FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Wajibkah Perpuluhan dalam ajaran Katholik?    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
Merry



Joined: 21 Dec 2005
Posts: 16
Location: Jakarta Timur

PostPosted: Wed, 28-12-2005 12:55 pm    Post subject: Wajibkah Perpuluhan dalam ajaran Katholik? Reply with quote

Hai Teman2..

Ada bbrp hal yg ingin saya tanyakan. Kalau di Protestan kan ada yg namanya perpuluhan yg wjb diberikan.

1.Apakah kita yg katolik sbnrnya mengenal hal sedemikian jg?? atau.. memang berdasarkan kesukarelaan & keikhlasan saja?

2.Apakah sbnrnya arti 'perpuluhan' itu sndr? apkh spt ini --> mis: pendapatan sy Rp 1juta/bln b'arti sy wajib ksh ke Grj sbsr Rp100rb/bln, (apakah ini diluar uang persembahan stp minggunya?) spt itukah yg dimksd?

3. Kalau blh tau kemakah 'larinya' uang Kolekte/p'sembahan tiap minggunya di grj katolik? (u/panti asuhan?org tdk mampu?romo?pembangunan gereja2?atau..?) begitu jg dgn yg Protestan, kemanakah 'larinya' uang perpuluhan tsb? (pendeta tsb & klrgnya?sewa bangunan/gedung?atau..?)

Sblmnya sy ucpkan Terimaksh u/ yg tlh mnjwb p'tanyaan saya diatas Smile

_________________
Jesus Bless Us
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail Yahoo Messenger
peprasetya



Joined: 09 May 2005
Posts: 229
Location: Jakarta

PostPosted: Wed, 28-12-2005 1:07 pm    Post subject: Re: Wajibkah Perpuluhan dalam ajaran Katholik? Reply with quote

Merry wrote:

1.Apakah kita yg katolik sbnrnya mengenal hal sedemikian jg?? atau.. memang berdasarkan kesukarelaan & keikhlasan saja?


Di Katolik berdasarkan kesukarelaan dan keikhlasan. Oleh karena itu, tidak ada yang namanya perpuluhan di Katolik, melainkan menggunakan istilah persembahan.

Ada statement bagus dari Athanasios:
Bahwa sebenarnya seluruh pendapatan kita adalah 100% milik Tuhan, bukan hanya 10%. Tinggal bagaimana kita menggunakan apa yang sudah dipercayakan kepada kita demi kemulian Tuhan.

Merry wrote:

2.Apakah sbnrnya arti 'perpuluhan' itu sndr? apkh spt ini --> mis: pendapatan sy Rp 1juta/bln b'arti sy wajib ksh ke Grj sbsr Rp100rb/bln, (apakah ini diluar uang persembahan stp minggunya?) spt itukah yg dimksd?


Rasanya protestan melakukannya seperti itu.
Disamping perpuluhan juga ada sumbangan pembangunan Gereja dan juga sumbangan sukarela lainnya.
Saya kurang tahu pasti, mungkin orang-orang Protestan lebih bisa menjelaskannya, atau yang pernah menjadi Protestan.

Merry wrote:


3. Kalau blh tau kemakah 'larinya' uang Kolekte/p'sembahan tiap minggunya di grj katolik? (u/panti asuhan?org tdk mampu?romo?pembangunan gereja2?atau..?) begitu jg dgn yg Protestan, kemanakah 'larinya' uang perpuluhan tsb? (pendeta tsb & klrgnya?sewa bangunan/gedung?atau..?)


Yang jelas kalau Katolik, uangnya lari ke tangan Pastor Paroki.
Selebihnya Pastor Paroki yang akan mengatur penggunaan dana tersebut untuk keperluan pelaksanaan kegiatan Paroki.
Back to top
View user's profile Send private message AIM Address Yahoo Messenger MSN Messenger
There
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Jul 2005
Posts: 609
Location: Ekaristi.org

PostPosted: Wed, 28-12-2005 1:20 pm    Post subject: Re: Wajibkah Perpuluhan dalam ajaran Katholik? Reply with quote

Dear Merry,

Topik ini sudah pernah dibahas previously, coba browse lagi ke previous topic, supaya kita tidak membahas berulang ulang padahal intinya sama.

coba buka link ini:
http://www.ekaristi.org/phpbb/viewtopic.php?t=1086

thanks

GBU

_________________
Majalah Keluarga Katolik
Les Kitab Suci Online

"Not that I am already perfect; but I press on to make it my own, because Christ Jesus has made me His own." (Phil 3:12)
Back to top
View user's profile Send private message
Athanasios
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Feb 2004
Posts: 4198

PostPosted: Wed, 28-12-2005 2:56 pm    Post subject: Reply with quote

Quote:
Saya kurang tahu pasti, mungkin orang-orang Protestan lebih bisa menjelaskannya, atau yang pernah menjadi Protestan.


