FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Tentang vassula Ryden    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
sonofpio



Joined: 25 Mar 2008
Posts: 78

PostPosted: Sun, 30-03-2008 7:52 pm    Post subject: Reply with quote

Dear EENS,

Eh maaf ya kalo saya salah memberikan tanggapan.

Semoga Tuhan Yesus senantiasa memberkati kita selalu.
Back to top
View user's profile Send private message
Tony
Evangelos


Joined: 20 Jan 2004
Posts: 4578
Location: Disini, ngga kelihatan apa?

PostPosted: Mon, 31-03-2008 1:02 am    Post subject: Reply with quote

EENS wrote:
Tony wrote:
Maria Sharapova wrote:
Trus kalo saya ketemu bukunya dia yang ada Nihil Obstat sama imprimaturnya, saya bisa protes penerbitnya gak yah? Apa bisa lapor ke keuskupan?


Nihil Obstat bukan JAMINAN karena bisa saja romo atas nama uskup yg simpatisan vassula seenak jidat mengeluarkan nihil obstat, lihat juga apakah ada IMPRIMI POTEST <--- ini lebih tinggi jaminannya daripada nihil obstat karena HANYA Uskup yg bisa mengeluarkan dan itupun bisa saja uskup yg mengeluarkannya juga adalah bidat, contoh Uskup Arius dll. Yg bisa menjadi jaminan adalah dari VATIKAN titik!

Semua mengenai vassula adalah bohong dan sesat! Perhatikan berapa lamanya dia menjual nama Vatikan bahwa Vatikan mendukung dia agar umat percaya .... chk ...chk .... dari itu saja sudah terlihat buah iblis.


Sejujurnya buku-buku Vassula cukup berpengaruh besar buat saya, setidaknya melalui buku-buku itu saya dengan berani melepaskan diri dari semua ajaran-ajaran new-age yang sewaktu itu pernah saya ikuti dan dengan tegas menyatakan pertobatan dalam sebuah sakramen pengakuan untuk kembali menjadi Katolik setelah beberapa tahun sebelumnya saya mengucapkan kalimat sahadat Islam. Itu terjadi kira-kira 12 tahun yang lalu.

Saya tidak mengikuti perkembangan Vassula 7 tahun terakhir ini. Apabila kemudian pesan-pesannya dikecam dan dinyatakan tidak otentik tentu kita perlu tahu pesan-pesan yang mana yang dianggap keliru. Saya percaya iblis bisa saja menyusup dalam karya-karya Tuhan, termasuk dalam pesan-pesan yang diterima Vassula. Hanya satu yang dijamin bebas salah oleh Yesus sendiri: Paus dan Magisterum (ex-katedra) dalam perkara-perkara iman dan moral.

Oleh karena itu keputusan Gereja mengenai Vassula, sejauh itu bukan ditetapkan oleh Paus ataupun Magisterum sebagai keputusan yang mengikat, tentu juga bukannya bebas salah. Bisa saja beberapa abad kemudian keputusan-keputusan Gereja soal Vassula diralat dan Vassula direhabilitasi. Ingat soal St. Bernadet, St. Joan of Arc, Galileo Galilei, dsb... Gereja sempat menentang mereka.

Tapi untuk amannya, saya juga tidak menyarankan untuk menentang keputusan Gereja. Kita tidak dalam posisi lebih pintar dan lebih berhak dari Gereja dalam soal-soal seperti ini. Taat pada Gereja jauh lebih penting sekalipun itu bertentangan dengan keinginan kita!

Kalau buat saya, ada cukup banyak pesan-pesan Vassula yang baik dan membantu pertumbuhan iman. Tapi mengingat ada kemungkinan penyesatan dari Iblis, tentunya kita perlu melakukan discernment juga sebelum menerima pesan-pesan itu sebagai kebenaran.


Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak Ketawa Ngakak
Sama sekali beda kasus, beda keputusan, beda sejarah dan beda konklusinya. Semua contoh kamu tidak seperti yg kamu tulis, terutama mengenai Galileo dan Bernadette .... sama sekali tidak sama dengan vassula. 99,99 bener tidak menjamin dan bukan karya Tuhan, karya Tuhan = 100 persen bener titik!

Lihat Adam dan Hawa yg cuma salah kecil sekali. Mungkin mereka bisa dibilang = 99,99 bener ... mengapa Yesus mesti disiksa dan mati disalib untuk memberikan JALAN kepada keselamatan dan bukan menjadikannya 100 bener??????

Hati2 dengan cara pandang relatvisme yg kamu gunakan karena tentu kamu tidak mampu mengetahui batas2 bahaya dan benarnya .... kalau mau jaminan peganglah Gereja yg = Absolutist
_________________
Salam dan doa
F A Q
It fails to show just how the world is divided. Evil stands for division against unity. In union with God and His miracles I see my self everyday in the mirror. I am a miracle that science still is at it's heels glancing up a vast yet unacceptable impossibility, a climb to faith. Science can't and will never explain God, for science is only capable in calculating the calculable. How is science to measure anything outside of time and space that started time and space, how is the created to measure the creator? Science is an apathy of one who seeks his heart and yet refuse to see it,
Tony B Mat 12:32 Jangan membohongi diri!
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  12:32Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Back to top
View user's profile Send private message
alba



Joined: 04 Jul 2009
Posts: 27

PostPosted: Sun, 05-07-2009 12:12 am    Post subject: Reply with quote

Salam dalam Kasih Kristus,

Saya anggota baru di forum ini. Salam kenal.

