FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Tentang Patung..    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
spicesonic



Joined: 22 Jan 2005
Posts: 177

PostPosted: Sun, 23-01-2005 11:17 pm    Post subject: Tentang Patung.. Reply with quote

Helo saya orang baru, mau tanya nih..
kenapa di gereja katolik, ada banyak patung patung, seperti patung yesus, patung maria, patung orang kudus, dsb.. bukankah di larang...
walaupun katanya patung tsb cuma di buat sebagai sarana agar kita bisa ingat Tuhan.. gua bisa ngerti.. atau dijadikan sebagai pajangan seperti patung patung yang ada di taman, di museum, gua bisa ngerti... dan menerimanya..

tapi anehnya.. kok banyak orang katolik yang menaruh bunga, lilin, kalung bunga, dsb.. di depan patung atau gambar tsb.. bahkan sampai bersujud, mencium kaki patung tsb, dsb.. bukankan itu sama seperti ritual pemujaan. penyembahan.. walaupun itu patung yesus atau maria... tapi patung tetap patung.. kenapa mesti sampai demikian.. apakah memang di benarkan oleh gereja untuk menaruh bunga, lilin, dan sebagainya bahkan bersujud, berlutut, dsb..

ini gua attact gambar maria (our lady of the good health at vailankanni)



Patung tsb bahkan di kalungi dengan bunga melati di gereja katolik di tempat gua.. pokoknya mirip dewi hindu gitu... untung belum di kasih sesajen...

gua sampai terkejut loh.. kirain gua salah masuk gereja, gua kira gua masuk ke temple nya orang hindu..

mohon penjelasannya yah....

Quote:

Kel 20:1 Lalu Allah mengucapkan segala firman ini:

Kel 20:2 "Akulah TUHAN, Allahmu, yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari tempat perbudakan.

Kel 20:3 Jangan ada padamu allah lain di hadapan-Ku.

Kel 20:4 Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah, atau yang ada di dalam air di bawah bumi.

Kel 20:5 Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, adalah Allah yang cemburu, yang membalaskan kesalahan bapa kepada anak-anaknya, kepada keturunan yang ketiga dan keempat dari orang-orang yang membenci Aku,

Kel 20:6 tetapi Aku menunjukkan kasih setia kepada beribu-ribu orang, yaitu mereka yang mengasihi Aku dan yang berpegang pada perintah-perintah-Ku.
Back to top
View user's profile Send private message
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10848
Location: Orange County California

PostPosted: Mon, 24-01-2005 4:39 am    Post subject: Reply with quote

Gampang. Tanya saja pada mereka-mereka apakah yang disembah adalah patungnya atau apa yang diwakilkan oleh patung itu.


Plus, di Kel 25:18-20 Allah memerintahkan untuk membuat Patung. Dan Allah juga MEMBUNUH mereka yang tidak layak yang menyentuh patung itu (dannjuga seluruh tabut perjanjian tentunya). Bayangkan, MEMBUNUH, orang yang menyentuh patung. Bukannya kalau pakai cara pikir orang kafir maka praktek ini sudah sangat cocok sekali?


Dari Catholic.com (BHS INggris)
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
spicesonic



Joined: 22 Jan 2005
Posts: 177

PostPosted: Mon, 24-01-2005 7:48 am    Post subject: Reply with quote

Quote:

Gampang. Tanya saja pada mereka-mereka apakah yang disembah adalah patungnya atau apa yang diwakilkan oleh patung itu.


kalau ditanya semua akan bilang bahwa yang di sembah adalah yang di wakilkan, trus kalau patung tsb adalah bunda maria, berarti mereka menyembah bunda maria dong? trus apa bedanya dengan agama buddha, tri dharma, hindu, yang juga membuat patung patung.. mereka pun akan menjawab hal yang sama bahwa mereka menyembah yang diwakilkan.. trus kalau begitu.. bagaimana dengan yang melakukan penyembahan terhadap pohon besar, mereka juga menganggap bahwa menyembah pencipta pohon tsb...
trus apa bedanya dengan agama Islam, yang di haruskan sembahyang menghadap arah kiblat... (ke arah kabah)? dimana tradisi menghadap arah tertentu, sama seperti sewaktu bangsa israel di haruskan menghadap ke arah tabut perjanjian..


Quote:

Plus, di Kel 25:18-20 Allah memerintahkan untuk membuat Patung. Dan Allah juga MEMBUNUH mereka yang tidak layak yang menyentuh patung itu (dannjuga seluruh tabut perjanjian tentunya). Bayangkan, MEMBUNUH, orang yang menyentuh patung. Bukannya kalau pakai cara pikir orang kafir maka praktek ini sudah sangat cocok sekali?



