FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Komuni di mulut    
Goto page: Previous Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
PanisAngeli



Joined: 23 Jan 2006
Posts: 53
Location: As-u-see

PostPosted: Sat, 28-01-2006 8:19 am    Post subject: Reply with quote

Athanasios wrote:
Pada zaman Para Rasul Ekaristi disatukan dengan ritual makan bersama jadi amsih mirip Perjamuan Yahudi dan mereka hampir pasti menerima dengan tangan.

Bagaimana anda bisa sedemikian yakin akan hal ini? Beberapa orang kudus telah mendapat penglihatan Tuhan Yesus sendiri yang memberikan "roti" dan "anggur" langsung ke mulut para murid pada Perjamuan Terakhir. Anda boleh saja meragukannya, itu terpulang pada iman anda sendiri. Setidaknya, Yehezkiel pernah bernuat begini:
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Yehezkiel  2:8Dan engkau, anak manusia, dengarlah apa yang Kufirmankan kepadamu; janganlah memberontak seperti kaum pemberontak ini. Ngangakanlah mulutmu dan makanlah apa yang Kuberikan kepadamu."
maaf, nomor bab tidak ada, contoh: Matius 16:16-19

Athanasios wrote:
Ada banyak sekali lukisan fragmen kuno dari abad ke 2 (atau sebelumnya) yang menggambarkan umat menerima Komuni di tangan (di buku yang aku punya di rumah ada gambarnya)

Saya juga punya lukisan kuno Tuhan Yesus memberikan "roti" dan "anggur" langsung ke mulut para murid pada Perjamuan Terakhir.

Athanasios wrote:
Tangan kiri membersihkan diri setelah buang air besar? Itu kan kebiasaan sekarang...zaman dulu mana ku tahu.

Lagipula toh tangan juga ciptaan Tuhan Yesus.

Kaki dan anggota tubuh yang lain juga ciptaan Tuhan Yesus. Bolehlah kita gunakan juga untuk menerima komuni kudus?

Athanasios wrote:
Mengapa menerima di tangan dianggap menghina?

Anda sendiri sudah menjawabnya dan saya sependapat dengan anda:
Athanasios wrote:
Aku memang lebih suka menerima di mulut lebih khidmat bagiku dan lebih sesuai dengan apa yang diinginkan Roma.
Roma memang menginginkan kita menghindari komuni di tangan mengingat bahaya profanasi.

Athanasios wrote:
Menurut para pendukung penerima di tangan perintah Yesus adalah "Ambillah dan makanlah". Mengambil tentu pakai tangan.
Ngga juga. Perintah Tuhan Yesus itu juga bisa berarti "bukalah mulut mulut dan makanlah".

Athanasios wrote:
Tapi aku sadar betul bahwa Roma mengizinkan menerima di tangan dan bahwa menerima di tangan pada dasarnya juga adalah tradisi yang sangat tua.

Roma mengizinkan setelah didesak terus-menerus oleh Konferensi Uskup setempat, seperti apa yang terjadi di USA bukan?

Athanasios wrote:
Terus terang aku tidak percaya itu, sebaiknya kamu jangan terlalu percaya dongengan orang-orang rad-trad

Why not.. Rolling Eyes sejauh dokumen/faktanya ada. Tapi Athan, apa sih "rad-trad" itu artinya? Sedih

Athanasios wrote:
Apakah SSPX itu kredibel?

Tindakan mereka menahbis Uskup tanpa seizin Paus sehingga mereka terkena ekskomunikasi otomatis aku rasa sudah cukup menunjukkan mereka tidak kredibel....

Sebagai apologist, anda tentu tahu persis latar belakang SSPX melakukan hal itu. Yang jelas mereka tetap menghormati Tahta Suci Vatikan, dan terus menjalin komunikasi dengan Paus kita. Bagi saya, ini yang membuat mereka tetap kredibel. Tapi, baiklah saya ambil sumber lain yang bukan para pastor dari SSPX. Fr John Hardon SJ pernah bilang:
"We were were concelebrated Mass with the Holy Father, and we were absolutely forbidden to give Communion in the hands. Communion in the hand began with the publication of the Dutch Catechism with nobody's permission except the bishops—in effect, in principle separated themselves from the Holy See. One country after another began then to ask for permission, which the Dutch bishops never asked for, permission to receive Communion in the hand. I was asked by the [U.S.] bishops' conference to write a defense of Communion on the tongue, and I can again talk for hours...."