Saya sungguh terkejut setelah membaca apa yang teman-teman katakan mengenai Vassula. Sebab, baru saja saya menyelesaikan membaca bukunya Jilid I dan saat ini sedang membaca jilid II.

Dan sejauh ini, saya tidak menemukan hal-hal yang melenceng dari iman
Katolik. Terus terang, saya baru saja berpindah dari iman Protestan ke Katolik. Setelah membaca buku Vassula tersebut, saya semakin diyakinkan oleh Kebenaran iman Katolik yang saya anut sekarang. Selain itu, buku ini membuat hubungan saya dengan Tuhan menjadi semakin dekat. Saya bisa lebih mencintai-Nya dan mencintai sesama.

Saya tahu buku ini dari teman saya yang sudah membaca Jilid I sampai VIII. Hidupnya berubah drastis. Dari seorang Katolik yang menjalani rutinitas ibadahnya sebagai kewajiban yang membosankan, berubah menjadi Katolik yang bersemangat melayani (dia aktif di seksi pewartaan di lingkungan dan wilayah), mencintai Tuhan dan sesama, berdoa setiap saat, mengikuti ekaristi setiap hari, membaca Kitab Suci setiap hari, berpuasa 2 kali seminggu. (Karena memang itu yang diperintahkan oleh Yesus dalam buku Vassula).

Rasanya sangat jauh dari logika kalau buku yang membangkitkan semangat pertobatan ini berasal dari Iblis. Perpecahaan yang terjadi menurut saya bukan akibat dari buku ini, tetapi dari perbedaan pendapat yang timbul mengenai buku ini.

Kalau boleh tahu, apa sebenarnya pendapat resmi Gereja mengenai buku Vassula ini, yang mungkin saya belum tahu?

Yang baru saya ketahui dari internet adalah, Gereja melalui CDF (Congregation for the Doctrine of The Faith) mengeluarkan Notification pada 1995 dan dikonfirmasi ulang pada 2007. Isinya adalah himbauan kepada umat Katolik untuk tidak mengikuti persekutuan doa yang diadakan oleh Vassula, dan informasi bahwa Vassula menyatakan bahwa isi buku itu adalah hasil meditasi pribadinya. (Tetapi poin yang terakhir ini dibantah oleh Vassula). Lihat linknya di http://www.ewtn.com/library/curia/cdfrydn1.htm (Notification 1995), di http://www.unitypublishing.com/Apparitions/Vassula2007.htm ) (Notification 2007) dan rsponse dari Vassula di http://www.tlig.org/en/news/2005-05-01/2085/ (Tanggapan Vassula).

Ada 5 poin keberatan CDF mengenai isi dari buku Vassula, yang sudah diklarifikasi oleh Vassula. Bisa dilihat di http://www.tlig.org/en/testimonies/chur ..2005/grechanswr/. Saya sudah coba cari di internet tentang tanggapan balik dari CDF ini, tapi belum saya temukan.

Mungkin saya yang masih baru di Gereja Katolik ini cukup ketinggalan berita mengenai hal ini. Kalau ada informasi terbaru, mohon dinformasikan kepada saya. Saya sudah memutuskan masuk Katolik, jadi apapun keputusan Gereja, tentu akan saya ikuti.

Namun sejauh yang saya ketahui berdasarkan data-data di atas, keputusan Gereja baru bersifat Notification, dan isinya tentang himbauan/larangan untuk mengikuti persekutuan doa yang diadakan oleh Vassula. Belum ada larangan untuk membaca buku-bukunya.

Jadi, saya lebih cenderung menyetujui apa yang disampaikan oleh Bp. EENS: melakukan discerment sebelum menerima isi buku itu sebagai kebenaran (atau kesalahan).

GBU
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10669
Location: Orange County California

PostPosted: Sun, 05-07-2009 8:03 am    Post subject: Reply with quote

Ini adalah webpage yang me-link-kan ke empat dokumen dari Kongregasi Ajaran Iman berkenaan dengan Vassula Ryden.

Mengenai buku-buku Vassula Ryden, pada notifikasi CDF yang terbaru di halaman tersebut (ditandatangani prefk CDF saat in, +Levada), tertulis: "From a normative point of view therefore, following the aforementioned clarifications, a case by case prudential judgment is required in view of the real possibility of the faithful being able to read the writings in the light of the said clarifications" ("Dari sudut pandang normatif, setelah [adanya] klarifikasi [dari Vassula Ryden], sebuah pertimbangan kasus per kasus diperlukan untuk melihat kemungkinan umat beriman mampu membaca tulisan-tulisan tersebut dalam terang klarifikasi tersebut").