Allah menyuruh untuk membuat tabut perjanjian, dimana di dalam tabut perjanjian tsb akan di taruh batu loh tsb.. tapi mereka tidak menyembah tabut perjanjian tsb kan? meletakkan kurban persembahan di depan tabut.. dsb.. tapi mereka melakukan kurban persembahan di ruangan khusus.

yang menyentuh tabut perjanjian tsb akan mati, karena tabut perjanjian tsb kudus, suci, dan hal yang suci tidak bisa bersatu dengan yang dosa, karena manusia adalah dosa... jangankan menyentuh, melihat saja juga bisa mati..

tetapi untunglah Yesus telah datang kedunia ini.. Yesus adalah Kurban persembahan yang paling sempurna... sehingga tidak diperlukan lagi kurban kurban persembahan berikutnya untuk menyenangkan Allah..
dan karena darah yesus, maka hubungan kita dengan Allah menjadi baik kembali.

mohon kasih penjelasan... alasannya mengapa gereja tidak melarang ?.. seperti saya bilang sebelumnya, kalau di buat patung ataupun foto cuma sebagai hiasan, pajangan, itu adalah indah.. tapi gak perlu sampai bedoa d depannya kan? taruh lilin, trus kalau kasih sesajen boleh gak? walaupun kita anggap bahwa yang kita kasih itu yang di wakilkan..
Back to top
View user's profile Send private message
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10848
Location: Orange County California

PostPosted: Mon, 24-01-2005 8:45 am    Post subject: Reply with quote

Quote:
kalau ditanya semua akan bilang bahwa yang di sembah adalah yang di wakilkan, trus kalau patung tsb adalah bunda maria, berarti mereka menyembah bunda maria dong?

Tidak. Dihormati.

Kalau kamu menabur kembang ke makam, baik pahlawan maupun orangtua/leluhur, apakah itu berarti kamu menyembah mereka?

Quote:
trus apa bedanya dengan agama buddha, tri dharma, hindu, yang juga membuat patung patung.. mereka pun akan menjawab hal yang sama bahwa mereka menyembah yang diwakilkan.. trus kalau begitu.. bagaimana dengan yang melakukan penyembahan terhadap pohon besar, mereka juga menganggap bahwa menyembah pencipta pohon tsb...

Silahkan tanya pada mereka. Kalau memang mereka menyembah patungnya atau pohonnya maka mereka adalah pagan.

Dan kalaupun mereka menyembah yang diwakilkan lihat dulu siapa yang diwakilkan. Budha sendiri adalah manusia. Berarti menyembah manusia, berarti itu tidak benar.

Kalau mereka mengaku mereka menghormati, ya silahkan saja. Gereja Katolik tidak pernah menyatakan secara pasti apakah Budha ataupun “Datuk Kyai ABC” berada di neraka. Hanya kalau sudah pasti mereka berada di neraka maka penghormatan pada mereka tidak ada gunanya. Tapi “sepertinya” mereka memang tidak di surga, jadi penghormatan pada mereka tidak akan terlalu bermanfaat.



Quote:
trus apa bedanya dengan agama Islam, yang di haruskan sembahyang menghadap arah kiblat... (ke arah kabah)? dimana tradisi menghadap arah tertentu, sama seperti sewaktu bangsa israel di haruskan menghadap ke arah tabut perjanjian..

Tidak ada salahnya berdoa mengarah ke arah tertentu. Kalau kamu punya alasan mengapa ini salah, silahkan dikemukakan.

Quote:
Allah menyuruh untuk membuat tabut perjanjian, dimana di dalam tabut perjanjian tsb akan di taruh batu loh tsb.. tapi mereka tidak menyembah tabut perjanjian tsb kan?

Silahkan tanyakan umat Katolik mana yang menyembah patung.

Quote:
meletakkan kurban persembahan di depan tabut.. dsb.. tapi mereka melakukan kurban persembahan di ruangan khusus.

Umat Katolik mana yang memberikan “kurban persembahan”? Aturannya pakai apa? Apakah pakai hukum musa seperti di Keluaran dan Ulangan?

Terus, omong-omong tolong diberitahu Gereja Katolik mana yang melakukan ini sehingga aku bisa kesana untuk antri daging kurban Ketawa Ngakak

Cuma ada SATU PERSEMBAHAN TAHIR yang dilakukan Umat Katolik. Yaitu persembahan yang sama yang dilakukan Imam Agung Utama Gereja, yaitu Yesus Kristus. Persembahan tersebut adalah diriNya sendiri. Inilah yang terjadi pada Liturgi Ekaristi.