Well aku mantan Lutheran.

Agama Lutheran tidak mengenal perpuluhan, prinsipnya sama seperti Katolik adalah keikhlasan.

Buat Merry, apa yang teman kamu sebut sebagai ajaran Protetsna pada dasarnya sama sekali tidak mewakili Protestantisme. Protestantisme terdiri dari 33.800 sekte dan tiap sekte punya ajaran sendiri-sendiri yang antar mereka sendiri pun saling bertentangan

Apakah semua Protestan mewajibkan Perpuluhan? Jawabannya malah TIDAK.

Di kalangan Protestan pun pendapat teman kamu adalah minority.

Protestan yang mewajibkan perpuluhan hanya Evangelikal (Pentakostal) dan Fundamentalis (mungkin ada lagi aku kurang tahu).

Protestan arus utama seperti Lutheran dan Calvinis/Reformed/Presbyterian, Methodist, umumnya tidak mewajibkan perpuluhan, meskipun menerima kalau ada yang mau memberi (sama seperti Katolik).

Di Gereja Katolik uang kolekte dipakai untuk membiayai operasional Gereja dan karya amal terutama untuk Paroki dan sebagian untuk Keuskupan. Pengelolaan tergantung kebijakan masing-masing Keuskupan.

Protestantisme kurang lebih sama. Kolekte untuk operasional Gereja dan karya amal.

Mengenai Perpuluhan ada bermacam pendapat; ada denominasi (sekte) yang berkeyakinan bahwa Perpuluhan adalah untuk Pendeta (seperti Perpuluhan ditujukan bagi para Lewi pribadi), namun ada yang membatasi bahwa Perpuluhan hanya ada sekian persen boleh diambil Pendeta dan selebihnya dikelola seperti kolekte, dan malah ada yang memperlakukannya seperti kolekte biasa.

Tidak ada satu suara soal ini
_________________
Sancta et catholica Ecclesia, quae est corpus Christi mysticum
- Konsili Oikumenis Vatikan II Orientalum Ecclesiorum art.2
Back to top
View user's profile Send private message
steve



Joined: 08 Oct 2005
Posts: 7
Location: Jakarta

PostPosted: Wed, 28-12-2005 3:39 pm    Post subject: Reply with quote

Inilah yang aku bingungkan dari Protestan Nanya Dong . Sebenernya kepada siapakah mereka menyumbangkan perpuluhan dari penghasilan mereka. That's why gereja mereka seperti Istana dan pendeta bisa naik BMW. Ketawa Ngakak ( enak juga ya jadi pendeta). Bayangkan saja anggaplah penghasilan rata2 seseorang 2 juta rupiah, so mereka harus menyumbangkan 200 rb dikalikan jumlah umat, weleh weleh bisa jadi ladang uang jadinya bukan bekerja di ladang Tuhan dong. Sedangkan di Katolik se-iklasnya aja tuh, buat apa nyumbang perpuluhan jika tidak rela dan gak jelas uang lari kemana. Confused
Maaf kalo ada yang tersinggung!!!
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger MSN Messenger
Merry



Joined: 21 Dec 2005
Posts: 16
Location: Jakarta Timur

PostPosted: Wed, 28-12-2005 4:54 pm    Post subject: Reply with quote

Apakah Tiberias termasuk Evangelikal (pentakosta)??

[/quote]
_________________
Jesus Bless Us
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail Yahoo Messenger
Athanasios
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Feb 2004
Posts: 4198

PostPosted: Wed, 28-12-2005 8:35 pm    Post subject: Reply with quote

Tiberias adalah Gereja Pentakostal yang menggantungkan doktrin imannya pada pewahyuan yang diterima oleh pimpinan mereka Pariadji.

Gereja ini punya masalah doktriner yang serius; mereka (tidak seperti Protestan umumnya) mengakui 3 Sakramen yaitu: Baptis, Perjamuan Suci (Ekaristi) dan Perkawinan.

