FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Mengapa terjadi kejahatan didunia    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
Tony
Evangelos


Joined: 20 Jan 2004
Posts: 4578
Location: Disini, ngga kelihatan apa?

PostPosted: Wed, 11-07-2007 1:49 am    Post subject: Mengapa terjadi kejahatan didunia Reply with quote

Sering kita ditanya dan bahkan ditantang oleh yg tidak percaya atau yg egois dengan keduniawian. Mengapa terjadi kejahatan bila adanya Tuhan Allah yg Maha Pengasih? Mengapa Tuhan membiarkan kejahatan terjadi didunia?

Pertanyaan ini selalu menjadi sandungan bagi umat yg kurang mengerti teologi atau yg telah mendapatkan jawaban dari yg mengerti, dimana akhirnya kehilangan iman dan menjadi sekuler, ateis, aknostik atau ateis praktis = pura2 atau ingin menjadi ateis tapi tidak tau artinya sepenuhnya.

Pertanyaan bagi kalian semua adalah kejahatan apa yg paling kejam, keji dan paling jahat yg kita ketahui dalam sejarah manusia?

Silahkan diskusi dan pasti kita akan menemukan jawabannya kenapa didunia terjadi kejahatan.

Ini adalah salah satu doktrin gereja.
_________________
Salam dan doa
F A Q
It fails to show just how the world is divided. Evil stands for division against unity. In union with God and His miracles I see my self everyday in the mirror. I am a miracle that science still is at it's heels glancing up a vast yet unacceptable impossibility, a climb to faith. Science can't and will never explain God, for science is only capable in calculating the calculable. How is science to measure anything outside of time and space that started time and space, how is the created to measure the creator? Science is an apathy of one who seeks his heart and yet refuse to see it,
Tony B Mat 12:32 Jangan membohongi diri!
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  12:32Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Back to top
View user's profile Send private message
Lawn



Joined: 26 Jun 2005
Posts: 744
Location: Planet Bumi

PostPosted: Wed, 11-07-2007 6:21 am    Post subject: Reply with quote

Koq tidak sama dengan judul. B'lagu deh!/
_________________
Aku hanya orang biasa yang ingin mencari lebih tahu banyak lagi dan berdasarkan Yesus Kristus.
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
pearl



Joined: 02 Oct 2006
Posts: 608

PostPosted: Wed, 11-07-2007 6:58 am    Post subject: Reply with quote

helo om Tony... Ketawa

IMHO, kejahatan yg paling kejam adalah tindakan/ upaya untuk membungkam/ menghabisi orang2 yang mencari kebenaran
Back to top
View user's profile Send private message
little girl



Joined: 10 Oct 2006
Posts: 1417
Location: Surabaya

PostPosted: Wed, 11-07-2007 7:02 am    Post subject: Reply with quote

Kejahatan yg plg kejam adalah kejahatan yg membuat orang jauh dr kebenaran sejati, yg menjauhkan orang dari ajaran Tuhan yg sebenarnya ... yg mengaku-aku utusan Tuhan tetapi mengajarkan kebalikan dr ajaran Tuhan (sekalipun hanya 10 % saja).

Salam good Job
_________________
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Filipi  1:21Karena bagiku hidup adalah Kristus dan mati adalah keuntungan.
Back to top
View user's profile Send private message
johanesjoy



Joined: 11 Apr 2006
Posts: 1324
Location: Heaven on Earth-Catholic Church

PostPosted: Wed, 11-07-2007 8:29 am    Post subject: Reply with quote

Kejahatan yang paling kejam yang aku tahu adalah kejahatan melawan Allah.

Karena itulah yang sama dengan apa yang dilakukan oleh Adam dan Hawa pertama kali, dan efeknya sungguh dahsyat...

Free will yang sudah dianugerahkan oleh Allah telah disalahgunakan oleh manusia karena manusia ingin seperti Allah. "Pride" dari manusia adalah asal segala dosa yang dahsyat dan asal dari segala perlawanan terhadap Allah.

GBU
_________________
Yesus adalah kepala Gereja, dan Gereja adalah tubuhNya dan keduanya adalah satu [Christus totus]

Oleh karena itu Dengan mengatakan Yesus adalah jalan keselamatan , itu berarti sama dengan mengatakan bahwa Gereja adalah jalan keselamatan.
Back to top
View user's profile Send private message
Ignaz



Joined: 20 Jun 2007
Posts: 883

PostPosted: Wed, 11-07-2007 8:42 am    Post subject: Re: Mengapa terjadi kejahatan didunia Reply with quote

Tony wrote:
Sering kita ditanya dan bahkan ditantang oleh yg tidak percaya atau yg egois dengan keduniawian. Mengapa terjadi kejahatan bila adanya Tuhan Allah yg Maha Pengasih? Mengapa Tuhan membiarkan kejahatan terjadi didunia?

