FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Kenapa 10 perintah Allah versi Katolik beda dengan Protestan    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
pras-pas



Joined: 12 Feb 2004
Posts: 50

PostPosted: Tue, 28-09-2004 2:12 am    Post subject: Kenapa 10 perintah Allah versi Katolik beda dengan Protestan Reply with quote

Penomoran Protestant:

1. Jangan punya Allah lain selain Aku
2. Jangan membuat patung yang menyerupai apa yang dilangit atau dibumi atau dilaut.
3. Jangan menyebut nama Allah dengan sia-sia
4. Ingatlah hari Sabath dan kuduskanlah.
5. Hormatilah ayah ibumu
6. Jangan membunuh
7. Jangan berbuat cabul
8. Jangan mencuri
9. Jangan bersaksi dusta pada sesama.
10. Jangan ingin akan istri sesamamu atau segala miliknya.




Penomoran Katolik:
1. Jangan punya Allah lain selain Aku
2. Jangan menyebut nama Allah dengan tidak hormat
3. Kuduskanlah hari tuhan
4. Hormatilah ibu-bapamu
5. Jangan membunuh
6. Jangan berbuat cabul
7. Jangan mencuri
8. Jangan bersaksi dusta pada sesamamu manusia
9. Jangan ingin berbuat cabul
10. Jangan ingin akan milik sesamamu.



Kadang-kadang karena perbedaan ini Protestant menuduh bahwa Katolik menghilangkan perintah ke 2 supaya Katolik bisa membuat patung di Gereja untuk disembah.
_________________
Shalom
Back to top
View user's profile Send private message
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10576
Location: Orange County California

PostPosted: Tue, 28-09-2004 2:36 am    Post subject: Reply with quote

Cuma versi Katolik dan Protestant? Kenapa tidak kita tambah dengan 10 Perintah Allah versi Yahudi?


Penomoran Yahudi:

1. Percayalah pada Allah
2. Jangan menyembah secara tidak pantas
3. Jangan bersumpah
4. Patuhilah Sabat
5. Hormatilah orang tua dan guru.
6. Jangan membunuh
7. Jangan berbuat cabul
8. Jangan mencuri
9. Jangan bersaksi dusta
10. Jangan menginginkan yang bukan milik kamu.


Ada juga versi Orthodox (dan dengar2 ada juga versi muslim).



Kenapa banyak versi? Karena memang tidak ada pembagian di ayat yang menjadi sumber perintah Allah di Alkitab (Keluaran 20 dan Bilangan 5).

Bahkan penomoran bab dan ayat di Alkitab sebenarnya dimasukkan oleh manusia untuk memudahkan pencarian ayat.


Sistem penomoran di Katolik adalah menurut penomoran St Agustinus. Perintah untuk tidak membuat patung dimengerti sebagai bagian dari perintah pertama yaitu "Jangan punya Allah selain Aku" karena yang dimaksud jangan membuat patung adalah jangan membuat patung untuk disembah. Perintah no 10 di versi protestant dipisah menjadi perintah ke 9 dan ke 10 di versi Katolik, dengan alasan bahwa jika berbuat cabul dan mencuri dipisahkan di perintah ke 6 dan 7 (versi katolik) maka akan lebih masuk akal kalau "keinginan" untuk berbuat cabul DAN mencuri dipisahkan (sehingga menjadi perintah ke 9 dan 10 di versi Katolik.
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
Andrien



Joined: 17 Sep 2004
Posts: 42
Location: Brisbane-Australia

PostPosted: Mon, 04-10-2004 8:33 am    Post subject: Reply with quote

Sedikit koreksi aja untuk perintah pertama dan kedua versi katolik

Akulah Tuhan Allahmu,
1 janganlah menyembah berhala, berbaktilah kepadaku saja dan cintailah aku melebihi segala sesuatu.
2 jangan menyebut nama Tuhan Allahmu dengan tidak hormat.

jadi tidak benar 10 perintah Allah versi katolik menghilangkan penyembahan berhala.

dan umat katolik tidak pernah menyembah berhala. patung dan gambar yang digunakan dalam gereja katolik hanya merupakan lambang dan simbol bukan suatu pribadi yang hidup. Geeeeeeeeeek

atau bisa diilustrasikan dengan foto anggota keluarga, teman, pacar, atau siapapun yang kita simpan. apakah itu berarti kita menyembah mereka?
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail Yahoo Messenger MSN Messenger
- O -
Penghuni Ekaristi


Joined: 21 Jan 2004
Posts: 1876

PostPosted: Mon, 04-10-2004 10:23 am    Post subject: Reply with quote

Kalau yang versi Tabut Perjanjian bagaimana ? Apa sama dengan yang dikatakan versi Yahudi ? Kenapa bisa berbeda yach ? Ketawa. Mengapa tidak memakai versi Tabut Perjanjian saja ? biar sama semuanya Ketawa.
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
DeusVult
Evangelos


Joined: 10 Feb 2004
Posts: 10576
Location: Orange County California

PostPosted: Mon, 04-10-2004 11:16 am    Post subject: Reply with quote

Aku pribadi gak pernah dengar yang namnya versi Tabut Perjanjian.
_________________
Mohon doa saudara-saudari
Back to top
View user's profile Send private message
Tony
Evangelos


Joined: 20 Jan 2004
Posts: 4573
Location: Disini, ngga kelihatan apa?