Quote:
yang menyentuh tabut perjanjian tsb akan mati, karena tabut perjanjian tsb kudus, suci, dan hal yang suci tidak bisa bersatu dengan
yang dosa, karena manusia adalah dosa... jangankan menyentuh, melihat saja juga bisa mati..

Heh?! Cuma kotak dan batu saja kok bisa punya kuasa seperti itu. Bukannya ini adalah praktek yang kafir sekali?

Quote:
tetapi untunglah Yesus telah datang kedunia ini.. Yesus adalah Kurban persembahan yang paling sempurna... sehingga tidak diperlukan lagi kurban kurban persembahan berikutnya untuk menyenangkan Allah.. dan karena darah yesus, maka hubungan kita dengan Allah menjadi baik kembali.

Dan memang Gereja Katolik tidak mengadakan persembahan lain.

Quote:
mohon kasih penjelasan... alasannya mengapa gereja tidak melarang ?

Karena umat sudah diberi pengertian yang cukup. Memang akan ada satu atau dua yang mungkin salah mengerti, tapi ini tidaklah membuat praktek yang memang tidak ada salahnya dan dapat membantu iman harus dihentikan. Sampai sekarang tidak ada yang mengerti misteri Trinitas, lalu apakah Trinitas tidak perlu diajarkan?

Quote:
.. seperti saya bilang sebelumnya, kalau di buat patung ataupun foto cuma sebagai hiasan, pajangan, itu adalah indah.. tapi gak perlu sampai bedoa d depannya kan?

Silahkan tanya orang yang berdoa didepan patung apakah dia berdoa kepada patung tersebut.

Quote:
taruh lilin, trus kalau kasih sesajen boleh gak? walaupun kita anggap bahwa yang kita kasih itu yang di wakilkan.

Bila kita sedang berdoa namun harus segera pergi maka kita bisa menyalakan lilin supaya kesan kehadiran kita dan doa kita tetap ada untuk beberapa lama.


Sesajen sebenarnya tidak perlu. Lebih baik diberikan ke umat.
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
spicesonic



Joined: 22 Jan 2005
Posts: 177

PostPosted: Mon, 24-01-2005 10:03 am    Post subject: Reply with quote

Thanks yah atas penjelasannya.. cuma kayaknya masih kurang memuaskan Ketawa

mengenai arah kiblat, bukan salah, cuma tradisi ini sudah tidak perlu lagi, soalnya Yesus sendiri mengatakan kerajaan surga berada di antara kita..
makanya katolik atau kristen berdoa tidak mesti menghadap ke arah tertentu.. yang ingin gua jelaskan disini, agama islam mengadopsi ajaran yahudi (TAURAT) gitu.. ini pemikiran gua loh.

trus apakah karena patung yesus baru namanya di sembah, kalau maria di hormati? secara tidak langsung kan kesannya menyembah juga. apakah kalau kita menghormati guru kita, kita mesti berlutut di depan guru kita?

menurut saya, Selain Yesus, pemuka agama apapun dia, baik Buddha, Muhammad, DSB, semuanya KENERAKA..
alasannya : 1. Buddha, walaupun dia tidak membunuh, mencuri, dsb, tapi dia sudah melanggar perintah pertama, dimana buddha sendiri sudah mau menjadi Tuhan, dan tidak beribadah pada Tuhan..
2. Muhammad, gak sudah di jelaskan lagi.. sudah jelas masuk neraka..
dan Yesus juga sudah menutup kemungkinan bahwa hanya YESUS lah satu satunya jalan menuju ke SURGA. di luar yesus.. MATI (NERAKA). gak ada jalan lain selain yesus. sebab Yesus lah JALAN, KEBENARAN DAN HIDUP.
Buddha cuma bilang I FOUND A WAY. tapi YESUS said I AM THE WAY.

Kalau berdoa di depan Patung atau Foto bunda maria atau Yesus. takutnya menjadi dosa.. walaupun pemikiran kita hanya pada YESUS yang di surga.

pagan artinya apa?

Quote:

Umat Katolik mana yang memberikan “kurban persembahan”? Aturannya pakai apa? Apakah pakai hukum musa seperti di Keluaran dan Ulangan?


saya tidak bilang katolik dalam hal ini, ini adalah sewaktu jaman musa, hingga jaman yesus (lihat sewaktu zakharia)..

tapi terus terang web ini sangat membatu saya dalam memperdalam iman katolik saya.. awalnya gua ragu dan takut kalau berdoa melalui bunda maria, tetapi setelah melihat penjelasannya gua jadi ngerti, jadi mohon penjelasannya. dan tidak bosan bosannya menjawab pertanyaan saya.. Ketawa

thanks
Back to top
View user's profile Send private message
Tony
Evangelos


Joined: 20 Jan 2004
Posts: 4642
Location: Disini, ngga kelihatan apa?

