FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Komuni di mulut    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
PanisAngeli



Joined: 23 Jan 2006
Posts: 53
Location: As-u-see

PostPosted: Mon, 23-01-2006 10:37 pm    Post subject: Komuni di mulut Reply with quote

Hi semua,

Salam kenal. Saya pendatang baru disini. Sebelumnya cuma jadi guest. Habis baca beberapa thread di forum ini, jadi kepingin gabung:wink:

Sepertinya, masalah komuni di mulut vs di tangan belum pernah jadi topik yach?! Boleh minta tanggapan mengenai hal ini?
_________________
Believe only in His Name
Back to top
View user's profile Send private message
Lawn



Joined: 26 Jun 2005
Posts: 744
Location: Planet Bumi

PostPosted: Mon, 23-01-2006 11:26 pm    Post subject: Reply with quote

[quote="PanisAngeli"]
Quote:
Sepertinya, masalah komuni di mulut vs di tangan belum pernah jadi topik yach?! Boleh minta tanggapan mengenai hal ini?


selama kita bisa melakukan tata cara menyambut komuni yang bagaimana kita diajarkan, kenapa tidak kita lakukan itu saja.
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
Fritzh



Joined: 18 May 2005
Posts: 37

PostPosted: Tue, 24-01-2006 11:06 am    Post subject: Reply with quote

Quote:
Sepertinya, masalah komuni di mulut vs di tangan belum pernah jadi topik yach?! Boleh minta tanggapan mengenai hal ini?


Sebelum Konsili Vatikan II umat tidak boleh memegang Hosti Kudus sehingga menyambut Hosti dengan berlutut dan membuka mulut.Dengan adanya Konsili Vatikan II baru umat menyambutnya memegang Hosti kudus dan memasukan sendiri ke mulut.(Tapi tetap Vatikan melarang umat mengambil sendiri dari Cawan Perjamuan).
Yang boleh memberikan Hosti Kudus Romo,Pro Diakon(izin Uskup).
Mengenai Bruder,Suster aku Ragu boleh/tidak karena di Paroki aku jarang aku lihat. (Tolong Athan ,DV, Tony bantu Aku )

Menurut Aku akan lebih bagus kita tidak dalam keadaan Dosa besar,tidak makan /minum 1 jam sblm MIsa, dan menundukan kepala sebagai tanda hormat pada saat maju sblm menerima Hosti Kudus.

Salam
Back to top
View user's profile Send private message
Athanasios
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Feb 2004
Posts: 4198

PostPosted: Tue, 24-01-2006 3:51 pm    Post subject: Reply with quote

Quote:
Sebelum Konsili Vatikan II umat tidak boleh memegang Hosti Kudus sehingga menyambut Hosti dengan berlutut dan membuka mulut.Dengan adanya Konsili Vatikan II baru umat menyambutnya memegang Hosti kudus dan memasukan sendiri ke mulut.(


Sekarang diperbolehkan menerima dengan cara:

1. Berdiri dengan tangan
2. Berdiri dengan langsung di mulut
3. Berlutut langsung di mulut

Jika menerima dengan berdiri diminta untuk menunjukkan sikap hormat yang khusus (mis membungkuk) sebelum menyambut Tubuh Tuhan


Quote:
.(Tapi tetap Vatikan melarang umat mengambil sendiri dari Cawan Perjamuan).


Betul dan sebagai tambahan:

Dalm hal komuni dua rupa (roti dan anggur) maka umat juga tidak diperbolehkan untuk mencelupkan Hosti ke dalam anggur sendiri.

Hendaknya Imam lah yang mencelupkan Hosti dan Diakon yang memegang Sibori dan Piala. Sementara itu umat langsung menerima di mulut.

Atau cara lain dengan umat langsung meminum dari Piala yang dipegang oleh Imam.