Aku jadi teringat cerita temanku yang kemudian kuangkat jadi salah satu artikel pada buletin lingkunganku. Ceritanya begini :

Seorang Profesor dari sebuah universitas terkenal menantang mahasiswa-mahasiswanya dengan pertanyaan ini, "Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada?" Seorang mahasiswa dengan berani menjawab, "Betul, Dia yang menciptakan semuanya". "Tuhan menciptakan semuanya?" Tanya profesor sekali lagi. "Ya pak, semuanya" kata mahasiswa tersebut.
Profesor itu menjawab, "Jika Tuhan menciptakan segalanya, berarti Tuhan menciptakan kejahatan. Karena kejahatan itu ada, dan menurut prinsip kita bahwa pekerjaan kita menjelaskan siapa kita, jadi kita bisa berasumsi bahwa Tuhan itu adalah kejahatan."

Mahasiswa itu terdiam dan tidak bisa menjawab hipotesis profesor tersebut. Profesor itu merasa menang dan menyombongkan diri bahwa sekali lagi dia telah membuktikan kalau agama itu adalah sebuah mitos semata.

Mahasiswa lain mengangkat tangan dan berkata, "Profesor, boleh saya bertanya sesuatu?". "Tentu saja," jawab si Profesor.
Mahasiswa itu berdiri dan bertanya, "Profesor, apakah dingin itu ada?" "Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja dingin itu ada. Kamu tidak pernah sakit flu?" Tanya si profesor diiringi tawa mahasiswa lainnya.
Mahasiswa itu menjawab, "Kenyataannya, Pak, dingin itu tidak ada. Menurut hukum fisika, yang kita anggap dingin itu adalah ketiadaan panas. Suhu -46 derajat Fahrenheit adalah ketiadaan panas sama sekali. Dan semua partikel menjadi diam dan tidak bisa bereaksi pada suhu tersebut. Kita menciptakan kata dingin untuk mendeskripsikan ketiadaan panas”.

Mahasiswa itu melanjutkan, "Profesor, apakah gelap itu ada?" Profesor itu menjawab, "Tentu saja itu ada."
Mahasiswa itu menjawab, "Sekali lagi anda salah, Pak. Gelap itu juga tidak ada. Gelap adalah keadaan dimana tidak ada cahaya. Cahaya bisa kita pelajari, gelap tidak. Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk memecahkan cahaya menjadi beberapa warna dan mempelajari berbagai panjang gelombang setiap warna. Tapi Anda tidak bisa mengukur gelap. Seberapa gelap suatu ruangan diukur dengan berapa intensitas cahaya di ruangan tersebut. Kata gelap dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan cahaya."

Akhirnya mahasiswa itu bertanya, "Profesor, apakah kejahatan itu ada?"
Dengan bimbang professor itu menjawab, "Tentu saja, seperti yang telah kukatakan sebelumnya. Kita melihat setiap hari di Koran dan TV. Banyak perkara kriminal dan kekerasan di antara manusia. Perkara-perkara tersebut adalah manifesttasi dari kejahatan."
Terhadap pernyataan ini mahasiswa itu menjawab, "Sekali lagi Anda salah, Pak. Kejahatan itu tidak ada. Kejahatan adalah ketiadaan Tuhan. Seperti dingin atau gelap, kejahatan adalah kata yang dipakai manusia untuk mendeskripsikan ketiadaan Tuhan. Tuhan tidak menciptakan kajahatan. Kejahatan adalah hasil dari tidak adanya kasih Tuhan di hati manusia. Seperti dingin yang timbul dari ketiadaan panas dan gelap yang timbul dari ketiadaan cahaya."

Profesor itu terdiam…..

So, kesimpulannya, kejahatan adalah ketiadaan Tuhan. Dengan adanya kejahatan kita bisa mengerti apa itu kebaikan. Dengan ketiadaan Tuhan, kita bisa menyadari akan kehadiran Tuhan. Dan untuk itulah Tuhan hadir, seperti yang dikatakan Yesus yang kira-kira berbunyi "...Bukan orang sehat yang membutuhkan tabib, tetapi orang sakit..."
Biarlah nama Tuhan semakin dimuliakan...
AMDG

Berkah Dalem
Back to top
View user's profile Send private message
Leonardo76



Joined: 14 Aug 2006
Posts: 415
Location: Batam

PostPosted: Wed, 11-07-2007 8:55 am    Post subject: Reply with quote

Dear Tony dan rekan2 yang lain Ketawa

Tema yang menarik nih, aku ikutan sharing yah Smile
Kejahatan apa yang paling kejam?