Kadang-kadang secara tidak konsisten "Penyerahan Anak" juga mereka sebut Sakramen.

Mereka juga menganut pandangan mirip Donatus (ajaran sesat pada era St. Agustinus) yang menyatakan sakramen yang dilayani oleh seorang pelayan yang tidak kudus adalah tidak sah. Ini membuat mereka juga "dimusuhi" oleh banyak Protestan dan Pentakosta lain.

Doktrin Perjamuan Kudus mereka juga mirip "Transubsiansi" Katolik (perubahan nyata roti dan anggur menjadi Tubuh dan Darah Tuhan). Meskipun mereka mengkalim menganut pandangan Luther tentang Perjamuan Kudus tapi dari beberapa brosur mereka aku yakin pandangan mereka lebih mirip pandangan Katolik dibanding Luther (NB= dalam pandangan Katolik, Pendeta mereka tidak punya kuasa untuk melakukan konsekrasi karena tidak punya suksesi Apostolik). Btw, pandangan Perjamuan Kudus mereka juga membuat mereka "terkucil" dari kebanyakan Protestan (kebanyakan Protestan menganggap Perjamuan Kudus hanya lambang dan bukan sungguh-sungguh Tubuh dan Darah Tuhan).

Tiberias adalah Gereja Pentakostal yang sesat dimana kebenaran Pariadji dianggap kebenaran mutlak.

Kesesatan Tiberias adalah amat sangat parah dibanding Protestan lainnya.

Ajak teman kamu ke sini atau kamu bisa mulai Evangelisasi terhadap dia, supaya dia jangan terjerumus lebih jauh kepada ajaran yang tidak jelas asalnya ini.

Bawa dia kembali pulang ke Gereja Kristus yang Satu, Kudus, Katolik dan Apostolik
_________________
Sancta et catholica Ecclesia, quae est corpus Christi mysticum
- Konsili Oikumenis Vatikan II Orientalum Ecclesiorum art.2
Back to top
View user's profile Send private message
Tony
Evangelos


Joined: 20 Jan 2004
Posts: 4581
Location: Disini, ngga kelihatan apa?

PostPosted: Thu, 29-12-2005 2:43 am    Post subject: Reply with quote

Athan,

Jangan lupa ditambahkan dan dijelaskan bahwa biarpun mereka atau gereja lain mengakui sakramen dan juga melakukannya misalnya seperti GK tetap mereka tidak memiliki kuasa tahbis dan suksesi apostolik yg menjadikan semua sakramen tidak VALID kecuali baptis, so kesimpulan adalah hanya GK dan Orrthodox yg memiliki kuasa tahbis dan suksesi apostolik dan karena itu hanya disanalah terdapat sakramen yg valid.

Mirip tetap bukan yg asli.
_________________
Salam dan doa
F A Q
It fails to show just how the world is divided. Evil stands for division against unity. In union with God and His miracles I see my self everyday in the mirror. I am a miracle that science still is at it's heels glancing up a vast yet unacceptable impossibility, a climb to faith. Science can't and will never explain God, for science is only capable in calculating the calculable. How is science to measure anything outside of time and space that started time and space, how is the created to measure the creator? Science is an apathy of one who seeks his heart and yet refuse to see it,
Tony B Mat 12:32 Jangan membohongi diri!
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  12:32Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Back to top
View user's profile Send private message
Merry



Joined: 21 Dec 2005
Posts: 16
Location: Jakarta Timur

PostPosted: Thu, 29-12-2005 8:35 am    Post subject: Reply with quote

Nangis deh Separah itu kah Tiberias??

saya tny itu krn calon suami sy jemaat tiberias-kami akan mnikah 14 Jan. Tp untungnya dia tdk sefanatik mereka. Selama 2thn lbh pcrn, dia sll mau temanin sy ke grj saya (St. Anna)-ikut mbuat tanda slb, mndengarkan homili dgn baik, sdgkan sy dulu (wkt awal pcrn) sampai skrg cuma 2x temani dia ke Tiberias, sjk itu tdk prnh lg (krn sy TIDAK sreg dgn ibadat mrk, jingkrak2 kya org gila, sorak sorai kaya di psr, pendetanya teriak2-bahkan kotbahnya sk/cenderung menjelekan agama lain!dia jg prnh bawa2 ibu Teresa!, dsb..)