PostPosted: Mon, 24-01-2005 10:48 am    Post subject: Reply with quote

Gampang banget untuk membedakan antara menyembah dan menghormati.

ini satu contoh yg supersonic pasti dapat mengerti.

Kamu pasti tau perbedaanya bila kamu mengatakan "Aku mencintaimu"

1. cinta dan artinya akan berbeda bila kamu mengatakannya kepada Tuhan. Ini membuktikan kita percaya, sayang, taat, takut, pasrah, butuh yg tidak terbayangkan...... apakah kita berkata demikian akan berarti kita seksual kepada Tuhan? Tidak toh!

2. Menyatakannya kepada Ortu.
Ini menunjukan sayang, hormat dan berterima kasih. Apakah berarti kita menyatakan cinta dengan perasaan seksual kepada ortu? Tidak toh! Sedangkan kita sama menyatakan kata2 yg sama "Aku mencintaimu" ... apakah kita patut dihakimi bahwa pernyataan tsb adalah seksual kepada ortu? Tidak, karena bukan seksual toh!

3. Menyatakannya kepada pacar, suami atau istri. Ini menunjukan sayang, secara seksual, pembagian hidup, saling mengerti, cemburu dan berkorban.

4. Menyatakannnya kepada anak. Ini menunjukan sayang, mendidik, memberi nafkah, disiplin, khawatir ...... bertanggung jawab. Apakah bisa kita katakan bahwa ortu mengatakan cinta kepada anak dengan disatukan sebagai pasang seksual? tidak toh!

itu hanya satu contoh dengan mengucapkan "Aku mencintaimu" .....

Berdoa juga sama, kita tau bedanya kita berdoa kepada siapa .... sama seperti menyatakan "Aku mnencintaimu"

Harus tau bedanya ...
_________________
Salam dan doa
F A Q
It fails to show just how the world is divided. Evil stands for division against unity. In union with God and His miracles I see my self everyday in the mirror. I am a miracle that science still is at it's heels glancing up a vast yet unacceptable impossibility, a climb to faith. Science can't and will never explain God, for science is only capable in calculating the calculable. How is science to measure anything outside of time and space that started time and space, how is the created to measure the creator? Science is an apathy of one who seeks his heart and yet refuse to see it,
Tony B Mat 12:32 Jangan membohongi diri!
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  12:32Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Back to top
View user's profile Send private message
Athanasios
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Feb 2004
Posts: 4198

PostPosted: Mon, 24-01-2005 7:42 pm    Post subject: Reply with quote

Bil 21:5 Lalu mereka berkata-kata melawan Allah dan Musa: "Mengapa kamu memimpin kami keluar dari Mesir? Supaya kami mati di padang gurun ini? Sebab di sini tidak ada roti dan tidak ada air, dan akan makanan hambar ini kami telah muak."

Bil 21:6 Lalu TUHAN menyuruh ular-ular tedung ke antara bangsa itu, yang memagut mereka, sehingga banyak dari orang Israel yang mati.

Bil 21:7 Kemudian datanglah bangsa itu mendapatkan Musa dan berkata: "Kami telah berdosa, sebab kami berkata-kata melawan TUHAN dan engkau; berdoalah kepada TUHAN, supaya dijauhkan-Nya ular-ular ini dari pada kami." Lalu Musa berdoa untuk bangsa itu.

Bil 21:8 Maka berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Buatlah ular tedung dan taruhlah itu pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut, jika ia melihatnya, akan tetap hidup."
Bil 21:9 Lalu Musa membuat ular tembaga dan menaruhnya pada sebuah tiang; maka jika seseorang dipagut ular, dan ia memandang kepada ular tembaga itu, tetaplah ia hidup.

Lihat TUHAN menyuruh untuk membuat patung.

Kel 25:18 Dan haruslah kaubuat dua kerub dari emas, kaubuatlah itu dari emas tempaan, pada kedua ujung tutup pendamaian itu.

Kel 25:19 Buatlah satu kerub pada ujung sebelah sini dan satu kerub pada ujung sebelah sana; seiras dengan tutup pendamaian itu kamu buatlah kerub itu di atas kedua ujungnya.

Kel 25:20 Kerub-kerub itu harus mengembangkan kedua sayapnya ke atas, sedang sayap-sayapnya menudungi tutup pendamaian itu dan mukanya menghadap kepada masing-masing; kepada tutup pendamaian itulah harus menghadap muka kerub-kerub itu.

