FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Bagaimana eksistensi Bunda Maria dalam kehidupan umat Katoli    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
robert DARING



Joined: 20 Jun 2007
Posts: 4

PostPosted: Fri, 29-06-2007 11:48 am    Post subject: Bagaimana eksistensi Bunda Maria dalam kehidupan umat Katoli Reply with quote

Banyak orang diluar Katolik yang menyatakan bahwa orang2 Katolik pada dasarnya menyembah Bunda Maria dan bukan Yesus. Saya ambil contoh banyak orang2 katolik yang kalau berdoa didepan patung Bunda Maria dengan menangis, berlutut dan memegang kaki-Nya. Kalaupun di situ ada patung Yesus, kemungkinan lebih banyak orang berdoa di depan patung Bunda Maria ketimbang do depan patung Yesus. Nah kalau begitu bukankah orang Katolik adalah penyembah patung? kalau begitu bukankah orang Katolik adalah penyembah Maria?Salahkah Kalau mereka yang tidak menyukai Gereja Katolik kemudain berpersepsi bahwa peran Bunda Maria di dalam Gereja Katolik jauh lebih menonjol dari pada peran Yesus itu sendiri. Buktinya gambar dan patung Maria dibuat jauh lebih besar sedangkan gambar atau patung Yesus digambar sebagai anak kecil yang digendong oleh Bunda Maria.
Disini saya bukan mau mencari kesalahan atau kekeliruan Gereja Katolik tapi mau meminta penjelasan karena banyak orang yang sering bertanya demikian kepada saya.


Salam, Tuhan Yesus Memberkati.
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
A Gentur Panuwun
== BANNED ==




Joined: 15 Jun 2006
Posts: 1357
Location: Borneo Island.......

PostPosted: Fri, 29-06-2007 12:01 pm    Post subject: Reply with quote

Saudara Robert,

Mohon maaf, Kamu sendiri Katolik atau tidak ? Mengapa aku tanyakan demikian, karena kalo membaca tulisanmu kayaknya sama sekali kamu tidak mengerti apa beda penghormatan dan penyembahan. Dan aku pikir ceritamu itu, tidak mewakili sebagian besar orang katolik yg mengerti perbedaan tersebut di atas. Keluarga Kudus misalnya, Bayi Yesus tentu akan di deskripsikan sebagai Bayi, Bagaimana kamu memahami ini ?
_________________
CREDO IN UNUM DEUM
Back to top
View user's profile Send private message MSN Messenger
johanesjoy



Joined: 11 Apr 2006
Posts: 1324
Location: Heaven on Earth-Catholic Church

PostPosted: Fri, 29-06-2007 12:34 pm    Post subject: Reply with quote

Halo saudara Robert.

Selamat datang di Ekaristi, semoga betah ya.
Quote:

Disini saya bukan mau mencari kesalahan atau kekeliruan Gereja Katolik tapi mau meminta penjelasan karena banyak orang yang sering bertanya demikian kepada saya.


Silahkan klik link INI

Di situ sudah dijelaskan dengan sangat lengkap dan tuntas oleh saudara DeusVult. Silahkan dibaca-baca, dan jika masih ada pertanyaan seilahkan bertanya kembali.

-----------------
Saya mau mencoba membantu sedikit.

Quote:
Banyak orang diluar Katolik yang menyatakan bahwa orang2 Katolik pada dasarnya menyembah Bunda Maria dan bukan Yesus. Saya ambil contoh banyak orang2 katolik yang kalau berdoa didepan patung Bunda Maria dengan menangis, berlutut dan memegang kaki-Nya. Kalaupun di situ ada patung Yesus, kemungkinan lebih banyak orang berdoa di depan patung Bunda Maria ketimbang do depan patung Yesus. Nah kalau begitu bukankah orang Katolik adalah penyembah patung?


Kami tidak menyembah patung.

Contoh : Jika kamu berdoa di depan foto orang tuamu yang tinggal jauh darimu agar Tuhan melindungi mereka, apakah berarti kamu mendoakan Foto orang tuamu...???

Tentu tidak bukan. Yang kamu doakan adalah orang tuamnu, bukan fotonya. Foto, patung , dll hanyalah alat untuk membantu konsentrasi dan visualisasi.

--------------

Quote:
kalau begitu bukankah orang Katolik adalah penyembah Maria?


Kami tidak menyembah bunda maria seperti kami menyembah Tuhan. Bunda Maria memang orang Kudus, tetapi beliau bukan Tuhan.
Yang lebih tepat adalah kami memohon Bunda Maria mendoakan kami kepada Tuhan, karena ...Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya. (Yak 5:14-16), dan Bunda Maria adalah orang Kudus.

----------------

Quote:
Salahkah Kalau mereka yang tidak menyukai Gereja Katolik kemudain berpersepsi bahwa peran Bunda Maria di dalam Gereja Katolik jauh lebih menonjol dari pada peran Yesus itu sendiri.


Mereka yang memiliki praduga dan prasangka yang buruk dan tidak pernah mau mengklarifikasi prasangka mereka adalah orang yang tidak adil dan tidak jujur.