Saya jg sbnrnya (dlm hati kcl sy) ingin sekali dia menjadi katolik sm spt sy, slama ini sy tdk prnh memaksakan dia/berkata u/ ikut menjadi katolik spt sy, krn sy tau..segala sesuatu yg dipaksakan bkn b'dasarkan kemauan/pun keinginannya sndr pasti hslnya tdk akan baik nantinya.. jd sampai detik ini sy jg tdk prnh mengusik keyakinannya, bgitu jg sy meminta hal yg sama kpdnya. Maka nya wkt bln kmrn..sewkt penyidikan kanonik romo bnyk tny2 kpd kami mslh ini, bgmn ke grj nya nanti stlh mnkh, bgmn mslh agama anak2 nantinya, dll.. krn sdh mngikuti kursus pnikahan, dia sdh mngerti&bnyk tau.. jd u/mslh anak nantinya dia memberikan kepercayaan kpd sy u/membaptis & mndidiknya scr katolik. Tp u/ mslh prg ke grj nya.... Mmm.. (yaa..inilah yg msh merupakan sdkt kendala u/sy) Bgmn baiknya ya mnrt tmn2?? di 1 sisi dia sy istrinya, mau tdk mau jika suatu saat dia ingin ke grj nya ya sy wjb menemaninya - (dia saja mau menemani sy ke St. Anna mngapa sy tdk,spt egois skali takutnya mnimbulkan perselisihan dlm Rmh Tangga kami), tp di lain sisi ini btentangan dg ht nurani sy, sy tdk suka prg ksana! bahkan rs nya saya ga ingin lg mnginjakkan kaki sy dsana, krn sy tbiasa dgn grj katolik yg bdoa&bnyanyi dgn tenang&teratur... sy sgt bingung sekalii.. toloong saya...apa yg hrs sy lakukan dgn pbedaan spt ini?? Sedih selama ini sy cuma bs bdoa & bdoa saja.. paling tidak stlh kami pny anak nanti, sy ingin skali kami sdh seiman..shg dlm mndidik anak sdh dlm fondasi yg sama.

Mm, oya Pantas saja dulu ci2nya dia, mnghina saya yg katolik! pdhl dulu nya dia&suaminya jg katolik! mereka awalnya budha, lalu katolik, skrg kristen (tiberias). Dia (calon suami sy) dulu jg budha, lalu th 2000 pas dia ke jkt & tggl dgn klrg cicinya, dia lgs disuruh ikut ke grj tiberias, mnrt crt nya begitu dia cuma ikut 2x kebaktian di grj itu dia lgs dibolehkan ikut baptis selam. Koq bisa ya pendeta disana lgs membaptis jemaat2nya tanpa hrs disuruh bljr dulu/mngenal ajaran2 Kristus terlbh dahulu??knp semudah itu ya!!? sy srgkali sk heran sndr, menggampangkan hal spt ini..

Sy rasa cukup sekian dulu crt sy, maaf klo sy suka byk nanya2 dsini.. Embarassed

Trmksh sblmnya yg tlh memberikan masukan u/saya..
Dgn sharing disini mbuat sdkt beban sy berkurang, sy sng skali stp ptanyaan2 sy disini dijwb smua.. Smile trims.
_________________
Jesus Bless Us
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail Yahoo Messenger
April



Joined: 25 Jan 2004
Posts: 1705

PostPosted: Thu, 29-12-2005 1:05 pm    Post subject: Reply with quote

Dear Merry,

Saya menyadari kesulitan dan dilema yang kamu hadapi dengan calon kamu.
Di lingkungan saya ada kasus sama, ada seorang ibu katolik taat, dan awalnya suaminya juga seorang protestan taat. Ibu ini bercerita, bahwa setelah 11 tahun pernikahan mereka, akhirnya suaminya mau kembali ke Gereja Katolik. Selama itu anak-anaknya dididik dalam nuasana katolik. Dia (sang istri) sangat memperhatikan pendidikan anak-anaknya.

Memang membutuhkan kesabaran, memang tidak gampang.
Selama perkawinan mereka iman ibu itu makin tumbuh dewasa. Dan makin pula menunjukkan sikap hidup seorang katolik yang penuh kasih kpd keluarganya.
Dia semakin memperdalam pengetahuan tentang katolik, semakin setia, semakin rajin berdoa, berdevosi tanpa putus harapan.
Dia aktif di Gereja, terutama di SBI (anak-anak). Akhirnya suaminya mau kembali, dia tidak putus-putusnya bersyukur.