Kel 25:22 Dan di sanalah Aku akan bertemu dengan engkau dan dari atas tutup pendamaian itu, dari antara kedua kerub yang di atas tabut hukum itu, Aku akan berbicara dengan engkau tentang segala sesuatu yang akan Kuperintahkan kepadamu untuk disampaikan kepada orang Israel."

Kel 26:1 "Kemah Suci itu haruslah kaubuat dari sepuluh tenda dari lenan halus yang dipintal benangnya dan dari kain ungu tua, kain ungu muda dan kain kirmizi; dengan ada kerubnya, buatan ahli tenun, haruslah kaubuat semuanya itu.

Kel 26:31 Haruslah kaubuat tabir dari kain ungu tua, dan kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya; haruslah dibuat dengan ada kerubnya, buatan ahli tenun.

Kel 36:8 Lalu semua ahli di antara tukang-tukang itu membuat Kemah Suci dari sepuluh tenda dari lenan halus yang dipintal benangnya dan dari kain ungu tua, kain ungu muda dan kain kirmizi; dengan ada kerubnya, buatan ahli tenun, dibuat orang semuanya itu.

Kel 36:35 Dibuatlah tabir itu dari kain ungu tua, dan kain ungu muda, kain kirmizi dan lenan halus yang dipintal benangnya; dibuat dengan ada kerubnya, buatan ahli tenun.

Kel 37:7 Dibuatnyalah dua kerub dari emas, dari emas tempaan dibuatnya itu, pada kedua ujung tutup pendamaian itu,

Kel 37:8 satu kerub pada ujung sebelah sini dan satu kerub pada ujung sebelah sana; seiras dengan tutup pendamaian itu dibuatnya kerub itu pada kedua ujungnya.

Kel 37:9 Kerub-kerub itu mengembangkan kedua sayapnya ke atas, sayap-sayapnya menudungi tutup pendamaian itu dan mukanya menghadap kepada masing-masing; kepada tutup pendamaian itulah menghadap muka kerub-kerub itu.

Di ayat-ayat diatas juga Tuhan menyuruh untuk membuat patung.

Jadi tidak perlu ada masalah dengan patung, OK?
_________________
Sancta et catholica Ecclesia, quae est corpus Christi mysticum
- Konsili Oikumenis Vatikan II Orientalum Ecclesiorum art.2
Back to top
View user's profile Send private message
Limbuk



Joined: 27 Jan 2004
Posts: 175

PostPosted: Mon, 24-01-2005 8:47 pm    Post subject: Reply with quote

Spice,
saya pernah tahu nih ....
ketika salah satu paroki merenovasi patung bunda Maria di gua pastoran, renovasi dilakukan oleh salah seorang umat yang memang pematung. Kalau saya perhatikan dengan seksama .... eh .... patung itu mirip-mirip deh sama isterinya .... piye hayo .... apa perlu disuruh merenovasi lagi?

Gak saya tanyakan pada yg bersangkutan. Gak enak to. Wong Pastor Parokinya aja pada gak tanya .... Cool Shocked Cool

Hi hi hi ......
_________________
Berani Hidup bersama Kristus yang bangkit
Back to top
View user's profile Send private message
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10848
Location: Orange County California

PostPosted: Tue, 25-01-2005 8:16 am    Post subject: Reply with quote

spicesonic wrote:
Thanks yah atas penjelasannya.. cuma kayaknya masih kurang memuaskan

Silahkan bertanya terus kalau memang belum jelas.

Quote:
mengenai arah kiblat, bukan salah, cuma tradisi ini sudah tidak perlu lagi, soalnya Yesus sendiri mengatakan kerajaan surga berada di antara kita.. makanya katolik atau kristen berdoa tidak mesti menghadap ke arah tertentu..

Kalau kerajaan surga sudah berada diantara kita maka bolehkah kita berdoa di WC? Bukannya Tuhan itu memang ada dimana-mana?

Masalahnya disini adalah kepantasan ataupun alasan-alasan lainnya. Kadang-kadang kita melakukan sesuatu yang memang tidak perlu sekali tapi tidak ada salahnya dilakukan. Seperti diorama gua pada saat Natal dengan gembala, palungan, orang majus dll. Apakah ini perlu? Tidak. Tapi ini bagaikan tradisi (dengan “t” kecil) yang dilakukan banyak Gereja termasuk di Vatikan sendiri.
Yesus sendiri tidak mengecam tradisi yang tidak bertentangan dengan perintah Allah (Bdk “Kursi Musa”)

Quote:
yang ingin gua jelaskan disini, agama islam mengadopsi ajaran yahudi (TAURAT) gitu.. ini pemikiran gua loh.