Atau kesimpulan dari David L. Vise berikut ini:
All laymen should take to heart what the apostle St. Paul stated in 1
Corinthians 10:23:

"All things are lawful, but not all things are profitable. All things are lawful, but not all things edify." Communion in the hand, though lawful, is not profitable, because it dilutes the significance of the center of our faith. Communion in the hand can lead to a cheapening of what we must exalt. It can weaken our understanding of the sacrifice on Calvary. We note with solace that our present Pope, John Paul II, has prohibited the giving of Communion in the hand in Saint Peter's Basilica (see the appendix.) In summation, I would like to restate the well known assertion "Where Peter is, you will find the Church", but would like to modify it by adding 'and where the Church is, you will find the truth' (in a paraphrase of 1 Timothy 3:15: "the Church is the pillar and foundation of our truth.") My desire is for priests to align themselves with the Vicar of Christ in discouraging Communion in the hand in their parishes. A vigorous teaching on this matter could also be undertaken by the bishops so that all priests have an opportunity to meditate on this matter and inform their parishioners, accordingly, of the mind of the Church. To the laymen reading this article, I would like to appeal to their true reverence for the host. Aligning ourselves with the Pope, we should resolve to take Communion, as he wishes us to take it, in the mouth.


Lengkapnya ada disini: http://www.ewtn.com/library/LITURGY/COMUNION.TXT
_________________
Believe only in His Name
Back to top
View user's profile Send private message
Tony
Evangelos


Joined: 20 Jan 2004
Posts: 4640
Location: Disini, ngga kelihatan apa?

PostPosted: Sat, 28-01-2006 11:17 am    Post subject: Reply with quote

Alfonsus wrote:
Pa kabar semua? Hehehe, seneng gw baru selesai liburan pulang kampung ke Indonesia.


Baek, and U dude? Sempat makan enak2 deh, gimana ama rumah makan padang di rawa sari sana? Sempat kagak?

Good kalau gitu udah siap tempur lagi? hehehehe ...
_________________
Salam dan doa
F A Q
It fails to show just how the world is divided. Evil stands for division against unity. In union with God and His miracles I see my self everyday in the mirror. I am a miracle that science still is at it's heels glancing up a vast yet unacceptable impossibility, a climb to faith. Science can't and will never explain God, for science is only capable in calculating the calculable. How is science to measure anything outside of time and space that started time and space, how is the created to measure the creator? Science is an apathy of one who seeks his heart and yet refuse to see it,
Tony B Mat 12:32 Jangan membohongi diri!
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  12:32Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Back to top
View user's profile Send private message
Athanasios
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Feb 2004
Posts: 4198

PostPosted: Sun, 29-01-2006 3:56 am    Post subject: Reply with quote

Quote:
Athanasios wrote:
Pada zaman Para Rasul Ekaristi disatukan dengan ritual makan bersama jadi amsih mirip Perjamuan Yahudi dan mereka hampir pasti menerima dengan tangan.

Bagaimana anda bisa sedemikian yakin akan hal ini? Beberapa orang kudus telah mendapat penglihatan Tuhan Yesus sendiri yang memberikan "roti" dan "anggur" langsung ke mulut para murid pada Perjamuan Terakhir. Anda boleh saja meragukannya, itu terpulang pada iman anda sendiri. Setidaknya, Yehezkiel pernah bernuat begini:
Indonesia - Terjemahan Baru © Ekaristi dot Org
Yehezkiel 2:8 Dan engkau, anak manusia, dengarlah apa yang Kufirmankan kepadamu; janganlah memberontak seperti kaum pemberontak ini. Ngangakanlah mulutmu dan makanlah apa yang Kuberikan kepadamu."

Athanasios wrote:
Ada banyak sekali lukisan fragmen kuno dari abad ke 2 (atau sebelumnya) yang menggambarkan umat menerima Komuni di tangan (di buku yang aku punya di rumah ada gambarnya)

Saya juga punya lukisan kuno Tuhan Yesus memberikan "roti" dan "anggur" langsung ke mulut para murid pada Perjamuan Terakhir.


Coba kamu baca lagi tulisan si Alfonsus mengenai Liturgi St. Yakobus yang seumuran dengan Epistula St. Paulus.

