua yang tidak mengakui kepemimpinan/yurisdiksi universal paus di Roma tergolong: Ortodoks, Anglikan, Protestan, Mormonisme, Saksi Yehova, Scientology, New Age, dan Sekte Pondok Nabi di Bandung

kalo GK mengakui ritus Timur sebagai bagian dari GK, maksudnya memberi warna lain dalam GK?

Ritus Timur sudah ada sejak lama. Itu barangkali hanya menunjukkan keragaman tradisi/budaya dalam Gereja Katolik saja.
_________________
Back to top
View user's profile Send private message
moon



Joined: 20 Jun 2008
Posts: 226

PostPosted: Tue, 18-11-2008 3:49 pm    Post subject: Reply with quote

LovingStAnthony wrote:
Gereja Katolik Ritus Timur adalah BENAR-BENAR Gereja Katolik. Ini tidak sama dengan Gereja-Gereja Ortodoks (entah Ortodoks Timur atau Ortodoks Oriental).


maap ... maap ... kelihatannya saya salah tangkap kalau Ortodoks Timur itu termasuk GK Ritus Timur? dari kalimat ini :

Quote:
Namun seiring perjalanan waktu, tumbuh kebiasaan untuk menyebut pihak Timur sebagai Gereja Ortodoks dan pihak Barat sebagai Gereja Katolik, tanpa masing-masing pihak mencabut klaimnya sebagai Gereja ortodoks yang sejati atau Gereja katolik yang sejati. Gereja-Gereja yang berpihak ke Konstantinopel kini secara kolektif dikenal sebagai Gereja Ortodoks Timur.


setelah saya lihat lagi, dalam daftar Ritus Timur memang nga ada Ortodoks. jadi Ortodoks itu bagian mana dari GK, jelas bukan termasuk GK Roma?


LovingStAnthony wrote:
Mengenai bayi yang diberi sakramen ekaristi, itu juga menunjukkan bahwa dalam ritus/tradisi mereka, sakramen ekaristi langsung dapat diberikan pada bayi yang baru saja dibaptis dan diberi krisma. Tidak ada perbedaan esensial di sini. Ini sama saja seperti orang baptis dewasa dalam ritus Roma/Barat di mana biasanya baptis, krisma dan ekaristi diberikan sekaligus.


akh ya, nga ada batas usia tertentu untuk terima Komuni Pertama.


LovingStAnthony wrote:
Tidak tertutup kemungkinan jika ada Gereja Katolik ritus Timur yang "buka cabang" di sini (IMHO, seharusnya ini karena hal yang alami -- bukan karena mau buka "franchise". Jadi, misalnya, karena ada penduduk atau perantau yang ritusnya ritus Timur). Dan, jika ada, sudah sepantasnya, hierarkinya bergabung dengan KWI.

Jika tidak ada hierarki atau gereja resmi dari ritus Timur di Indonesia, setahu saya, mereka bisa mengikuti ritus Barat (OE 21)

FYI, Gereja Ortodoks Indonesia, punyanya Bambang Nooerseno itu bukan Gereja Katolik, jadi memang tidak bisa gabung ke KWI.

okay. thanks infonya.


mohon bertanya, apa sih yang dimaksud kontroversi antara Ritus Timur dan Barat "kontroversi mengenai pokok-pokok tertentu seperti penyisipan klausa Filioque dalam Kredo Nicea oleh pihak Barat"?
Back to top
View user's profile Send private message
LovingStAnthony



Joined: 27 Nov 2006
Posts: 1963
Location: Jakarta

PostPosted: Wed, 19-11-2008 7:27 am    Post subject: Reply with quote

moon wrote:
maap ... maap ... kelihatannya saya salah tangkap kalau Ortodoks Timur itu termasuk GK Ritus Timur? dari kalimat ini :

Quote:
Namun seiring perjalanan waktu, tumbuh kebiasaan untuk menyebut pihak Timur sebagai Gereja Ortodoks dan pihak Barat sebagai Gereja Katolik, tanpa masing-masing pihak mencabut klaimnya sebagai Gereja ortodoks yang sejati atau Gereja katolik yang sejati. Gereja-Gereja yang berpihak ke Konstantinopel kini secara kolektif dikenal sebagai Gereja Ortodoks Timur.

Pertama, "Timur" lebih dimaksudkan secara geografis. Jadi, "di Timur" ada yang Ortodoks (non-Katolik) dan ada yang Katolik.

moon wrote:
setelah saya lihat lagi, dalam daftar Ritus Timur memang nga ada Ortodoks. jadi Ortodoks itu bagian mana dari GK, jelas bukan termasuk GK Roma?