Jadi, umat kalau berkehendak membaca tulisan Vassula Ryden seyogyanya PALING TIDAK membaca dulu klarifikasi yang diberikan Ryden. Dan ini pun tidak bisa jadi ada orang kemudian bisa membacanya dalam terang pemahaman atas klarifikasi itu, ada yang tidak. Karena itu harus diteliti kasus per kasus.

Mengingat pemahaman iman umat Katolik Indonesia yang minim, fakta bahwa sedikit umat yang tahu akan adanya klarifikasi Ryden, ditambah reading comprehension kebanyakan orang Indonesia yang parah, aku merasa sebaiknya umat Indonesia menjauhi saja buku Ryden.



Lalu akan ada keberatan, "tapi si X, Y Z, menjadi lebih beriman karena buku itu." Well, ini tidak bisa dijadikan patokan bahwa buku yang menjadi inspirasi itu sesuai dengan iman, karena berbagai alasan:

1. Mungkin saja orang itu hanya terinspirasi oleh point-point yang tidak bertentangan dengan iman. Toh tidak setiap bagian dari buku ryden tidak sesuai dengan iman Gereja. CDF sendiri menyebut adanya "positive aspects" dalam buku Ryden. Racun kalau diberikan langsung apa adanya, jarang orang yang akan meminumnya. Tapi kalau dicampurkan kedalam masakan, minuman, maka banyak orang yang tertipu untuk meminumnya.

2. Mungkin saja kamu, alba, kurang teliti dalam menilai perubahan yang terjadi dalam diri teman kamu. Tidak bisa yang dinilai hanya sekedar rajin ke Gereja, Ekaristi dll. Orang itu harus ditanyai secara tajam mengenai pemahaman-pemahamannya yang didasarkan oleh buku Ryden. Untuk bisa menanyai dengan tepat, kamu, alba, juga memerlukan pengetahuan yang tajam atas masalah-masalah yang ada dalam buku Ryden.

Aku kira yang terjadi adalah salah satu atau kombinasi dari keduanya, meskipun begitu ada alasan ketiga yang rasanya kecil kemungkinannya:

3. Orang itu keliru memahami tulisan Ryden yang melenceng. Dia malahan memahaminya secara benar sesuai iman Gereja. Maksudnya begini, Katakanlah Ryden menuliskan bahwa 1+2=2, tapi orang ini memahaminya bahwa 1+2=3.



PS
Sementara itu dokumen-dokumen CDF jelas-jelas melarang doa bersama ala Vassula Ryden. Sama sekali tidak boleh.
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
alba



Joined: 04 Jul 2009
Posts: 27

PostPosted: Tue, 07-07-2009 2:39 pm    Post subject: Reply with quote

Salam dalam Kasih Kristus,

Terima kasih atas tanggapan yang diberikan. Saya sudah membaca dan menyalin semua file di link yang Pak DeusVuit berikan. Hal itu bagus sebagai kontrol bagi saya. Secara umum saya setuju dengan peringatan Bapak untuk berhati-hati.

Setelah browing ke sana ke mari, untuk mempelajari berbagai tanggapan terhadap Notification atas kegiatan Vassula tersebut, saya akhirnya menemukan pendapat yang cukup netral dan menyejukkan, dari seorang Teolog Amerika Serikat, Pastor Edward D. O’Connor C.S.C. Silakan simak di http://www.freewebs.com/uniocordium/GEN ..ula-OConnnor.pdf.

Poin-poin lain dari Pak DeusVult akan saya tanggapi bukan dengan pendapat, tetapi dengan contoh-contoh kesaksian pribadi, dari orang lain (saya ambil dan terjemahkan dari websitenya Vassula, hanya 3 dari puluhan kesaksian yang ada di sana) dan saya sendiri.

J.G. Indonesia, 1993 (Sumber: http://www.tlig.org/en/testimonies/laity/1/)

Saya dibaptis di Gereja Katolik ketika berumur 10 tahun. Selama beberapa tahun belakangan ini setelah mengalami baptisan Roh Kudus dalam sebuah persekutuan doa dan pembaharuan komitmen saya kepada Kristus, saya terpengaruh oleh ajaran gereja Pantekosta Karismatik. Selama beberapa tahun saya meragukan Gereja Katolik. Saya bertanya kepada Tuhan manakah gereja-Nya yang benar, yang saya harus ikuti. Tuhan memberikan jawaban kepada saya dan meyakinkan saya ketika saya membaca buku Hidup Sejati dalam Allah jilid 1 yang ditulis oleh Vassula di mana Tuhan kita menyatakan bahwa Gereja Katolik adalah Gereja-Nya yang benar, Paus adalah penerus rasul Petrus, dan Bunda Maria adalah Bunda Allah dan Bunda Gereja.