Komuni di tangan ternyata sudah ada sezaman dengan St. Paulus

Quote:
Athanasios wrote:
Tangan kiri membersihkan diri setelah buang air besar? Itu kan kebiasaan sekarang...zaman dulu mana ku tahu.

Lagipula toh tangan juga ciptaan Tuhan Yesus.

Kaki dan anggota tubuh yang lain juga ciptaan Tuhan Yesus. Bolehlah kita gunakan juga untuk menerima komuni kudus?

Athanasios wrote:
Mengapa menerima di tangan dianggap menghina?

Anda sendiri sudah menjawabnya dan saya sependapat dengan anda:
Athanasios wrote:
Aku memang lebih suka menerima di mulut lebih khidmat bagiku dan lebih sesuai dengan apa yang diinginkan Roma.
Roma memang menginginkan kita menghindari komuni di tangan mengingat bahaya profanasi.

Athanasios wrote:
Menurut para pendukung penerima di tangan perintah Yesus adalah "Ambillah dan makanlah". Mengambil tentu pakai tangan.
Ngga juga. Perintah Tuhan Yesus itu juga bisa berarti "bukalah mulut mulut dan makanlah".

Athanasios wrote:
Tapi aku sadar betul bahwa Roma mengizinkan menerima di tangan dan bahwa menerima di tangan pada dasarnya juga adalah tradisi yang sangat tua.

Roma mengizinkan setelah didesak terus-menerus oleh Konferensi Uskup setempat, seperti apa yang terjadi di USA bukan?


Begini yah Uskup Roma berhak menentukan segala sesuatunya menyangkut disiplin dalam Perayaan Ekaristi.

Kalau dia memberi izin (meskipun dengan didesak-desak) maka yan penting izin sudah keluar.

Kalau mau main yang sedikit becanda apakah "Liturgi St. Yakobus" mengizinkan komuni di tangan karena didesak-desak oleh para Uskup?

Quote:
Sebagai apologist, anda tentu tahu persis latar belakang SSPX melakukan hal itu. Yang jelas mereka tetap menghormati Tahta Suci Vatikan, dan terus menjalin komunikasi dengan Paus kita. Bagi saya, ini yang membuat mereka tetap kredibel. Tapi, baiklah saya ambil sumber lain yang bukan para pastor dari SSPX. Fr John Hardon SJ pernah bilang:


Kalau memang mejalin hubungan baik dengan USkup ROma, kenapa tidak bertobat?

Ingat mereka di-ekskomunikasi karena menahbiskan Uskup tanpa izin Paus (pelanggaran terhadap Primat Roma... Sedih )

Begini yah aku sangat setuju sekali dengan menerima Komuni di mulut untuk menghindari profanansi dan dsb, dsb.....

OK...tapi itu adalah peraturan disipliner yang bisa diubah sewaktu-waktu oleh Uskup Roma. Menerima di mulut adalah tradisi "t" kecil (yang bisa diubah)..Menerima di mulut memang lebih baik tapi menerima di tangan adalah sah-sah saja sepanjang tidak melawan ketentuan yang diberikan Roma.

Kalau mau menerima di mulut bagus karena itu lah yang dinginkan Roma, tapi menerima di tangan juga adalah sah karena Roma mengizinkan.
_________________
Sancta et catholica Ecclesia, quae est corpus Christi mysticum
- Konsili Oikumenis Vatikan II Orientalum Ecclesiorum art.2
Back to top
View user's profile Send private message
Athanasios
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Feb 2004
Posts: 4198

PostPosted: Sun, 29-01-2006 4:18 am    Post subject: Reply with quote

Tambahan

menurut Colin B. Donovan, STL expert di EWTN Komuni di tangan sudah dikenal pada ritus Latin semasa Gereja Awal.

Dan ini Surat dari Konggregasi Ibadat Illahi kepada Para Uskup USA

1. Communion in the hand should show, as much as communion on the tongue, due respect towards the Real Presence of Christ in the Eucharist. For this reason emphasis should be laid, as was done by the Fathers of the Church, upon the dignity of the gesture of the communicant. Thus, the newly baptized at the end of the fourth century were directed to stretch out both hands making "the left hand a throne for the right hand, which receives the King" (Fifth mystagogical catechesis of Cyril of Jerusalem, n. 21: PG 33. col 1125, or Sources chretiennes, 126, p 171; Saint John Chrysostom, Homily 47: PG 63, col. 898. etc.).*

Ternyata cara menerima Komuni di tangan selain pada St. Cyril juga ditemukan pada ajaan dari St. Yohanes Krisostomus (keduanya menganjurkan memakan Komuni dengan tanagn kiri)

7. The faithful are not to be obliged to adopt the practice of communion in the hand. Each one is free to communicate in one way or the other.

