FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Peralatan misa    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Ruang Pengetahuan Dasar Iman Katolik
View previous topic :: View next topic  
Author Message
Lawn



Joined: 26 Jun 2005
Posts: 744
Location: Planet Bumi

PostPosted: Tue, 08-08-2006 10:34 pm    Post subject: Peralatan misa Reply with quote

Ketika misa ekaristi, kita sering melihat seperangkat alat yang dipakai setiap saat misa, seperti cawan yang berlapiskan kuningan, dan tarbenakel yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan. Namun, saya tidak tahu latar belakang dengan jelas dalam hal pemakaian peralatan misa seperti ini. Aku dengar peralatan misa ini diambil dari orang yang menyembah berhala.
Tolong moderator menjelaskan lebih detil. Thx.
_________________
Aku hanya orang biasa yang ingin mencari lebih tahu banyak lagi dan berdasarkan Yesus Kristus.
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
Athanasios
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Feb 2004
Posts: 4198

PostPosted: Tue, 08-08-2006 10:49 pm    Post subject: Reply with quote

Pada malam Perjamuan Terakhir digunakan roti dan anggur untuk hidangan Perjamuan. tentu saja roti harus ditaruh di piring dan anggur di dalam sebuah gelas (cawan/piala).

Zaman Gereja Pedana tentu yang dipakai hanya piring dan gelas biasa untuk peralatan Misa.

Lama kelamaan terutama setelah Gereja ditoleransi oleh Kekaisaran Romawi dan memiliki harta benda yang memadai dengan sendirinya juga timbul keinginan agar piring dan gelas yang dipakai untuk Misa terbuat dari bahan yang istimewa, bermutu, bagus dan ada kesan elite karena piring dan gelas ini akan digunakan untuk meletakkan Tubuh dan Darah Tuhan.

Makanya kemudian pring (patena) dipakai yang berlapis emas dan begitu juga pialanya dipakai yang dari emas. Dan di gereja-gereja besar atau yang kaya raya biasanya patena dan piala akan dihias dengan bahan yang mahal-mahal.

Ini hanya soal piring dan gelas tidak ada hubungannya dengan penyembahan berhala.

Mengenai Tabernakel, nama ini diambil dari Tabut Perjanjian (latin-tabernaculum) tempat dimana disimpan Firman Allah yaitu loh-loh batu 10 Perintah Allah yang diterima oleh Musa.

Dalam Gereja Perdana seperti diterangkan oleh St. Yustinus sesudah Misa para Diakon akan langsung berangkat mengantar Komuni bagi mereka yang tidak bisa ikut Misa entah karena sakit, sudah tua, atau alasan lain. Lagipula jumlah roti yang dikonsekrasi adalah pas dengan jumlah umat sehingga tidak ada sisa sesudah Misa.

Setelah umat Gereja menjadi banyak hampir tidak mungkin untuk meng-konsekrasi pas sesuai jumlah umat yang hadir (capek ngitungnya). Maka biasanya akan ada lebih, dan kelebihan ini juga disimpan untuk orang-orang sakit, manula serta siapa saja yang karena alasan berat tidak dapat ikut Misa dan membutuhkan Komuni darurat (viaticum-bekal suci menjelang ajal).

Karena itu dibutuhkan tempat penyimpanan untuk roti yang telah dikonsekrasi tersebut maka dibuatlah Tabernakel dengan meminjam konsep dan istilah dari Perjanjian Lama.

Lama kelamaan penyimpanan roti yang telah dikonsekrasi juga dijadikan ajang devosi bagi umat beriman terutama bagi mereka yang tidak sempat mengikuti Misa Harian. Dari sinilah berawal praktek kunjungan dan Adorasi kepada Sakramen Mahakudus

Seperti halnya piring dan gelas yang dihias seindah mungkin hal yang sama juga berlaku untuk Tabernakel.
_________________
Sancta et catholica Ecclesia, quae est corpus Christi mysticum
- Konsili Oikumenis Vatikan II Orientalum Ecclesiorum art.2
Back to top
View user's profile Send private message
Lawn