Tetapi saya bisa meyakinkan bahwa anda adalah orang yang lebih baik dari mereka, karena anda sudah berusaha melakukan klarifikasi dengan bertanya langsung kepada kami (umat Katolik).

Banyak (tapi tidak semua) umat non-Katolik yang hanya gemar men-cap "ini" "itu" tentang Katolik tetapi tidak pernah mau secara jujur dan tulus membangun komunikasi untuk menanyakan tentang segala keberatan mereka.

----------------

Quote:
...peran Bunda Maria di dalam Gereja Katolik jauh lebih menonjol dari pada peran Yesus itu sendiri. Buktinya gambar dan patung Maria dibuat jauh lebih besar sedangkan gambar atau patung Yesus digambar sebagai anak kecil yang digendong oleh Bunda Maria.


Ini adalah salah satu presepsi yang tidak berdasar dan sangat keliru.

Silahkan anda pergi ke Misa Kudus umat Katolik dan lihat, apakah kita menyembah Bunda Maria lebih besar daripada kami menyembah Yesus? (bahkan doa Salam Maria saja tidak pernah dibacakan dalam Misa Kudus)

Gambar Bunda Maria dengan Yesus kanak-kanak ingin menunjukan hubungan antara ibu dan anak antara Bunda Maria dengan Yesus yang sangat dekat, bukan untuk menunjukan tingkatan atau yang lainnya.
Tentunya gambar Yesus memang akan lebih kecil, karena dia digambarkan sebagai anak dan Maria sebagai Ibu.

---------------

Semoga bisa sedikit membantu , sehingga segala prasangka yang negatif dan buruk yang dilontarkan oleh saudara terpisah kita bisa kita jelaskan dengan penuh kasih.


Dan jangan lupa klik link INI

GBU

GBU
_________________
Yesus adalah kepala Gereja, dan Gereja adalah tubuhNya dan keduanya adalah satu [Christus totus]

Oleh karena itu Dengan mengatakan Yesus adalah jalan keselamatan , itu berarti sama dengan mengatakan bahwa Gereja adalah jalan keselamatan.
Back to top
View user's profile Send private message
psh



Joined: 24 May 2006
Posts: 1061

PostPosted: Fri, 29-06-2007 1:36 pm    Post subject: Maria Reply with quote

Saudara Robert salam kenal ya,

Perkenankan aku menanggapi ya.

Setahu aku, Gereja Katolik tidak pernah mengajarkan kalau Maria itu disembah, tapi harusnya dihormati karena Maria adalah sama seperti kita manusia tetapi cara Maria menanggapi karya Allah bekerja di dalam hidupnya itu luar biasa yaitu untuk melahirkan Sang Mesias, Yesus sendiri. Semua benda itu tujuannya untuk mengingatkan manusia kepada Allah melalui Bunda Maria. Memang, kadang ada orang yang berelbihan dalam berdoa kepada Bunda Maria.

Seorang kristiani sejati yang tidak menerima Maria sebagai Bunda Gereja dan menempatkannya dalam kedudukan sebagai Ibu Yesus belumlah sempurna.

Saran saya, cobalah anda berdoa Salam Maria dulu, wah pasti anda akan melihat dan merasakan keajaiban doa yang indah itu. Dan sama sekali tidak ada unsur penyembahan karena kita minta Bunda Maria mendoakan kita.

Kalau sudah, mari kita berdiskusi lagi he-he.
_________________
CRESCAT ET FLOREAT


Last edited by psh on Fri, 29-06-2007 1:55 pm; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
nemesis



Joined: 11 Apr 2007
Posts: 38
Location: Somewhere under the rainbow

PostPosted: Fri, 29-06-2007 4:46 pm    Post subject: Reply with quote

Quote:
Nah kalau begitu bukankah orang Katolik adalah penyembah patung? kalau begitu bukankah orang Katolik adalah penyembah Maria?

Nggak juga tuh

Quote:
Salahkah Kalau mereka yang tidak menyukai Gereja Katolik kemudain berpersepsi bahwa peran Bunda Maria di dalam Gereja Katolik jauh lebih menonjol dari pada peran Yesus itu sendiri.

Salah , Banyak sekali ritual doa dalam Gereja Katolik yang ditujukan untuk Kristus sendiri, seperti : Jalan Salib, Novena Hati Kudus Yesus, dan terutama Komuni, dan masih banyak yang lainnya.

Quote:
Saya ambil contoh banyak orang2 katolik yang kalau berdoa didepan patung Bunda Maria dengan menangis, berlutut dan memegang kaki-Nya.

Gak pernah lihat tuh... Kayaknya kalo berdoa sambil nangis-nangis itu bukan kebiasaan umat Katolik yah... good Job good Job good Job

Quote:
Buktinya gambar dan patung Maria dibuat jauh lebih besar sedangkan gambar atau patung Yesus digambar sebagai anak kecil yang digendong oleh Bunda Maria.