Kamu boleh menerima komuni di mulut.

Dan Uskup Roma memang mengizinkan bahkan mengutamakan menerima di mulut. Beliau (dan banyak orang beriman lain termasuk aku) akan sangat senang kalau semakin banyak yang menerima Komuni di mulut.

Tapi aku rasa juga adalah salah kalau kita mencap menerima di tangan sebagai suatu "sakrilegi" karena Roma (dan banyak Bapa Gereja) toh mengizinkan praktek itu..

Cerita tentu akan lain jika Roma melarang menerima dengan tangan. Peraturan Roma tentang hal ini (meskipun menyangkut disipliner saja) adlah wajib ditaati.
_________________
Sancta et catholica Ecclesia, quae est corpus Christi mysticum
- Konsili Oikumenis Vatikan II Orientalum Ecclesiorum art.2
Back to top
View user's profile Send private message
Apollos



Joined: 16 Feb 2005
Posts: 178

PostPosted: Wed, 01-02-2006 2:29 pm    Post subject: Reply with quote

Tony:
Salah, Athan yg bener silahkan baca ulang

When thou goest to receive communion go not with thy wrists extended, nor with thy fingers separated, but placing thy left hand as a throne for thy right, which is to receive so great a King, and in the hollow of the palm receive the body of Christ, saying, Amen.

kalimat ini dimaksudkan sebagai: telapak tangan yang menjaga supaya roti komuni tidak jatuh ke lantai pada waktu dimasukkan ke dalam mulut, jadi tidak pakai penampang seperti pada waktu-waktu selanjutnya ... biasanya penampang dipegang oleh putra altar ... dan putra altar belum dikenal pada zaman St Cyril dari Yerusalem (abad ke-4 Masehi)

ingat dalam injil Yohanes bagaimana cara Yudas menerima roti yang dicellupkan ke dalam anggur ? apakah roti yang telah dicelupkan itu diterima dengan tangan ? pasti lansung dimasukkan ke dalam mulut supaya anggur yang ada pada roti tidak menempel ke tangan ... kalau Yudas diberikan dengan cara demikian, apakah Petrus diberikan dengan tangan ?

apakah Yesus memberikan roti ke tangan ?

Matius 26:26-29
26:26. And whilst they were at supper, Jesus took bread and blessed and broke and gave to his disciples and said: Take ye and eat. This is my body.
26 cenantibus autem eis accepit Iesus panem et benedixit ac fregit deditque discipulis suis et ait accipite et comedite hoc est corpus meum



Markus 14:22-25
14:22. And whilst they were eating, Jesus took bread; and blessing, broke and gave to them and said: Take ye. This is my body
22 Et manducantibus illis, accepit Iesus panem et benedicens fregit et dedit eis et ait: "Sumite. Hoc est corpus meum."

22:14-23
22:19. And taking bread, he gave thanks and brake and gave to them, saying: This is my body, which is given for you. Do this for a commemoration of me.
19 et accepto pane gratias egit et fregit et dedit eis dicens hoc est corpus meum quod pro vobis datur hoc facite in meam commemorationem

kata memberikan dalam perjamuan di malam terakhir adalah menunjukkan bahwa Yesus memberikan langsung ke dalam mulut ... jika diberikan pada tangan, maka akan dikatakan dibagikan ... hal ini karena Tubuh Kristus dimaksudkan supaya langsung diterima tanpa perantara ini atau itu, belum lagi pencemaran yang memungkinkan