Ibu H., Indonesia, October 1996 (Sumber: http://www.tlig.org/en/testimonies/laity/3/)

Ketika untuk pertama kalinya saya mendengar dan melihat buku Hidup Sejati dalam Allah yang berisi kesaksian pribadi Vassula dengan Yesus dan Bunda Maria, saya tidak mempercayainya. Tetapi saya mencoba berpikir obyektif dan tidak menghakimi. Saya mencoba berdoa dan memohon bimbingan Roh Kudus agar hati pikiran dan kehendak saya tidak dipenuhi dengan antipati dan penolakan, tetapi untuk menemukan Kehendak Allah dalam buku yang telah diterbitkan ini. Setelah saya membaca buku Hidup Sejati dalam Allah, saya menemukan bahwa pesan-pesan Allah sama dengan isi Kitab Suci. Secara bertahap saya mulai menyukainya dan saya merasa begitu tenang, damai, dan kadang-kadang hati saya merasa begitu sedih . Dan ada juga sebuah motivasi untuk secara terus menerus melakukan introspeksi, pertobatan dan upaya untuk menjadi seorang pengikut Kristus yang baik.



A. P. E., Indonesia, December 1996 (Sumber: http://www.tlig.org/en/testimonies/laity/3/)

Setelah membaca buku Hidup Sejati dalam Allah, saya tahu bahwa ini adalah buku mistis dan spiritual yang terbaik dari begitu banyak buku yang sudah saya baca sebelumnya! Berkat buku ini, saya tahu betapa sempurnanya kasih Allah. Ia begitu sensitif dan Maha Kuasa, Allah yang benar-benar merindukan tanggapan Kasih dari kita. Buku ini merubah secara total pendapat saya tetang Tuhan dan juga terhadap Yesus. Setelah itu saya secara mantap dan berani mengakui Yesus adalah Allah dan Juru Selamat. Untuk saya, Yesus adalah Tuhan yang benar-benar manusia dan pada saat yang sama juga seorang manusia yang benar-benar Ilahi. Pesan-pesan Yesus melalui Vassula telah mengubah iman saya kepada Kristus. Saya mulai mengikuti Dia. Dan beberapa bulan kemudian saya melakukan pengakuan dosa untuk pertama kalinya sejak sekitar 15 tahun terakhir, dan kemudian dengan semangat baru saya mulai mengikuti misa secara teratur. Melalui Vassula, Yesus mengajar saya bahwa I sendiri menginginkan relasi yang bukan hanya berdasarkan kebutuhan dan tugas sajam tetapi juga berdasarkan Kasih. Ini adalah sebuah pelajaran kebenaran mistis, dan merupakan puncak dari semua pencarian spiritual saya.


alba, Indonesia, 2009

Bulan April tahun ini, saya dikukuhkan masuk Gereja Katolik. Sebelumnya saya dari Gereja Pantekosta, walaupun sudah tidak pernah ke gereja itu lagi sejak menikah dengan istri saya yang Katolik, 9 tahun lalu. Tidak mudah bagi saya berpindah dari iman Protestan ke Katolik. Banyak pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab dulu, yang menurut ajaran Protestan/Pantekosta tidak sesuai dengan Kitab Suci, seperti misalnya tentang adanya Otoritas lain di luar Kitab Suci, doa kepada orang-orang kudus, api penyucian, Pengampunan dosa melalui imam, dan tentang penghormatan yang sangat berlebihan kepada Bunda Maria. Banyak buku-buku apologetik Katolik yang saya baca untuk itu. Dan akhirnya, seperti kata Kitab Suci, “Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena ia akan dipuaskan (Mat 5:6),” akhirnya saya mantap masuk Gereja Katolik.

Anehnya, pada saat yang hampir bersamaan, 3 orang saudara sepupu saya, yang semula penganut Katolik yang taat, berpindah ke gereja Pantekosta, mengikuti adiknya yang juga sudah pindah dari Katolik ke Pantekosta, mengikuti suaminya, beberapa tahun sebelumnya. Suatu hari, salah seorang dari mereka berkata kepada ibu saya, kok saya mengalami kemunduran. Semua pada ramai-ramai pindah dari Katolik ke Pantekosta, saya kok malah kebalikannya. Saya tahu alasan mereka pindah karena suasana ibadahnya yang meriah, dengan lagu-lagu modern, kotbah pendeta yang bagus dan berapi-api, sesuatu yang mereka pernah kritik sekitar 15 tahun sebelumnya kita mereka masih jadi penganut Katolik yang taat dan saya juga masih rajin ke gereja Pantekosta.

Mendengar cerita itu dari ibu saya, istri saya sempat emosi, tetapi saya diam saja. Tidak sedikit pun hal itu menggoyahkan keputusan saya. Lalu pada bulan Mei lalu seorang teman (teman yang saya sebutkan di postingan sebelumnya) meminjami buku Hidup Sejati dalam Allah yang ditulis oleh Vassula, seorang penganut Kristen Orthodox Yunani. Ternyata buku ini sangat luar biasa! Saya merasakan Yesus sendiri yang berbicara kepada saya pada saat saya membacanya. Perubahan yang segera terjadi pada diri saya adalah, bertambahnya kasih dalam diri saya, baik kepada Tuhan dan sesama, termasuk kepada saudara-saudara Kristiani non Katolik dan juga penganut agama non-Kristiani.