'Gak juga tuh,...Ada juga Patung Yesus yang gede banget, Kalo gak salah ada 4 di dunia yang salah satunya ada di Timor Timur. Ketawa Ngakak

Yang jelas, sebagai umat Katolik kami merasakan keakraban yang sejati dengan Kristus sendiri. Merasakan kehadiran-Nya di setiap perayaan Ekaristi. Makan tubuh-Nya dan minum darah-Nya melalui komuni, Merasakan kisah sengsara-Nya di saat penyaliban melalui Jalan Salib dan perayaan Tri-Duum, dan lain-lain. Mohon rekan-rekan koreksi saya kalau ada yang salah. Terima kasih
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
adit



Joined: 16 Jan 2007
Posts: 477
Location: dalam pelukan Yesus

PostPosted: Sat, 30-06-2007 1:22 pm    Post subject: Reply with quote

@Nemesis

Quote:
Gak pernah lihat tuh... Kayaknya kalo berdoa sambil nangis-nangis itu bukan kebiasaan umat Katolik yah... good Job good Job good Job


ada juga orang2 Katolik yang berdoa sambil menangis karena memang sedang bersedih/terharu. tangisan dalam doa bukanlah hal yang dilarang. hal itu hanya ungkapan kesedihan/rasa terharu yang keluar dari lubuk hati yang paling dalam. jadi jangan pernah merasa "tdk biasa" atau "tdk wajar" bila suatu saat nanti kamu menangis saat berdoa.

bila sedikit jeli, kamu mgkin bisa menemukan umat yang sedang menangis saat misa. pemandangan ini memang agak sulit ditemukan karena biasanya mereka pandai menyembunyikan tangisan itu good Job
_________________
Bapa, ajarilah aku untuk memahami apa yang bisa kupahami dan menerima apa yang tidak bisa kupahami, amin
Back to top
View user's profile Send private message
nemesis



Joined: 11 Apr 2007
Posts: 38
Location: Somewhere under the rainbow

PostPosted: Sat, 30-06-2007 4:33 pm    Post subject: Reply with quote

@ Sdr. Adit

Quote:
ada juga orang2 Katolik yang berdoa sambil menangis karena memang sedang bersedih/terharu. tangisan dalam doa bukanlah hal yang dilarang. hal itu hanya ungkapan kesedihan/rasa terharu yang keluar dari lubuk hati yang paling dalam. jadi jangan pernah merasa "tdk biasa" atau "tdk wajar" bila suatu saat nanti kamu menangis saat berdoa.


Benar sekali Sdr. Adit, saya sendiri pun pernah menangis saat berdoa. Saya hanya mengatakan itu bukan kebiasaan umat Katolik (untuk meng-ekspose tangisan saat berdoa). Anyway thanks atas koreksinya. Smile Smile
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
cclia1227



Joined: 04 Sep 2006
Posts: 65
Location: surabaya

PostPosted: Mon, 02-07-2007 12:31 am    Post subject: Reply with quote

@ robert
saya hanya dapat mereferensikan sebuh buku kecil yang lumayan membantu menjelaskan ini, judulnya "mempertanggungjawabkan iman Katolik" penerbitnya dioma atau kanisius. silahkan dicari dan dibaca.
_________________
Fiat Voluntas Tua
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
xxx



Joined: 11 Dec 2006
Posts: 95
Location: BSD

PostPosted: Mon, 02-07-2007 8:14 am    Post subject: Reply with quote

cclia1227 wrote:

saya hanya dapat mereferensikan sebuh buku kecil yang lumayan membantu menjelaskan ini, judulnya "mempertanggungjawabkan iman Katolik" penerbitnya dioma atau kanisius. silahkan dicari dan dibaca.

Nambahin referensi lagi, ada buku baru dari Kanisius judulnya PEREMPUAN ITU MARIA? karangan Surip Stanislaus, OFM Cap harganya cuma Rp 15.000,-.
Buku ini bagus, membahas Bunda Maria dalam terang Kitab Suci, Tradisi, latar belakang dogma Maria dikandung tanpa noda dan pengangkatannya ke surga, tentang gelar2 Bunda Maria, apologi terhadap tuduhan miring tentang Bunda Maria, dll.
Aku baru beli kemarin jadi belum rampung bacanya.
Lumayan buat nambah pengetahuan.
_________________
Serahkanlah masa lalu pada Kerahiman Tuhan yang tanpa batas.Pasrahkanlah masa depan pada penyelenggaraan-Nya yang penuh kebaikan.Persembahkanlah masa kini, sepenuhnya pada Kasih Tuhan dalam kesetiaan terhadap RahmatNya
Back to top
View user's profile Send private message
hawari89



Joined: 20 Jun 2007
Posts: 13

PostPosted: Mon, 02-07-2007 8:23 am    Post subject: Reply with quote

Salam kenal semuanya,

Apakah di kedua buku itu ada penjelasan tentang gelar "Co-Redemptrix", "Ratu Rosario", dsb?
Atau adakah link2 yang bisa membantu menjelaskan istilah2 dan gelar2 yang diatributkan kepada Maria?
Saya masih belum mengerti.


Salam dan doa
_________________
Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. (1 Timotius 4:12)
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 2

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17