Liturgy St James setua dengan zaman Paulus dengan menggunakan tangan, kemudian dimasukkan ke dalam anggur Ekaristi, hal ini karena pada zaman itu mungkin saja tidak ada calon iman (diakon) sehingga menerima roti diizinkan untuk menerima di tangan kemudian dicelupkan ke dalam anggur ... mengingat pada zaman itu penganiayaan berlangsung hebat dan tidak ada tempat menetap seperti halnya pada waktu Yesus menetapkan Ekaristi ... hal ini tidak berarti merupakan suatu yang apostolik ... saat ini imam dibantu oleh diakon dan prodiakon dan masih kemungkinan dibantu oleh biarawan dan biarawati ... jadi tidak patut diberikan di tangan sekali pun dengan diberikan dengan dua rupa (roti dan anggur) bersamaan

mengenai SSPX yang "tidak bersatu" dengan Gereja Katolik, hal ini dikarenakan pengaruh modernisme yang menyebar luas dalam tubuh Gereja Katolik bahkan sampai ke Vatikan ... bukan berarti mereka tidak mau bersatu, awal mula pemisahan mereka karena mereka mengira JPII akan membimbing ke arah protestanisme (hal ini karena mereka salah dalam hal konsili Vatikan II yang dikeluarkan oleh Paus Yohanes XXIII), karena merasa Gereja dalam keadaan terancam, maka Uskup Marchel Lafabrve bersama yang masih "tradisional" memisahkan diri dari Gereja, dan saat ini ada usaha-usaha untuk kembali bersatu dengan Roma
Back to top
View user's profile Send private message Visit poster's website
Alfonsus



Joined: 16 Feb 2004
Posts: 383
Location: Jakarta, Indonesia

PostPosted: Wed, 01-02-2006 6:17 pm    Post subject: Reply with quote

Nope, roti yang dibagikan tidak dicelupkan ke anggur.
Tapi diterima di tangan dan dimakan.

Anggur diminum langsung dari piala.

Rubik ini dibuat, kalau membaca seluruh tulisan kateketik St. Cyril, beliau secara spesifik menunjukkan keberadaan Diakon, yang dalam liturgi Gereja Timur justru merupakan bagian esensial dari Liturgi:

St. Cyril - Lecture XXIII On the Mysteries V.
Quote:
2. Ye have seen then the Deacon who gives to the Priest water to wash, and to the Presbyters who stand round God’s altar. He gave it not at all because of bodily defilement; it is not that; for we did not enter the Church at first with defiled bodies. But the washing of hands is a symbol that ye ought to be pure from all sinful and unlawful deeds; for since the hands are a symbol of action, by washing them, it is evident, we represent the purity and blamelessness of our conduct. Didst thou not hear the blessed David opening this very mystery, and saying, I will wash my hands in innocency, and so will compass Thine Altar, O Lord? The washing therefore of hands is a symbol of immunity from sin.

3. Then the Deacon cries aloud, “Receive ye one another; and let us kiss one another.” Think not that this kiss is of the same character with those given in public by common friends. It is not such: but this kiss blends souls one with another, and courts entire forgiveness for them. The kiss therefore is the sign that our souls are mingled together, and banish all remembrance of wrongs. For this cause Christ said, If thou art offering thy gift at the altar, and there rememberest that thy brother hath aught against time, leave there thy gift upon the altar, and go thy way; first be reconciled to thy brother, and then come and offer thy gift. The kiss therefore is reconciliation, and for this reason holy: as the blessed Paul somewhere cried, saying, Greet ye one another with a holy kiss; and Peter, with a kiss of charity.

21. In approaching therefore, come not with thy wrists extended, or thy fingers spread; but make thy left hand a throne for the right, as for that which is to receive a King. And having hollowed thy palm, receive the Body of Christ, saying over it, Amen. So then after having carefully hallowed thine eyes by the touch of the Holy Body, partake of it; giving heed lest thou lose any portion thereof; for whatever thou losest, is evidently a loss to thee as it were from one of thine own members. For tell me, if any one gave thee grains of gold, wouldest thou not hold them with all carefulness, being on thy guard against losing any of them, and suffering loss? Wilt thou not then much more carefully keep watch, that not a crumb fall from thee of what is more precious than gold and precious stones?

22. Then after thou hast partaken of the Body of Christ, draw near also to the Cup of His Blood; not stretching forth thine hands, but bending, and saying with an air of worship and reverence, Amen, hallow thyself by partaking also of the Blood of Christ. And while the moisture is still upon thy lips, touch it with thine hands, and hallow thine eyes and brow and the other organs of sense. Then wait for the prayer, and give thanks unto God, who hath accounted thee worthy of so great mysteries.



Dalam instruksinya secara khusus St. Cyril mengajarkan untuk menjamah Tubuh Kristus, dan kemudian memakannya.
Setelah menyantap Tubuh Kristus dalam kateketiknya setelah menyambut Darah Kristus, secara spesifik dia mengatakan untuk menjamah Darah Kristus yang masih di bibir.