Dan yang paling menggembirakan saya, dalam buku itu Yesus melalui Vassula mengatakan bahwa Maria adalah Bunda Allah dan Bunda Gereja. Yesus juga minta kepada kita untuk memberikan salam kepada Bundanya, melalui doa Rosario. Yesus juga minta kita menyambut ekaristi sesering mungkin karena dalam ekaristi tubuhNya hadir di sana. Dalam buku itu disebut juga kebenaran mengenai Api Penyucian, sebuah doktrin yang ditentang oleh Gereja Orthodox, di mana Vassula sendiri menjadi penganutnya!

Melalui buku ini, saya mendapat konfirmasi dari Tuhan, bahwa Gereja Katolik adalah Gereja yang satu, kudus, apostolik, dan universal, yang didirikan oleh Tuhan Yesus sendiri. Namun saya tetap mengasihi saudara sepupu saya itu dan juga orang-orang yang telah menarik mereka keluar dari Gereja. Kalau bertemu dengan mereka saya siap bersaksi tentang kebenaran iman Katolik kepada mereka. Dalam buku Vassula, Yesus berkata bahwa semua gereja-gereja-Nya akan bersatu di bawah Petrus, yang adalah fondasi Gereja, yaitu Gereja Katolik itu sendiri.

God Bless You All!
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
alba



Joined: 04 Jul 2009
Posts: 27

PostPosted: Tue, 07-07-2009 3:17 pm    Post subject: Reply with quote

Maaf, link Pastor O'Connor di atas seharusnya tidak pakai titik di bagian belakang:

http://www.freewebs.com/uniocordium/GEN ..sula-OConnnor.pdf

Kalau pakai titik, tidak bisa dibuka.

GBU
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
omplong



Joined: 28 Nov 2007
Posts: 13

PostPosted: Tue, 07-07-2009 5:07 pm    Post subject: Reply with quote

Mengenai Vassula Ryden (dari Ave Maria, No. AM-40, jan-feb 2007),

Ini cuplikan dari artikel Penampakan ASLI dan PALSU
oleh: Pastor Peter Joseph


Mengapa Iblis melakukannya?
Orang Katolik sebaiknya sangat berhati-hati memberikan persetujuan dg visiun dan pesan sebelum mereka menerima pengakuan RESMI dari Gereja.
Si iblis telah membangkitkan banyak mistikus2 palsu di tahun2 terakhir ini. Orang bertanya, "Mengapa iblis di belakang wahyu yg mendorong org untuk berdoa dan berpuasa dan melakukan penitensi? Itu akan menjadi setan terpecah melawan dirinya sendiri."

Pertanyaaan yg pantas. Mengapa dia melakukannya?

Untuk sejumlah alasan, untuk mengganggu orang dari wahyu pribadi yg asli; untuk membuat mereka melakukan latihan2 yg tidak diberkati Allah; untuk menjelek-jelekan wahyu pribadi; untuk menyebabkan rasa kecewa dan bahkan krisis iman jikalau seorang penglihat di kemudian hari terbukti salah dan palsu; dan yang paling parah dari semuanya, dengan halus membimbing beberapa orang keluar dari Gereja.
Si iblis mau kehilangan banyak (di depan), jika dia memperoleh keuntungan dalam jangka panjang.

Si iblis bergembira saat orang Katolik menolak cara perkembangan rohani yg telah diuji dan benar, untuk mengejar hal2 luar biasa dan belum diakui. Gereja sangat berhati-hati seblm mengakui kebenaran wahyu pribadi, krn dia (gereja) tahu bgmn "BAHKAN SETAN MENYAMAR SEBAGAI MALAIKAT TERANG" (2Kor 11: 14). Dia hrs menghindari keabsahan dan skeptisme yg tak beralasan. "Janganlah memadamkan Roh; jangan menyindir nubuat, namun ujilah semua itu," perintah St. Paulus (1Tes 5:19-21). Dan St. Yohanes memperingati, "Yg terkasih, janganlah percaya setiap roh, namun ujilah roh2 untuk melihat jikalau mereka dari Allah" (1Yoh 4:1). Beberapa roh cukup mudah untuk dikenal; yg lainnya sangat sulit.

CONTOH2 PENAMPAKAN YG DINILAI PALSU
Bebrp individu telah dinilai palsu dg namanya, cthnya Vassula Ryden,dan Little Pebble, William Kamm. Vassula telah dinyatakan bersalah dua kali (2X) oleh Jabatan Kudus (Kongregasi Doktrin Iman), dg alasan bahwa wahyu mereka TIDAK DATANG DARI ALLAH, dan karena mereka mengandung kesalahan terhadap iman Katolik.

Anda dengar org berkata, "Namun tulisannya sungguh rohani dan begitu indah!" Saya setuju; mungkin 99% pesan2 Vassula sesuai dg iman Katolik, namun itulah bagaimana si iblis berkarya untuk menipu orang Katolik yg saleh. 1% nya yg berbahaya.

Sebuah apel beracun sebagian besar adalah apel yg baik, namun akan tetap merugikan kamu. Si iblis tahu dia tidak dapat menipu orang Katolik taat dengan bidaah terang2an, tapi dia (iblis) dapat mengambil simpati dari kesalehan mereka, kemudian menanamkan kesalahan di dalam.