Banyak sekali kesalahan di ajaran Islam. Tentang kiblat itu, aku pikir juga gak terlalu bermasalah. Dulu, kalau gak salah, Gereja-gereja selalu menghadap arah tertentu. Kenapa? Karena pada Misa umat seakan-akan hadir di Calvary saat Yesus disalibkan. Karena itu Gereja diarahkan kesana (Romo menghadap Timur).

Quote:
trus apakah karena patung yesus baru namanya di sembah, kalau maria di hormati?

Patung Yesus --> Patungnya sebagai simbol. Orangnya yang disembah
Patung Maria --> Patngnya sebagai simbol. Orangnya dihormati.

Cuma itu.
Quote:
secara tidak langsung kan kesannya menyembah juga.

“Kesan” hanyalah prasangka yang kadang-kadang sering tidak sesuai dengan fakta. Di bank kadang-kadang ada seorang Om yang berpakaian gembel dengan celana pendek dan sandal jepit. Tapi siapa yang tahu kalau si Om sebenarnya punya rekening ratusan juta dollar?
Kita sebaiknya membuat penilaian berdasarkan fakta dan bukan prasangka ataupun asumsi kita. Karenanya aku terus menyuruh kamu untuk langsung tanya saja terhadap orang yang “kamu pikir” menyembah patung. Jangan biarkan prasangka kamu menilai secara salah dan bertentangan dengan fakta.
Quote:
apakah kalau kita menghormati guru kita, kita mesti berlutut di depan guru kita?

Yah silahkan saja. Jaman dulu memang orang berlutut pada Guru. Jaman sekarang kadang-kadang juga begitu. Kalau berguru pada pembuat pedang samurai handal di Jepang, mungkin sang calon murid harus berlutut dahulu.

Dan biasanya para menteri Inggris ataupun bangsawan Inggris juga berlutut didepan Ratu mereka.
Quote:
menurut saya, Selain Yesus, pemuka agama apapun dia, baik Buddha, Muhammad, DSB, semuanya KENERAKA..

Kemungkinan besar. Tapi kita tidak tahu. Aku sih yakin paling 95%. Gak bisa 100% karena kesannya mencobai Tuhan.
Quote:

Kalau berdoa di depan Patung atau Foto bunda maria atau Yesus. takutnya menjadi dosa.. walaupun pemikiran kita hanya pada YESUS yang di surga.

Kalau memang ada yang takut sebaiknya tidak dilakukan. Perasaan ini memang patut dimaklumi dan seharusnya orang itu tidak dipaksa untuk berdoa didepan patung supaya tidak men-skandal-i-nya. Bagi orang lain yang memang tidak ada masalah maka praktek berdoa dimuka patung tidak ada salahnya.

Quote:
pagan artinya apa?

Kafir.
Quote:
saya tidak bilang katolik dalam hal ini, ini adalah sewaktu jaman musa, hingga jaman yesus (lihat sewaktu zakharia)..

Nggak, kamu seakan-akan bilang kalau umat Katolik sekarang itu memberikan sesajen didepan patung. Terus terang aku belum tahu itu. Meskipun ini terjadi bisa dipastikan bahwa maknanya hanyalah simbolik. Kalaupun praktek ini menjadi suatu tradisi aku hanya ingin tahu aturan sesajnnya itu apa?


Kolekte sendiri sebenarnya merupakan sesajen. Kita memberikan jerih payah kita (Romo: “Hasil jerih payah umatmu”) yang tidak sempurna, yang kemudian disatukan dengan satu-satunya korban yang sempurna yaitu Tubuh Kristus. Sesajen umat biasa di Ekaristi adalah:


Korban Imamat Umum
Tugas paling utama Imamat adalah mempersembahkan Korban (disamping tugas lain yang bisa dilihat di katekismus No:1547). Kalau begitu korban apakah yang diberikan oleh Umat Israel di Perjanjian Lama dan kita Umat Katolik di Perjanjian baru?

Berikut dari Jimmy Akin:

New Testament: Spiritual sacrifices
Of course every priesthood has sacrifices to offer. As 1 Peter 2:5 states, we in the universal priesthood have spiritual sacrifices we give to God. Romans 12:1 says we offer our bodies. Philippians 4:18 says we offer our donations. And Hebrews 13:15-16 state that we offer our praise, our good deeds, and our sharing with others.

Old Testament: Spiritual sacrifices too (Hos 14:2)
These were the same things offered by ordinary Jews
as members of the Old Testament universal priesthood. They could pray to God; they could offer him praises; they could offer donations and good deeds; and they could offer their bodies in his service. In all of those things they were like us, offering up their own spiritual sacrifices to God. In fact, one of the references I cited, Hebrews 13:15-16, which says we offer the sacrifice of praise, the fruit of our lips, is a reference to the Hosea 14:2, in which the Israelites are urged to promise to offer him the sacrifice of their lips in praise.