Quote:
Yang boleh memberikan Hosti Kudus Romo,Pro Diakon(izin Uskup).
Mengenai Bruder,Suster aku Ragu boleh/tidak karena di Paroki aku jarang aku lihat. (Tolong Athan ,DV, Tony bantu Aku )


Pelayan Komuni adalah Imam dan Diakon (yang tertahbis)

Pelayan Komuni yang tidak lazim adalah orang awam baik yang berkaul (Bruder, Suster, Frater semua adalah awam) atau yang berkeluarga dan sudah dilatih secara khusus.
_________________
Sancta et catholica Ecclesia, quae est corpus Christi mysticum
- Konsili Oikumenis Vatikan II Orientalum Ecclesiorum art.2
Back to top
View user's profile Send private message
PanisAngeli



Joined: 23 Jan 2006
Posts: 53
Location: As-u-see

PostPosted: Tue, 24-01-2006 7:00 pm    Post subject: Reply with quote

Trima kasih atas responnya.

Quote:
Dengan adanya Konsili Vatikan II baru umat menyambutnya memegang Hosti kudus dan memasukan sendiri ke mulut.

Kalau yang dimaksud komuni di tangan adalah produk Konsili Vatikan II, saya kok ga yakin. Sebab sampai saat ini, sejauh saya ketahui, Bapa Suci selalu memberikan komuni langsung di mulut. Dalam redemptionis sacramentum poin ke 92 juga disebutkan:

Quote:
[92.] Although each of the faithful always has the right to receive Holy Communion on the tongue, at his choice,[178] if any communicant should wish to receive the Sacrament in the hand, in areas where the Bishops’ Conference with the recognitio of the Apostolic See has given permission, the sacred host is to be administered to him or her. However, special care should be taken to ensure that the host is consumed by the communicant in the presence of the minister, so that no one goes away carrying the Eucharistic species in his hand. If there is a risk of profanation, then Holy Communion should not be given in the hand to the faithful.

Pernyataan ini justru mengimplikasikan bahwa pemberian komuni kudus di tangan memerlukan recognitio dari Tahta Apostolik bagi wilayah Keuskupan yang menerapkannya. Lantas apakah keuskupan di Indonesia yang telah bertahun-tahun menerapkan pemberian komuni di tangan telah mendapat recognitio dari GK Roma Nanya Dong

Berikut ini adalah link ke dokumen lengkap redemptionis sacramentum



Mohon tanggapan para sesepuh forum ini.
_________________
Believe only in His Name
Back to top
View user's profile Send private message
-T-



Joined: 25 Nov 2004
Posts: 191

PostPosted: Tue, 24-01-2006 7:30 pm    Post subject: Reply with quote

Fritz & Athan wrote:
Tapi tetap Vatikan melarang umat mengambil sendiri dari Cawan Perjamuan.



Aku baru tau yang beginian, tapi kami pas ngerayain Dies Natalis KMK Pastornya memegang Cawan Anggur di tangan kanan dan Hosti di tangan kiri, kemudian pas komuninya kami (umat=mahasiswa) mengambil sendiri Hosti dan mencelupkannya ke piala kemudian memakannya. Ini gimana.....??

Tapi tetap maknanya hanya untuk menghormati Tubuh dan Darah Kristus aja kan...?? buku yang pernah kubaca lebih lain lagi, di dalamnya ada gambar cara Komuni mintanya kayak mengemis gitu pas berbaris. Jadi telapak tangan kanan terbuka di atas kepala terus kepala nunduk terus kebawah., pas ketemu imam yang bagi Hosti, para umat yang menerima hosti menengadah gitu wajahnya baru pulang nunduk lagi kayak penuh penyesalan.

seru ya..... dari yang ga tau jadi tau


Last edited by -T- on Tue, 24-01-2006 7:35 pm; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10654
Location: Orange County California

PostPosted: Tue, 24-01-2006 7:45 pm    Post subject: Reply with quote

Komuni di tangan bukan produk Vatican II. Praktek ini pernah dilakukan di Gereja Purba (meskipun kemudian diganti komuni mulut).