Dalam kasus apaun, belum pernah ada wahyu terakui dalam sej Grj dimana Allah mengambil alih tangan seseorang dan memberi pesan2 dg tulisan penanya. Tetapi anda memang dpt menemukan pesan2 tertulis diberikan saat pertemuan dg orang mati -- dan pertemuan semacam itu dihukum bersalah oleh Gereja sbg praktek sihir melawan hukum Allah.

(Jadi itulah yg terjadi dalam wahyu Vassula Ryden, Gereja tahu dan mengerti tindakan menulis wahyu dg pena yg berjalan sendiri adalah hal kesalahan yg fatal, yg mana itu termasuk dalam praktek sihir).

Semoga tulisan yg saya ambil dari Ave Maria ini dapat memberikan pemahaman yg berguna bagi yg percaya oleh wahyu pribadi Vassula Ryden.


Last edited by omplong on Tue, 07-07-2009 5:10 pm; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10669
Location: Orange County California

PostPosted: Tue, 07-07-2009 7:09 pm    Post subject: Reply with quote

alba wrote:


Poin-poin lain dari Pak DeusVult akan saya tanggapi bukan dengan pendapat, tetapi dengan contoh-contoh kesaksian pribadi, dari orang lain (saya ambil dan terjemahkan dari websitenya Vassula, hanya 3 dari puluhan kesaksian yang ada di sana) dan saya sendiri.

Kesaksian-kesaksian tersebut tidak dapat dijadikan dasar untuk menilai otentisitas visi yang diterima Vassula Ryden.

Kalau kita diminta untuk benar-benar menguji Roh (1Yoh 4:1) maka selain kesaksian itu maka perlu diajukan pertanyaan-pertanyaan terinci, misalnya: "Bagian mana dari buku Ryden yang membuat-mu semakin dekat dengan Gereja Katolik? Bagaimana kamu memahami bagian tersebut? Apakah menurutmu bagian tersebut sesuai dengan ajaran Gereja? Ajaran yang mana? Apa yang kamu tahu tentang ajaran itu? Lalu bagaimana dengan bagian A, B, C dari buku Ryden? Apa pemahamanmu atas hal-hal itu?" dll.

Kekeliruan yang biasanya menyusup karena membaca buku yang sesat maupun bidat biasanya sulit kelihatan.

Sebagai contoh, salah satu kesalahan Ryden adalah menyebut Yesus sebagai Putra dari Trinitas. Ini mungkin secara sekilas bukanlah masalah besar. Bahkan mungkin pembaca buku Ryden tidak terlalu memikirkan hal itu. Tapi bagaimana kalau suatu saat dia mengkontemplasikan mengenai hal ini, menghasilkan suatu renungan yang inspiratif atasnya dan renungan ini dibukukan kemudian laku menjadi best seller?

Padahal ini adalah salah satu kekeliruan yang fundamental. Yesus bukan Putra dari Trinitas Dia adalah putra Bapa. MenyebutNya putra dari trinitas berarti mengacaukan apa yang disebut "divine relation" yaitu hal-hal mengenai hubungan antar pribadi dalam trinitas. Salah satu point fundamental dalam divine relation adalah bahwa nama "Bapa," Putra," dan "Roh Kudus" adalah apa yang membedakan ketiga pribadi yang dalam segala hal lainnya sama dan setara. Pribadi A berbeda dari Pribadi B karena Pribadi A adalah Bapa bagi Pribadi B, yang adalah Putra, dan seterusnya (rumit sekali).

Ryden sendiri menanggapi masalah ini. Pembelaan dia pada dasarnya adalah mengatakan bahwa karena dia bukan teolog maka tentunya bahasa yang dia gunakan tidak akan mempunyai presisi seperti seorang skolastik handal. Sehingga pernyataan bahwa Yesus adalah putra trinitas seyogyanya dipahami sebagaimana Ryden memahaminya [yang menurutnya masih sesuai dengan ajaran Gereja] bukan menurut bahasa presisi teolog Gereja. Ryden kemudian mencontohkan seorang Santa Bernadette yang diajak berbicara Perawan Maria dengan bahasa lokal yang sederhana, dimana bahasa lokal ini mungkin tidak sinkron dengan presisi bahasa teologis.

Jadi untuk memahami tulisan Ryden, maka perlu bagi pembacanya untuk mengenal budaya dan bahasa yang digunakannya supaya tidak tiba pada kesalahan. Lalu mana ada pembaca awam yang mampu seperti ini ketika dihadapkan pada statement dalam buku Ryden bahwa Yesus adalah putra trinitas? Mana tahu mereka bahwa pernyataan itu ahrus dipahami sesuai dengan pemahaman budaya dan bahasa Ryden yang adalah si penerima visi tersebut?