Secara geografis, gereja-gereja yang skismatik yang dimaksud itu banyak berdomisili di Timur:
1. Gereja Asiria [non-Ephesian alias menolak hasil konsili Efesus bercorak nestorian]
2. Gereja Ortodoks Oriental [non-Chalcedonian alias menolak hasil Konsili Chalcedon bercorak monofisit]
3. Gereja Ortodoks Timur [skismatik pasca-tahun 1054]).

Semuanya skismatik, dan berdomisili di Timur.

Nah, banyak (atau sedikit?) di antara Gereja-gereja di Timur itu yang akhirnya kembali ke pangkuan Gereja Katolik (mengakui kepemimpinan Paus) dan mereka yang kembali inilah yang disebut "Gereja Katolik Timur" (or Ritus Timur). Yang tidak kembali, ya tetap disebut "Ortodoks".

moon wrote:
mohon bertanya, apa sih yang dimaksud kontroversi antara Ritus Timur dan Barat "kontroversi mengenai pokok-pokok tertentu seperti penyisipan klausa Filioque dalam Kredo Nicea oleh pihak Barat"?

Kontroversinya lebih antara Katolik dan Ortodoks. Sudah sering dibahas. Coba kamu search dengan menggunakan kata kunci tsb (Filioque).

NB: Ini kan topik "Protestan dan Katolik". Kalau ngomongin "Ortodoks" jadi terlalu OOT good Job
_________________
Back to top
View user's profile Send private message
moon



Joined: 20 Jun 2008
Posts: 226

PostPosted: Wed, 19-11-2008 3:26 pm    Post subject: Reply with quote

LovingSt.Anthony wrote:
Kontroversinya lebih antara Katolik dan Ortodoks. Sudah sering dibahas. Coba kamu search dengan menggunakan kata kunci tsb (Filioque).


okay, saya akan manfaatkan search engine, mudah2an ketemu.

LovingSt.Anthony wrote:
NB: Ini kan topik "Protestan dan Katolik". Kalau ngomongin "Ortodoks" jadi terlalu OOT good Job


ooppsss... maap kalo OOT. case closed.
many thanks. Gbu. Ketawa
Back to top
View user's profile Send private message
Kamadhatu



Joined: 05 Nov 2008
Posts: 5

PostPosted: Fri, 21-11-2008 9:56 am    Post subject: Kok ribut terus seh... Reply with quote

Yesus adalah kepala Gereja, dan Gereja adalah tubuhNya dan keduanya adalah satu [Christus totus]
AGAMA KRISTEN YANG BENAR KATOLIK , sebab didirikan oleh KRISTUS YESUS / ALLAH BAPA sendiri.

Kedua pernyataan itu benar adanya dan sangat benar.

Yang jadi masalah kan KATOLIK ini KATOLIK yang adalah umum alias universal atawa KATOLIK yang lembaga atawa organisasi yang dipimpin paus?

Kalo yang katolik pasti akan ngomong KATOLIK yang organisasi, kalo yang non KATOLIK ya yang universal alias Yesus Kristus.
Kalo saia, yang Tubuh Kristus. Jadi kenapa pada ribut? Kebenaran cuma pada TUHAN sendiri.
_________________
TUHAN, kiranya Roh Kudusmu memenuhi seluruh hati, jiwa, dan pikiranku serta membersihkannya dari segala hal yang sia-sia. Amin!
Back to top
View user's profile Send private message
LovingStAnthony



Joined: 27 Nov 2006
Posts: 1963
Location: Jakarta

PostPosted: Fri, 21-11-2008 10:49 am    Post subject: Re: Kok ribut terus seh... Reply with quote

Kamadhatu wrote:
Kalo yang katolik pasti akan ngomong KATOLIK yang organisasi, kalo yang non KATOLIK ya yang universal alias Yesus Kristus.

Lho, orang Katolik ngaku Katolik, apa anehnya? Memang di KTP-nya tertulis begitu (juga nama gerejanya). Lha, kalau anggota gereja Advent mengaku Katolik, itu justru aneh.

Lagipula, apakah karena semuanya yang mengaku mengikuti Yesus adalah Katolik, apakah berarti anggota gereja Mormon dan Saksi Yehova juga adalah Katolik (mereka kan mengaku ikut Yesus juga)?

Coba, kamu lihat-lihat dulu topik di sini, keliling-keliling. Di sini banyak topik2 yang menarik.
_________________
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Previous Next
Page 49 of 50

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17