Dalam kasus kamu saya anggap ada 2 pilihan,
1. menerima calon, ke depannya, membutuhkan inisiatif yang lebih tinggi dari kamu, terutama dalam hal kerohanian (plus pendidikan anak) dlm keluarga nanti.
2. menolak calon, mencari yang seagama. Ini umumnya sulit dilakukan krn udah kepalang jatuh cinta. Malaikat

Dalam pandangan saya, untuk nomor 1, membutuhkan,
a. penerimaan sakramen perkawinan dilakukan dlm Gereja Katolik (harus).

b. sebaiknya ada penghasilan (atau bekerja), jadi tidak tergantung melulu dari suami dalam menopang ekonomi keluarga. Namun bukan berarti suami dapat dipandang lebih rendah, keputusan penting keluarga sebaiknya diputuskan bersama-sama. Saya menuliskan ini, karena kalo wanita bekerja dan berpenghasilan lebih, dia merasa seolah-olah lebih tinggi dari suaminya, ini umum terjadi, sebaiknya berhati-hati dengan pola pikir ini. Suami bisa merasa rendah diri, akhirnya sikapnya bisa macem-macem. Juga sebaliknya, rasa cemburu pun bisa timbul dari pihak suami melihat istri lebih berpenghasilan, ini perlu hati-hati untuk dilihat.
Intinya, jadilah seorang ibu bagi suami dan anak-anak, dan jadilah seorang istri bagi suami. Peran ini pun perlu untuk suami, dan anak. Itu nanti. Malaikat

Maksudnya, dalam perjalanan perkawinan nanti, akan menghadapi problem, entah senang, entah susah. Jadi perlu ada sesuatu yang bisa diandalkan dari seorang suami atau istri. Entah dukungan moral, support, pendapat, nasehat, saling jujur, percaya, dst.

c. ketentuan pendidikan (rohani) anak sebaiknya kamu perhatikan, karena hal ini juga ditanyakan oleh pastor sewaktu penyidikan kanonik itu.

d. doa bersama, tidak absen misa, kalo bisa aktif dlm lingkungan, adakan pertemuan di rumah sendiri, kalo bisa jadilah pengurus lingkungan. Pilihlah kegiatan yang tidak menyita waktu. Maksudnya adalah supaya sering kumpul dalam kesatuan iman bersama (dgn keluarga atau umat) seperti contoh jaman rasul dulu. Tentunya dgn mengajak suami / keluarga.

e. ingatlah anak untuk dibaptis (biasanya seblm genap 3 bulan), komuni pertama, krisma. Ajaklah mereka ke SBI.

f. terakhir sangat penting, panjatkan selalu permohonan ini dalam setiap doa pribadi. Atau berdevosi.

Kalo ngga salah inget, bapa Gereja, Thomas Aq. (yang menelurkan ide Summa Teologi yang sangat hebat) itu awalnya juga seorang yang sangat "bandel", ibunya tidak putus-putusnya berdoa untuk anaknya ini. Bertahun-tahun akhirnya, rahmat, belaskasih, pengetahuan sangat dalam turun kepada Thomas atas permohonan ibunya.

Dasarnya adalah, kerasulan,
1. rahmat Tuhan (sakramen), Gereja --> dibimbing, dpt restu
2. melatih diri, mengenal diri, mengenal orang lain (keluarga) --> tujuan spy makin akrab
3. menghadapi bersama-sama setiap hal, entah senang, entah susah, saling mendukung
4. merencanakan pekerjaan dalam lingkaran jaringan (network) yang makin meluas, ke depannya.

Seperti sebatang lilin yang menyala, yang akhirnya abis juga, toh terang yang kecil ini sudah berjasa bagi yang membutuhkannya, misalnya diberikan kepada lilin yang belum nyala. Malaikat
Tentunya adalah api cinta, api kasih, api kejujuran, api kesetiaan.
Bukan jenis api cemburu, api kemarahan, api kecurigaan, api kesombongan, apalagi berapi-api sampe membakar kumis, alias, dst. Ketawa

Mungkin ini adalah salib diri yang harus dipikul.
Sebagai bukti persembahan iman, kasih, harapan, kesetiaan, kejujuran kepada Yesus dan GerejaNya. Smile
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 3

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17