Perlu diketahui bahwa umat SELALU MEMPUNYAI HAK untuk menerima komuni dimulut (ada di Redemptionist kalau gak di GIRM).
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
PanisAngeli



Joined: 23 Jan 2006
Posts: 53
Location: As-u-see

PostPosted: Tue, 24-01-2006 8:18 pm    Post subject: Reply with quote

Quote:
Komuni di tangan bukan produk Vatican II. Praktek ini pernah dilakukan di Gereja Purba (meskipun kemudian diganti komuni mulut).

Perlu diketahui bahwa umat SELALU MEMPUNYAI HAK untuk menerima komuni dimulut (ada di Redemptionist kalau gak di GIRM).

Thanks DV. Tentang hak umat menerima komuni di mulut memang udah dinyatakan dalam RS (92) yang saya kutip di posting sebelumnya.

Saya juga baca wawancara Nick Eltz dengan Maria Simma tentang pengalaman beliau didatangi jiwa2 malang dalam api penyucian, petikannya:

Anda mungkin tahu lebih baik daripadaku, bhw masalah komuni di tangan sangat kontroversial, mengapa?

Mengenai hal ini, umat tidak pernah diberitahu tentang masalah yg sebenarnya dan mrk diharapkan mengerti sendiri. Hukum Gereja mengatakan sebagian bangku komuni harus tetap ada bagi mrk yg ingin menyambut komuni dengan cara berlutut dan di lidah. Inilah perkataan Paus Paulus VI. Jiwa-jiwa malang telah mengatakan kepadaku bhw tidak satupun Paus masa kini yg secara pribadi menyetujuinya. Hal ini krn dipaksakan secara apolitik oleh sekelompok kardinal dan uskup dan para uskup dan kardinal yg lebih tua yang mengetahui hal ini tdk mengatakannya kepada umat. Sebaliknya, semua Paus, sgt menyadari bhw Komuni di tangan sangat bertentangan dgn penghormatan kpd Sakramen Maha Kudus, dan Paus saat ini tdk pernah membagikan komuni ditangan umat.

Komuni ditangan juga memungkinkan terjadi pencemaran. Semuanya itu merupakan perbuatan setan.....
Sedih
_________________
Believe only in His Name
Back to top
View user's profile Send private message
Fritzh



Joined: 18 May 2005
Posts: 37

PostPosted: Wed, 25-01-2006 9:21 am    Post subject: Reply with quote

Quote:
Jika menerima dengan berdiri diminta untuk menunjukkan sikap hormat yang khusus (mis membungkuk) sebelum menyambut Tubuh Tuhan


Masalah pengetahuan,penghormatan,penghargaan umat terhadap Sakramen Mahakudus setahu aku dan yang aku lihat di Paroki aku kurang sekali.
Contoh yang langsung kelihatan :
1. Ke Gereja berpakaian tidak sopan / tidak sepantasnya.
2. Saat misa berlangsung makan permen.

Menjadi Tugas kita semua terutama Katekis,pembina komuni pertama dan pembina Calon Krisma memberitahu atau menegur dalam kasih agar Hosti Kudus mendapat penghormatan seperti
seharusnya .


Sekedar share aku dikasih wejangan oleh seorang Romo Xaverian dan itu aku turuti dan jalankan sampai sekarang dan memang nasihat dia benar. Dia bilang jika seseorang datang ke gereja dan berusaha dengan segala cara menghormati Tuhan melebihi seorang Presiden maka Tuhan akan memberikan Rahmatnya berlimpah-limpah kepada orang itu.


Salam.
Back to top
View user's profile Send private message
Athanasios
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Feb 2004
Posts: 4198

PostPosted: Wed, 25-01-2006 1:09 pm    Post subject: Reply with quote

Quote:
Kalau yang dimaksud komuni di tangan adalah produk Konsili Vatikan II, saya kok ga yakin. Sebab sampai saat ini, sejauh saya ketahui, Bapa Suci selalu memberikan komuni langsung di mulut. Dalam redemptionis sacramentum poin ke 92 juga disebutkan:

Quote:
[92.] Although each of the faithful always has the right to receive Holy Communion on the tongue, at his choice,[178] if any communicant should wish to receive the Sacrament in the hand, in areas where the Bishops’ Conference with the recognitio of the Apostolic See has given permission, the sacred host is to be administered to him or her. However, special care should be taken to ensure that the host is consumed by the communicant in the presence of the minister, so that no one goes away carrying the Eucharistic species in his hand. If there is a risk of profanation, then Holy Communion should not be given in the hand to the faithful.