Diatas adalah bagian tulisanku disini


Quote:
tapi terus terang web ini sangat membatu saya dalam memperdalam iman katolik saya.. awalnya gua ragu dan takut kalau berdoa melalui bunda maria, tetapi setelah melihat penjelasannya gua jadi ngerti, jadi mohon penjelasannya. dan tidak bosan bosannya menjawab pertanyaan saya..

thanks

Tidak akan bosan. Silahkan.
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
- O -
Penghuni Ekaristi


Joined: 21 Jan 2004
Posts: 1876

PostPosted: Tue, 25-01-2005 2:19 pm    Post subject: Reply with quote

Nambah... biasanya dari patung merembet ke Maria dan Orang-orang Kudus :

Quote:
Q: kenapa di Katolik ada ptaung bunda maria?? Bukankah anda percaya dengan yang namanya 10 Perintah Allah, yg salah satunya berbunyi "jg ada bagimu patung yg menyerupai apapun blablabla...."



1. Sepuluh perintah Allah yang didalamnya tertulis tidak boleh membuat patung ada di Kel 20:4 : Jangan membuat bagimu patung yang menyerupai apa pun yang ada di langit di atas, atau yang ada di bumi di bawah.... dst.
Tidak boleh ditafsirkan sebagai : tidak boleh membuat patung titik.
Jaman sekarang pasti banyak pematung, pemahat dll yang beragama Kristen Protestant dan jika larangan ini benar-benar diterapkan, seharusnya mereka mencari pekerjaan lain .
Tapi tidak perlu seperti demikian !!, karena memang perintah di ayat 4 ini harus dihubungkan dengan perintah di ayat 3 : Jangan ada padamu allah lain (huruf kecil) di hadapan-Ku, dan juga ayat 5 : Jangan sujud menyembah kepadanya atau beribadah kepadanya, sebab aku Tuhan, Allahmu adalah Allah yang cemburu,... dst....
Juga Kel 23:24 --> Jadi.... larangan pembuatan patung selalu HARUS dihubungkan dengan BERHALA = Allah lain.

Larangan-larangan membuat patung yang lain : Imamat 26:1, Bil 33:52, Ul 4:16-25, Yos 8:31 dan masih banyak lagi ayat-ayat lain. Semuanya berhubungan dengan PENYEMBAHAN BERHALA.

Posisi Katholik adalah jelas bahwa Patung digunakan sebagai sarana untuk berkonsentrasi dan mengarahkan pikiran kepada tujuan doa. Jadi sama sekali BUKAN MENYEMBAH BERHALA.
Apakah pelaksanaan yang keliru bisa terjadi ? mungkin saja ! Tapi itu menjadi tugas kita semua untuk mengingatkan. Yang jelas, ide dasar dan pelaksanaannya oleh Gereja tidak mengandung unsur penyembahan berhala. Penghormatan, menunjukkan rasa cinta tidak sama dengan menyembah berhala, sama seperti kita menaruh foto orang tua atau kekasih kita di pigura yang indah, kita hiasi dan kita beri bunga disampingnya, untuk menunjukkan penghormatan / kasih / perhatian kita.

Lain dari pada itu, mengapa pada PL banyak ayat yang melarang pembuatan patung :
ada faktor perkembangan kedewasaan manusia, dimana pada jaman Musa, pahatan, ukiran dan patung selalu ditujukan bagi penyembahan ilah-ilah lain. Karenanya pada jaman itu pembuatan Patung/ukiran dll dilarang. Namun seiring dengan bertumbuhnya kesadaran manusia, manusia sudah bisa membedakan antara patung yang digunakan sebagai 'sarana' atau 'media' dengan 'ilah' yang dilarang. Penyembahan, doa dan penghormatan, tetap ditujukan kepada Tuhan.
Perkembangan kedewasaan dan cara Allah 'mengajar' manusia tampak jelas bila kita melihat bagaimana hukum taurat 'diganti' dengan hukum dan perjanjian yang baru oleh Yesus.
Masih banyak lagi perkembangan kedewasaan pikiran ini, makanan yang najis, perkawinan / perceraian, hidup selibat, sunat, taurat dll.

Lihat kehancuran pandangan yang ekstrim bahwa manusia TIDAK BOLEH MEMBUAT PATUNG SAMA SEKALI sekali disini : Kel 25:18-20 --> Allah sendiri menyuruh Israel membuat 2 kerub dari emas pada tutup tabut perjanjian.