So, sekali lagi, untuk mengetahui otentisitas suatu visi itu cukup kompleks. Tidak bisa kesaksian seperti itu dijadikan dasar tanpa ada penyelidikan lebih lanjut.
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
alba



Joined: 04 Jul 2009
Posts: 27

PostPosted: Tue, 07-07-2009 8:50 pm    Post subject: Reply with quote

Salam dalam Kasih Kristus,

Untuk Sdr Omplong dan DeusVult,

Maaf, apakah Sdr-Sdr sudah pernah membaca buku Vassula sendiri? Semoga pengetahuan Sdr tentang buku ini bukan hanya dari kutipan-kutipan pendapat orang lain. Karena, saya juga bisa menunjukkan juga beberapa pendapat pihak lain yang mendukung buku Vassula ini sebagai wahyu pribadi yang otentik. Selain itu, semoga tanggapan yang Sdr-sdr berikan, dilakukan setelah membaca lengkap postingan saya, termasuk file dalam link itu. (Pendapat Pastor O'Connor).

Mengenai pertanyaan dari Sdr DeusVult tentang bagian mana yang membuat saya semakin dekat dengan Gereja Katolik, ini saya berikan beberapa kutipan amanat Yesus:


Hormatilah Bunda-Ku sebagaimana Aku, Sang Sabda, menghormati Dia atas segala-galanya. Maka, tidakkah wajar apabila Aku menginginkan agar engkau, yang sebenarnya debu dan abu, mengikuti Dia sebagai Ratu Surga, dan menghormati Dia? Sekarang Aku berduka melihat betapa sedikit ciptaan-Ku menyadari pentingnya Bunda-Ku. Mereka yang bergabung di bawah nama Luther dan mereka yang telah mengasingkan diri secara total, herus kembali kepada Petrus. Buku Jilid II, 23.12.87


Vassula, Aku akan membawa kembali kawanan-Ku yang tercerai-berai kepada Petrus. Aku, Tuhan, menjamin hal ini kepada engkau semua! Jild II. 22.11.87

Trinitas yang dituliskan secara keliru, sama sekali tidak mempengaruhi atau menyelewengkan pemahaman saya tentang Trinitas menurut ajaran Gereja. Tetapi saya menangkap pesan yang jauh lebih penting, pesan untuk pertobatan, hidup dalam kasih kekudusan, mengasihi-Nya dan mendatangkan jiwa-jiwa kepada Dia, dsb.

Nah, karena saya sudah pernah membacanya sendiri dan saya sudah merasakan manfaat yang besar dari buku ini untuk perkembangan iman saya, tetapi sdr - sdr meragukannya, bagaimana kalau sdr-sdr mencarikan bagi saya mana bagian-bagian dari buku ini yang "sesat" dan menunjukkannya kepada saya. Siapa tahu, dengan cara ini saya berhasil diyakinkan. Tapi tolong jangan mengambil dari kutipan orang lain. Bisa saja mereka mempunyai motivasi tertentu.

Mungkinkah amanat dalam buku Vassula berasal dari si jahat? Tidak mungkin, mengingat banyaknya buah-buah pertobatan yang dihasilkan. Selain itu:

Mark 3 : 23-25 mengatakan :
Yesus memanggil mereka, lalu berkata kepada mereka dalam perumpamaan: “Bagaimana iblis dapat mengusir iblis? Kalu suatu kerajaan terpecah-belah, kerajaan itu tidak bisa bertahan, dan jika suatu rumah tangga terpecah-pecah, rumah tangga itu tidak dapat bertahan."

Jadi, logika bahwa iblis masuk pelan-pelan menurut saya sangat lemah. Dan KAI sejauh ini belum mengeluarkan statemen bahwa buku ini berasal dari Iblis. Kalau Sdr Omplong bilang buku ini bisa membuat orang keluar dari gereja, ya benar, tapi keluar dari Gereja Protestan atau Orthodox, menuju gereja Katolik!

God Bless You All!
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10669
Location: Orange County California

PostPosted: Wed, 08-07-2009 9:27 am    Post subject: Reply with quote

Klarifikasi:

Pernyataan "Yesus adalah Putra Trinitas" ternyata tidak berasal dari buku Ryden. Aku keliru. Yang terjadi adalah demikian: Ryden menggunakan terminologi Trinitas yang kalau dilihat dari kacamata teologi yang precise adalah bidah. Ryden kemudian membela diri dengan mengatakan pernyataannya hendaknya dinilai dari kemampuan, bahasa dan budaya yang dia miliki bukan dari sudut pandang teologi yang precise. Dia kemudian mencontohkan Catherine dari Sienna yang mengatakan "You are my Creator, Eternal Trinity, and I am your creature. You have made of me a new creation in the blood of Your Son." Ryden mengatakan bahwa ucapan seperti ini seperti membuat Yesus adalah putra Trinitas dan terdengar heterodoks. Jadi dia menganjurkan ha-hal seperti itu (yang juga ada di tulisannya, dan ini dikritik CDF) dipahami "sebisa mungkin secara baik."