Pernyataan ini justru mengimplikasikan bahwa pemberian komuni kudus di tangan memerlukan recognitio dari Tahta Apostolik bagi wilayah Keuskupan yang menerapkannya. Lantas apakah keuskupan di Indonesia yang telah bertahun-tahun menerapkan pemberian komuni di tangan telah mendapat recognitio dari GK Roma


Sebetulnya pada zaman Para Rasul dan lama sesudah itu Komuni diterimakan di tangan. Zaman St. Ireneus dan St. Cyrill Komuni diterima di tangan..

Baru kemudian kebiasaan menerima di mulut langsung ngetrend dan diwajibkan...

Tahun 2005 ini TPE kita disahkan oleh Roma dan didalamnya termasuk juga tata cara menerima Komuni dimana KWI menganjurkan untuk menerima di tangan (dengan sangat menyedihkan anak-anak kita tidak lagi diajar menerima di mulut). Jaid Roma pasti sudah memberikan recognitionya untuk ini

Quote:
Aku baru tau yang beginian, tapi kami pas ngerayain Dies Natalis KMK Pastornya memegang Cawan Anggur di tangan kanan dan Hosti di tangan kiri, kemudian pas komuninya kami (umat=mahasiswa) mengambil sendiri Hosti dan mencelupkannya ke piala kemudian memakannya. Ini gimana.....??


Ini tidak tepat. Si Imam harusnya lah yang seharusnya mencelupkan Roti ke dalam Anggur dan kemudian menaruhnya langsung di mulut para penerima Komuni.


Dari GIRM

287. If Communion from the chalice is carried out by intinction, each communicant, holding a communion-plate under the chin, approaches the priest, who holds a vessel with the sacred particles, a minister standing at his side and holding the chalice. The priest takes a host, dips it partly into the chalice and, showing it, says, Corpus et Sanguis Christi (The Body and Blood of Christ). The communicant responds, Amen, receives the Sacrament in the mouth from the priest, and then withdraws.

Quote:
Saya juga baca wawancara Nick Eltz dengan Maria Simma tentang pengalaman beliau didatangi jiwa2 malang dalam api penyucian, petikannya:

Anda mungkin tahu lebih baik daripadaku, bhw masalah komuni di tangan sangat kontroversial, mengapa?

Mengenai hal ini, umat tidak pernah diberitahu tentang masalah yg sebenarnya dan mrk diharapkan mengerti sendiri. Hukum Gereja mengatakan sebagian bangku komuni harus tetap ada bagi mrk yg ingin menyambut komuni dengan cara berlutut dan di lidah. Inilah perkataan Paus Paulus VI. Jiwa-jiwa malang telah mengatakan kepadaku bhw tidak satupun Paus masa kini yg secara pribadi menyetujuinya. Hal ini krn dipaksakan secara apolitik oleh sekelompok kardinal dan uskup dan para uskup dan kardinal yg lebih tua yang mengetahui hal ini tdk mengatakannya kepada umat. Sebaliknya, semua Paus, sgt menyadari bhw Komuni di tangan sangat bertentangan dgn penghormatan kpd Sakramen Maha Kudus, dan Paus saat ini tdk pernah membagikan komuni ditangan umat.

Komuni ditangan juga memungkinkan terjadi pencemaran. Semuanya itu merupakan perbuatan setan.....




Penampakan bukan dogma alias belum tentu benar dan tidak wajib dipercaya....

Sekarang yang jadi soal adalah sering terdengar keluhan bagaimana menyikapi Imam yang menolak untuk memberikan Komuni di mulut, rasanya kalo ketemu Imam yang model begini mau gua jitak
_________________
Sancta et catholica Ecclesia, quae est corpus Christi mysticum
- Konsili Oikumenis Vatikan II Orientalum Ecclesiorum art.2
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 9

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17