Kalau aku mikirnya dari kebalikannya dulu:
Hukum apa yang paling utama dan terutama:
Hukum kasih : Kasihilah TUhan dan sesama
Jadi kejahatan yang paling jahat adalah orang-orang yang mengajarkan kesesatan dan menjauhkan orang lain dari hukum kasih yang merupakan kebenaran sejati. Jadi mirip jawaban mbak LG yah Smile

Gimana bung Tony kasih tau dong jawabannya Ketawa

salam damai Ketawa
Back to top
View user's profile Send private message
chris leowardy



Joined: 04 Apr 2006
Posts: 1160

PostPosted: Wed, 11-07-2007 9:52 am    Post subject: Reply with quote

Quote:
Tony
1 .Mengapa terjadi kejahatan bila adanya Tuhan Allah yg Maha Pengasih? 2 .Mengapa Tuhan membiarkan kejahatan terjadi didunia?


1 .Kesombongan cikal bakal kejahatan manusia

2 .Tuhan tidak membiarkan kejahatan terjadi di dunia,, manusia yang memilih kejahatan itu hadir dalam kehidupan ini.
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
Ignaz



Joined: 20 Jun 2007
Posts: 883

PostPosted: Wed, 11-07-2007 10:22 am    Post subject: Reply with quote

chris leowardy wrote:

1 .Kesombongan cikal bakal kejahatan manusia

2 .Tuhan tidak membiarkan kejahatan terjadi di dunia,, manusia yang memilih kejahatan itu hadir dalam kehidupan ini.


Waktu kuliah dulu, aku tertarik dengan Fisika molekuler. Lupa-lupa ingat, ada teori yang menyebutkan bahwa setiap atom, karena mempunyai massa, berarti juga mempunyai energi. Atom yang energinya teraktivasi dapat menyebabkan ketidakteraturan. Ketidakteraturan gerakan atom akan menghasilkan tumbukan antar atom, yang menghasilkan energi sangat besar yang tidak terkendali dan bersifat destruktif. Bila ketidakteraturan ini bisa diatur, maka energi dahsyat yang dihasilkanpun dapat dikendalikan dan bersifat konstruktif, salah satu caranya dengan mengkondisikan dalam reaktor, diatur suhu, tekanan dan lain-lain.

Analog dengan teori fisika tersebut, manusiapun karena dosa asal, mempunyai "energi" yang teraktivasi (free will) dan secara akumulatif bila ada banyak manusia dapat menghasilkan kecenderungan akan ketidakteraturan, muncul kejahatan dan sebagainya. Dengan penebusan Kristus membuat manusia "terkondisikan" dengan hukum cinta kasihNya. Apabila manusia telah terkondisi dengan hukum cinta Kasih Yesus, dapat menghasilkan "energi" yang bersifat konstruktif untuk membangun dunia baru yang sesuai dengan keinginanNya. Masalahnya adalah tidak mudah mengkondisikan manusia dengan hukum cinta kasih yang diajarkan Kristus.

Wah, ternyata analogi dengan teori fisika molekuler dapat digunakan untuk menerangkan masalah iman ya Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak

Berkah Dalem
Back to top
View user's profile Send private message
xxx



Joined: 11 Dec 2006
Posts: 95
Location: BSD

PostPosted: Wed, 11-07-2007 10:22 am    Post subject: Reply with quote

Saya rasa kejahatan yang paling keji adalah salah satu dari hal berikut:
1. Secara sadar tidak mau mencari kebenaran Ilahi.
2. Mengetahui kebenaran Ilahi namun sengaja menolaknya atau mendistorsinya demi kepentingannya sendiri.

Adalah sifat manusia untuk mencari pembenaran atas apa yang diyakininya. Lewat apa? Karena kebenaran Ilahi bertentangan dengan kebenaran versinya, maka ia mencari pengakuan orang lain.
Akibatnya adalah penyesatan2 yang lahir lewat segala macam isme2. Dan isme tersebut akan semakin banyak seiring munculnya kebenaran menurut versi masing2 karena sama sekali tidak ada otoritas ataupun tolok ukur selain dirinya sendiri.
Semakin banyak isme dan penolakan manusia akan kebenaran Ilahi, semakin mudah manusia tertipu dan .... akhirnya dosa dianggap omong kosong ....akibat dosa maka manusia semakin jauh dari Tuhan <---- jauh dari Tuhan = binasa.
_________________
Serahkanlah masa lalu pada Kerahiman Tuhan yang tanpa batas.Pasrahkanlah masa depan pada penyelenggaraan-Nya yang penuh kebaikan.Persembahkanlah masa kini, sepenuhnya pada Kasih Tuhan dalam kesetiaan terhadap RahmatNya


Last edited by xxx on Wed, 11-07-2007 10:30 am; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 2

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17