Masalahnya adalah biasakah seorang awam yang tidak mengenal teologi apalagi budaya dan bahasa Ryden diharapkan untuk selalu memahami tulisan Ryden secara baik dan tidak bertentangan dengan Gereja? Sulit.






alba wrote:
Salam dalam Kasih Kristus,

Untuk Sdr Omplong dan DeusVult,

Maaf, apakah Sdr-Sdr sudah pernah membaca buku Vassula sendiri? Semoga pengetahuan Sdr tentang buku ini bukan hanya dari kutipan-kutipan pendapat orang lain. Karena, saya juga bisa menunjukkan juga beberapa pendapat pihak lain yang mendukung buku Vassula ini sebagai wahyu pribadi yang otentik. Selain itu, semoga tanggapan yang Sdr-sdr berikan, dilakukan setelah membaca lengkap postingan saya, termasuk file dalam link itu. (Pendapat Pastor O'Connor).

Well, vatican belum menilai bahwa wahyu Ryden otentik.

Dan kalaupun itu otentik, umat tidak terikat terhadap wahyu Pribadi (termasuk Fatima atau Lourdes yang sangat otentik).

Dan rasanya tidak perlu membaca buku Ryden untuk tahu kesalahannya.


Quote:
Mengenai pertanyaan dari Sdr DeusVult tentang bagian mana yang membuat saya semakin dekat dengan Gereja Katolik, ini saya berikan beberapa kutipan amanat Yesus:


Hormatilah Bunda-Ku sebagaimana Aku, Sang Sabda, menghormati Dia atas segala-galanya. Maka, tidakkah wajar apabila Aku menginginkan agar engkau, yang sebenarnya debu dan abu, mengikuti Dia sebagai Ratu Surga, dan menghormati Dia? Sekarang Aku berduka melihat betapa sedikit ciptaan-Ku menyadari pentingnya Bunda-Ku. Mereka yang bergabung di bawah nama Luther dan mereka yang telah mengasingkan diri secara total, herus kembali kepada Petrus. Buku Jilid II, 23.12.87


Vassula, Aku akan membawa kembali kawanan-Ku yang tercerai-berai kepada Petrus. Aku, Tuhan, menjamin hal ini kepada engkau semua! Jild II. 22.11.87

Yah, ini bukan pernyataan yang problematik.

Quote:
Trinitas yang dituliskan secara keliru, sama sekali tidak mempengaruhi atau menyelewengkan pemahaman saya tentang Trinitas menurut ajaran Gereja.

Bagaimana kamu tahu itu?

Apakah kamu sendiri tahu ajaran Gereja tentang Trinitas sehingga sadar bahwa penggunaan terminologi Trinitas oleh Ryden, kalau dipandangn secara presisi teologis, tidak sesuai?

Quote:
Tetapi saya menangkap pesan yang jauh lebih penting, pesan untuk pertobatan, hidup dalam kasih kekudusan, mengasihi-Nya dan mendatangkan jiwa-jiwa kepada Dia, dsb.


Aku kira hal mengenai Trinitas, yaitu Allah sendiri, tentunya adalah sesuatu yang penting, sangat penting.

Quote:
Nah, karena saya sudah pernah membacanya sendiri dan saya sudah merasakan manfaat yang besar dari buku ini untuk perkembangan iman saya, tetapi sdr - sdr meragukannya, bagaimana kalau sdr-sdr mencarikan bagi saya mana bagian-bagian dari buku ini yang "sesat" dan menunjukkannya kepada saya. Siapa tahu, dengan cara ini saya berhasil diyakinkan. Tapi tolong jangan mengambil dari kutipan orang lain. Bisa saja mereka mempunyai motivasi tertentu.

Yah, aku tidak ada waktu.

Quote:
Mungkinkah amanat dalam buku Vassula berasal dari si jahat? Tidak mungkin, mengingat banyaknya buah-buah pertobatan yang dihasilkan.

Pondok-pondok pesantren juga sering mempertobatkan orang yang sebelumnya hidupnya bejat dan kacau.

Jadi pengechekkannya itu tidak segampang yang ada dalam bayanganmu.

Quote:
Selain itu:

Mark 3 : 23-25 mengatakan :
Yesus memanggil mereka, lalu berkata kepada mereka dalam perumpamaan: “Bagaimana iblis dapat mengusir iblis? Kalu suatu kerajaan terpecah-belah, kerajaan itu tidak bisa bertahan, dan jika suatu rumah tangga terpecah-pecah, rumah tangga itu tidak dapat bertahan."

Kekeliruan tersembunyi yang tidak diketahui seseorang yang bertobat karena bukunya Ryden bisa membahayakan di masa depan. Siapa tahu setelah menjadi seorang Katolik maka dia kemudian malahan menyesatkan orang Katolik lainnya.


Sekali lagi, menguji roh itu tidak gampang.

Quote:
Jadi, logika bahwa iblis masuk pelan-pelan menurut saya sangat lemah. Dan KAI sejauh ini belum mengeluarkan statemen bahwa buku ini berasal dari Iblis. Kalau Sdr Omplong bilang buku ini bisa membuat orang keluar dari gereja, ya benar, tapi keluar dari Gereja Protestan atau Orthodox, menuju gereja Katolik!

God Bless You All!

Vatican sendiri rasanya tidak pernah megeluarkan statement bahwa suatu buku berasal dari Iblis. statementnya biasanya adalah suatu buku tidak sesuai dengan iman Katolik.
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 10

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17