Tapi dengan memisahkan diri dari Gereja, SSPX bukan lagi anggota Gereja Katolik, karena itu keterlibatan dengan SSPX secara khusus merupakan skismatis. Decree of excommunication yang dinyatakan oleh Paus Yohanes Paulus II belum dicabut.

Alasan ekskomunikasi diantaranya adalah ketidaktaatan kepada Uskup Roma, Levebre mentahbiskan uskup tanpa izin Paus, menolak Konsili Vatikan II dan menolak validitas Ritus Paus Paulus VI.
_________________
Agios o Theos, agios Ischyros, agios Athanatos, eleison eimas


Last edited by Alfonsus on Wed, 01-02-2006 6:34 pm; edited 2 times in total
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
Alfonsus



Joined: 16 Feb 2004
Posts: 383
Location: Jakarta, Indonesia

PostPosted: Wed, 01-02-2006 9:58 pm    Post subject: Reply with quote

For those interested, foto2 perayaan Liturgi St. Yakobus di Seminari Gereja Katolik Yunani Presov

http://www.gojdic.sk/fotoalbum/?zobrazit=2005/20051023_1
_________________
Agios o Theos, agios Ischyros, agios Athanatos, eleison eimas


Last edited by Alfonsus on Wed, 01-02-2006 10:11 pm; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
Apollos



Joined: 16 Feb 2005
Posts: 178

PostPosted: Fri, 03-02-2006 3:16 pm    Post subject: Reply with quote

Liturgy St James yang diakui oleh st Cyril dan St Ireneus memang apostolik dari St James ( saya ralat dari pernyataan semula bahwa komuni di tangan St James tidak apostolik ) ... tetapi komuni di tangan pada zaman sekarang ini ( dalam Gereja Katolik ) telah memiliki nilai lain dan tidak sama seperti yang dimaksud dalam liturgy st James, di mana tujuan komuni di tangan dimaksudkan untuk hal-hal yang mencemarkan Tubuh Kristus itu sendiri ( bukan berarti aku menolak komuni di tangan sebagai apostolik sebagaimana Tradisi st James, melainkan tidak adanya rasa hormat kepada Tubuh Kristus itu sendiri )

Tradisi st James itu memisahkan antara "Tubuh" dengan "Darah" Kristus dengan roti yang diterima di tangan dan anggur yang langsung diminumkan, sedangkan dalam "komuni di tangan" di gereja latin cenderung menjadikan satu "Tubuh dan Darah" dalam satu hosti, jika "Darah" pada Tradisi St James diminumkan langsung ke dalam mulut, maka seharusnya "Tubuh dan Darah" dalam hosti disuapkan langsung ke dalam mulut ... (ini saya tuliskan bukan sebagai bahwa saya melebihi ajaran Magisterium Gereja, melainkan keprihatinan akan pencemaran karena dianggap sebagai lambang "tubuh dan darah Kristus" serta ekaristi hanyalah perjamuan makan malam biasa)

Dan kembali kepada Injil, bahwa memang Yesus sendiri menyuapkan langsung satu kesatuan "Tubuh" dengan "Darah" ke dalam mulut para rasul dan tidak ditaruh ke dalam tangan ... bukan berarti apostolik dari St James adalah salah melainkan contoh dari Kristus adalah komuni di dalam mulut ...

setelah Yesus membasuh kaki murid-murid, Yesus melakukan konsekrasi roti dan anggur menjadi "Tubuh" dan "Darah" kemudian murid-murid satu per satu menerima roti yang dicelupkan ke dalam anggur dan disuapkan ke dalam mulut mereka ... itu yang bisa saya pahami ...
Back to top
View user's profile Send private message Visit poster's website
Alfonsus



Joined: 16 Feb 2004
Posts: 383
Location: Jakarta, Indonesia

PostPosted: Fri, 03-02-2006 4:30 pm    Post subject: Reply with quote

Jika demikian, Sdr. Apollos, anda mencampur-aduk rubik.

Dalam Gereja Katolik rubik yang sekarang berlaku adalah:
1. Boleh menerima Tubuh Kristus saja langsung ke mulut
2. Boleh menerima Tubuh Kristus saja di tangan
3. Kalau diberikan dalam 2 rupa, tergantung cara pemberian yang diadopsi, boleh dicelupkan dan diterimakan oleh imam langsung ke mulut
4. Atau diterimakan terpisah dimana Darah Kristus diminum langsung dari piala

Yang mana saja, adalah ketetapan Tahta Suci untuk memutuskan.