Joined: 26 Jun 2005
Posts: 744
Location: Planet Bumi

PostPosted: Wed, 09-08-2006 1:33 am    Post subject: Reply with quote

Hmm.. aku lupa unsur yang mana yang berasal dari kaum berhala.
Mungkin ini sedikit melenceng dari peralatan misa, kalo latar belakang pemakaian jubah oleh Pastor apa? Apa ada kaitan dengan Roma, rasa-rasanya jubah yang dipakai oleh Pastor ada unsur kebudayaan Eropa?
_________________
Aku hanya orang biasa yang ingin mencari lebih tahu banyak lagi dan berdasarkan Yesus Kristus.
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
Athanasios
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Feb 2004
Posts: 4198

PostPosted: Thu, 10-08-2006 10:21 am    Post subject: Reply with quote

Jubah Imam diambil alih dari bentuk pakaian sipil yang umum pada zaman Romawi, dengan beberapa perubahan kecil.

Dulu yah model seperti itu memakai alba, tunik (yang dimodifikasi jadi kasula), stola adalah pakaian laki-laki yang umum pada zaman itu.

Ketika orang-orang meninggalkan trend berpakaian seperti itu, mereka tetap memakainya dan pakaian-pakaian ini lama-kelamaan pun mendapatkan simbolisasi dan makna yang lebih bersifat rohani
_________________
Sancta et catholica Ecclesia, quae est corpus Christi mysticum
- Konsili Oikumenis Vatikan II Orientalum Ecclesiorum art.2
Back to top
View user's profile Send private message
lisamaria



Joined: 09 Oct 2006
Posts: 68
Location: Di depan monitor

PostPosted: Mon, 09-10-2006 11:12 pm    Post subject: Reply with quote

Athanasios wrote:


Karena itu dibutuhkan tempat penyimpanan untuk roti yang telah dikonsekrasi tersebut maka dibuatlah Tabernakel dengan meminjam konsep dan istilah dari Perjanjian Lama.



Tabernakel itu yang kaya lemari kecil kan ya? Letaknya di deket salib besar?

Mao nanya, klo misalnya pas misa hari Minggu kan ada beberapa kali misa tu. Misalnya ada sisa hosti dari misa I, trus kan ditaro lagi di tabernakel. Pas misa II, sisa hosti dari misa I dikonsekrasi lagi kan pasti. Sisa hosti yang telah dikonsekrasi pada misa I itu dianggap "roti" biasa lagi pada saat sebelum konsekrasi pada misa II, atao bagaimana pemahamannya?
Back to top
View user's profile Send private message
Tony
Evangelos


Joined: 20 Jan 2004
Posts: 4581
Location: Disini, ngga kelihatan apa?

PostPosted: Mon, 09-10-2006 11:29 pm    Post subject: Reply with quote

lisamaria wrote:
Athanasios wrote:


Karena itu dibutuhkan tempat penyimpanan untuk roti yang telah dikonsekrasi tersebut maka dibuatlah Tabernakel dengan meminjam konsep dan istilah dari Perjanjian Lama.



Tabernakel itu yang kaya lemari kecil kan ya? Letaknya di deket salib besar?

Mao nanya, klo misalnya pas misa hari Minggu kan ada beberapa kali misa tu. Misalnya ada sisa hosti dari misa I, trus kan ditaro lagi di tabernakel. Pas misa II, sisa hosti dari misa I dikonsekrasi lagi kan pasti. Sisa hosti yang telah dikonsekrasi pada misa I itu dianggap "roti" biasa lagi pada saat sebelum konsekrasi pada misa II, atao bagaimana pemahamannya?


Ngga, hosti itu sekali konsekrasi tetap dan sampai hilang sendiri (pudar karena bertahunan tidak dimakan) atau dimakan dan dicerna adalah selalu dan tetap Tubuh dan darah Yesus, karena itu disimpan dalam Tabernakel yg terbuat dari logam mulia sebagai Rumah Tuhan Allah didunia dan selalu terkunci untuk menjaga dari pelecehan dan pencurian untuk pelecahan.

Karena itu jika kita masuk gereja kita berlutut bila lampu/ lilin nyala dekat altar atau Tabernakel, petanda Yesus ada disana. Perhatikan kalau Jumat Agung, Tabernakel kosong dan dibuka dan lilin atau lampupun mati, ingat apa yg terjadi Jumat Agung?