Untuk dapat merasakannya, seorang Protestant harus MENCOBA datang di perayaan-perayaan Katholik, dan mereka akan tahu bahwa setiap upacara, doa dan penyembahan sebenarnya ditujukan kepada Yesus, bukan kepada Maria atau para santo-santa. Silahkan dibuktikan sendiri daripada ribut saja tanpa pernah tau bagaimana kejadiannya .


2. Lantas, mengapa kita perlu menghormati Maria :
- Pertama, Yesus sebagai 100% Allah dan 100% manusia, secara sempurna telah memenuhi hukum Allah, dengan menghormati 'ayah' dan 'ibu' nya, (menghormati = kabodah = memuliakan). Ia tidak saja secara sempurna menghormati Bapa surgawiNya, namun juga secara sempurna menghormati ibu duniawiNya dengan curahan kemuliaan ilahiNya sendiri kepadanya.
- Dan tujuan Yesus datang adalah supaya manusia bisa mencontoh Dia, agar serupa dengan Dia, menghormati ibu Kristus sendiri dengan rasa hormat yang sama seperti Kristus menghormati ibuNya.
Lukas 1:42-45 mengisahkan keistimewaan Maria.


3. Mind barrier lainnya yang banyak mengganggu bagi orang Protestant adalah ayat di Kel 20:5 : jangan menyembah atau beribadah kepadanya (patung / icon-icon berhala lain). Bagi orang Protestant, ibadah berarti berdoa, bernyanyi dan berkhotbah, sehingga ketika ini diarahkan kepada Maria, maka orang Protestant menganggap orang Katholik sedang melakukan penyembahan kepada Maria.
Bagi orang Katholik ibadah kepada Allah dilakukan dengan melakukan kurban tubuh dan darah Kristus dalam sakramen ekaristi. kurban tsb tidak pernah diarahkan kepada Maria atau orang-orang Kudus lainnya. Penyembahan selalu diarahkan pada Allah. Doa, komunikasi dan permohonan bisa disalurkan lewat 'perantaraan orang lain'. Sama seperti kita mohon doa restu kepada orang tua kita, seperti itu juga kita memohon bantuan pada Maria dan orang-orang Kudus agar mendoakan kita.

Sebab Allah bukan Allah orang mati, melainkan Allah orang HIDUP. Mar 12:26-27, Luk 20:38, Mar 22:32. Orang-orang Kudus tsb HIDUP dihadapan Allah, dan mereka semua termasuk dalam jemaat Allah. Perhatikan penjelasan berikut :


4. Allah tidak hanya 'mewariskan' Alkitab.
Mind barrier berikutnya adalah bahwa Protestant menganggap otoritas Allah telah diberikan sepenuhnya melalui Alkitab, dan HANYA melalui Alkitab.
Kenyataannya, tidak pernah Allah memerintahkan manusia untuk hidup HANYA melalui Alkitab, Allah TIDAK HANYA MEWARISKAN ALKITAB kepada umat manusia.
Seperti yang dikatakan di 2 Tes 2:15; 3:6 dan 1 Tim 3:15 --> Dimana setiap orang harus hidup SEBAGAI KELUARGA ALLAH, dalam jemaat Allah yang hidup (= GEREJA !!).
Artinya Allah tidak hanya memberikan Alkitab untuk menjaga umatNya, namun juga mendirikan GEREJA yang akan membimbing kita sampai ke akhirat, dimana 'maut tidak akan menguasainya' (Mat 16:18-19).
Dan Gereja adalah persatuan keluarga jemaat Allah, baik yang hidup di dunia, yang sudah meninggal dan yang telah dikuduskan (santo santa) dimana Allah adalah kepala keluarganya.
Hidup dalam persekutuan dengan Orang-orang beriman dan orang-orang Kudus di dalam GEREJA --> Inilah yang ditekankan oleh Allah.


Terakhir saya ingin menekankan bahwa 'berhala' atau 'ilah' sekarang ini tidak dijumpai dalam bentuk 'patung-patung' atau ukiran-ukiran / pahatan. Tapi dalam segala macam bentuk penutupan hati dan pikiran yang berlandaskan pada keyakinan / pikiran sendiri.
Bila uang sudah menjadi tujuan utama hidup kita, itulah ilah kita (Mat 6:24).
Bila kita tidak bersedia berpikir dan mengkoreksi kesalahan pemikiran kita (bahkan firman Allah pun ditolak) maka itulah berhala kita (Mat 16:24; Mar 8:34).
Pikiran kita sendirilah yang menjadi tuan atas hidup kita, pikiran kita sendirilah yang kita sembah dan hargai. So... inilah model ilah-ilah dan berhala modern yang harus dilawan !
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 3

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17