Karena Liturgi St. Yakobus dikodifikasi bahkan sewaktu para rasul masih hidup (jika penulisannya sekitar penulisan surat kepada jemaat di Roma, maka St. Paulus, Petrus, Yohanes, semua masih hidup) dan penerimaan Tubuh dan Darah Kristus dilakukan terpisah dan menggunakan tangan seperti dinyatakan oleh St. Cyril.
Dan bahwa St. Cyril menerima ajaran, yang termasuk juga upacara Ekaristi langsung dari rasul-rasul, maka kemungkinan besar Yesus memberikan kepada para murid roti dan anggur untuk mereka makan sendiri.

Adalah aneh jika kita membayangkan bahwa St. Cyril sudah melanggar rubik tanpa ada tulisan2 protes dari pihak2 lain bahkan dari rasul-rasul sendiri.

Kedua, contoh pelaksanaan paling tua yang extant yang bisa kita gunakan untuk rekonstruksi, bukan sebaliknya.

Ketiga, kata Yunani yang digunakan untuk "memberi", didomi tidak meyiratkan secara spesifik bahwa yang pemberian yang diberi tidak diterima dengan tangan. Jika demikian bukankah lebih spesifik menggunakan kata "menyuapkan" daripada "memberi"?

Kelima, di kalangan Gereja perdana, adalah umum bagi umat untuk membawa pulang Tubuh Kristus untuk disimpan sendiri di rumah dan dimakan sewaktu-waktu mereka ingin.

In the early days of the Church the faithful frequently carried the Blessed Eucharist with them to their homes (cf. Tertullian, "Ad uxor.", II, v; Cyprian, "De lapsis", xxvi) or upon long journeys (Ambrose, De excessu fratris, I, 43, 46), while the deacons were accustomed to take the Blessed Sacrament to those who did not attend Divine service (cf. Justin, Apol., I, n. 67), as well as to the martyrs, the incarcerated, and the infirm (cf. Eusebius, Hist. Eccl., VI, xliv). The deacons were also obliged to transfer the particles that remained to specially prepared repositories called Pastophoria (cf. Apostolic Constitutions, VIII, xiii).
http://www.newadvent.org/cathen/05573a.htm


Masalah pencemaran dan sakrilegi terhadap Tubuh dan Darah Kristus merupakan hal yang terjadi bukan hanya sekarang, tapi juga dulu.

Sejauh ini tidak ada alasan yang kuat yang menyatakan bahwa Yesus menerimakan roti dan anggur dengan cara menyuapkan.

Tapi sejauh rubik yang dilaksanakan sekarang ini, semua cara yang disetujui layak diberi hormat yang sepantasnya.
_________________
Agios o Theos, agios Ischyros, agios Athanatos, eleison eimas


Last edited by Alfonsus on Fri, 03-02-2006 4:32 pm; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10846
Location: Orange County California

PostPosted: Fri, 03-02-2006 7:37 pm    Post subject: Reply with quote

Apollos wrote:
sedangkan dalam "komuni di tangan" di gereja latin cenderung menjadikan satu "Tubuh dan Darah" dalam satu hosti,

Tubuh dan darah tidak"dijadikan" satu.Karena memang baik dalam roti dan anggur yang sudah dikonsekrasi, tubuh dan darah Kristus hadir utuh.


Dalam Roti ada Tubuh dan DarahKristus

Dalam Anggur ada Tubuh dan darah Kristus


COUNCIL OF TRENT

ON THE MOST HOLY SACRAMENT OF THE EUCHARIST


CANON III.-If any one denieth, that, in the venerable sacrament of the Eucharist, the whole Christ is contained under each species, and under every part of each species, when separated; let him be anathema.







Oh, btw, jika kita berada pada situasi dimana Romo membiarkan umat melakukan intinction (yang pada dasarnya adalah suatu abuse), maka, karena lebih penting bagi kita untuk menerima tubuh Kristus, kita sebaiknya mengambil tubuh Kristus dengan melakukan intinction sekalipun....sambil berdoa semoga pelecehan ini segera berakhir (silahkan kasih saran ke Romo).


Jimmy Akin pernah membahasini dulu.
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Previous Next
Page 3 of 9

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17