Semoga membantu
_________________
Salam dan doa
F A Q
It fails to show just how the world is divided. Evil stands for division against unity. In union with God and His miracles I see my self everyday in the mirror. I am a miracle that science still is at it's heels glancing up a vast yet unacceptable impossibility, a climb to faith. Science can't and will never explain God, for science is only capable in calculating the calculable. How is science to measure anything outside of time and space that started time and space, how is the created to measure the creator? Science is an apathy of one who seeks his heart and yet refuse to see it,
Tony B Mat 12:32 Jangan membohongi diri!
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  12:32Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Back to top
View user's profile Send private message
- O -
Penghuni Ekaristi


Joined: 21 Jan 2004
Posts: 1876

PostPosted: Tue, 10-10-2006 8:39 am    Post subject: Reply with quote

Apa gara gara patung patung yang dibuat penyembahan itu terbuat dari logam mulai terus kalau ada barang2 dari emas lalu disamakan dengan alat2 penyembahan berhala...
Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak
Gitu kali yaaa....
_________________
"Setiap orang yang mengakui Aku di depan manusia, Aku juga akan mengakuinya di depan Bapa-Ku yang di sorga. Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga." (Mat 10:32-33)
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
Tony
Evangelos


Joined: 20 Jan 2004
Posts: 4581
Location: Disini, ngga kelihatan apa?

PostPosted: Tue, 10-10-2006 9:40 am    Post subject: Reply with quote

Masa rumah Tuhan Allah (Bait Allah) tidak dibuat dari logam mulia? rumah kita aja pake marble dan jati segala, kok Tuhan ditaruh dalam mangkok plastik je!

Maka dari itu terbuat dari logam mulia, lihat ark of covenant (bait Allah) di kitab keluaran, persyaratan pembuatan dan dibuat dari apa?
_________________
Salam dan doa
F A Q
It fails to show just how the world is divided. Evil stands for division against unity. In union with God and His miracles I see my self everyday in the mirror. I am a miracle that science still is at it's heels glancing up a vast yet unacceptable impossibility, a climb to faith. Science can't and will never explain God, for science is only capable in calculating the calculable. How is science to measure anything outside of time and space that started time and space, how is the created to measure the creator? Science is an apathy of one who seeks his heart and yet refuse to see it,
Tony B Mat 12:32 Jangan membohongi diri!
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  12:32Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Back to top
View user's profile Send private message
Athanasios
Penghuni Ekaristi


Joined: 12 Feb 2004
Posts: 4198

PostPosted: Tue, 10-10-2006 9:48 am    Post subject: Reply with quote

Quote:
Tabernakel itu yang kaya lemari kecil kan ya? Letaknya di deket salib besar?



Iya

Quote:
Mao nanya, klo misalnya pas misa hari Minggu kan ada beberapa kali misa tu. Misalnya ada sisa hosti dari misa I, trus kan ditaro lagi di tabernakel. Pas misa II, sisa hosti dari misa I dikonsekrasi lagi kan pasti. Sisa hosti yang telah dikonsekrasi pada misa I itu dianggap "roti" biasa lagi pada saat sebelum konsekrasi pada misa II, atao bagaimana pemahamannya?


Tidak, sisa hosti dari Misa pertama tidak mungkin dikonsekrasi lagi.

Pada Misa kedua biasanya sisa hosti yang ada di Tabernakel baru dikeluarkan menjelang Komuni. Jadi Konsekrasi sudah selesai, dan hosti sisa itu tidak ikut dikonsekrasi (lagi).
_________________
Sancta et catholica Ecclesia, quae est corpus Christi mysticum
- Konsili Oikumenis Vatikan II Orientalum Ecclesiorum art.2
Back to top
View user's profile Send private message
chad



Joined: 27 Nov 2006
Posts: 41

PostPosted: Wed, 27-12-2006 2:12 am    Post subject: Reply with quote

Waktu itu pernah habis loh, padahal masih ada yg belum komuni. Saya lupa acara apa, tapi pastinya itu acara diluar gereja. Kalo begini bagaimana?
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Ruang Pengetahuan Dasar Iman Katolik All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 3

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17