PostPosted: Mon, 04-10-2004 11:24 am    Post subject: Reply with quote

KS sendiri tidak pernah mengatakan adanya SEPULUH .....

Yg ada adalah Perintah Tuhan ......... kenapa 10, karena Katolik yg menghitungnnya iseng2 saja dulu, dan kemudian sekarang menjadi patokan .....semua umat kristen ..... yg jelas adalah perintah Tuhan ....dan bukan sepuluh perintah ...... coba tanya agama Yahudi apakah mereka menyebutkannya juga SEPULUH ?

Coba tunjukan di KS ada berapa perintahnya sebenarnya ....... atau berapa ayat .....yg jelas ayatnya saja tidak sepuluh ......

Baca Keluaran 20:1-11 coba hitung lagi semua ayatnya hehehehehe....


Just for thoughts hehehehehehe...........

To me it is not ten rather The Commandments ....... good Job
_________________
Salam dan doa
F A Q
It fails to show just how the world is divided. Evil stands for division against unity. In union with God and His miracles I see my self everyday in the mirror. I am a miracle that science still is at it's heels glancing up a vast yet unacceptable impossibility, a climb to faith. Science can't and will never explain God, for science is only capable in calculating the calculable. How is science to measure anything outside of time and space that started time and space, how is the created to measure the creator? Science is an apathy of one who seeks his heart and yet refuse to see it,
Tony B Mat 12:32 Jangan membohongi diri!
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  12:32Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Back to top
View user's profile Send private message
- O -
Penghuni Ekaristi


Joined: 21 Jan 2004
Posts: 1876

PostPosted: Mon, 04-10-2004 11:51 am    Post subject: Reply with quote

Well, begini... cerita yang aku terima (dan dahulu boro-boro tanya sumbernya dari mana...) adalah Sepuluh perintah Allah tertulis di dua loh batu. lima perintah buat Tuhan di loh batu pertama, lima perintah lagi buat manusia di loh batu kedua. Terus kedua loh batu ini dimasukin ke tabut perjanjian.

Nah, ini yang aku maksud dengan 'versi tabut perjanjian'. Berarti waktu itu belum dinomorin yach ? cuman istilahnya 'Commandments' gitu aja yach ? Ketawa.
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
Tony
Evangelos


Joined: 20 Jan 2004
Posts: 4573
Location: Disini, ngga kelihatan apa?

PostPosted: Mon, 04-10-2004 11:55 am    Post subject: Reply with quote

Persiss.....................sssst ..... jago deh Mr O Ketawa Ngakak
_________________
Salam dan doa
F A Q
It fails to show just how the world is divided. Evil stands for division against unity. In union with God and His miracles I see my self everyday in the mirror. I am a miracle that science still is at it's heels glancing up a vast yet unacceptable impossibility, a climb to faith. Science can't and will never explain God, for science is only capable in calculating the calculable. How is science to measure anything outside of time and space that started time and space, how is the created to measure the creator? Science is an apathy of one who seeks his heart and yet refuse to see it,
Tony B Mat 12:32 Jangan membohongi diri!
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Matius  12:32Apabila seorang mengucapkan sesuatu menentang Anak Manusia, ia akan diampuni, tetapi jika ia menentang Roh Kudus, ia tidak akan diampuni, di dunia ini tidak, dan di dunia yang akan datangpun tidak.
Back to top
View user's profile Send private message
vecol



Joined: 01 Nov 2005
Posts: 9

PostPosted: Mon, 14-11-2005 8:29 pm    Post subject: Reply with quote

Bukannya ada 4 perintah (Kel 20:3-11) hubungan manusia dengan Allah pada bagian kiri dan 6 perintah (Kel 20:12-17) hubungan manusia dengan manusia pada bagian kanan?
lalu ada perbedaan antara Hari Sabat dengan Hari Tuhan / Minggu? apa itu berarti Gereja merubah kesucian hari Sabat ke hari Minggu?
Back to top
View user's profile Send private message
-T-



Joined: 25 Nov 2004
Posts: 191

PostPosted: Mon, 14-11-2005 8:56 pm    Post subject: Reply with quote

Quote:
Bukannya ada 4 perintah (Kel 20:3-11) hubungan manusia dengan Allah pada bagian kiri dan 6 perintah (Kel 20:12-17) hubungan manusia dengan manusia pada bagian kanan?
lalu ada perbedaan antara Hari Sabat dengan Hari Tuhan / Minggu? apa itu berarti Gereja merubah kesucian hari Sabat ke hari Minggu?



coba dilihat lagi deh:

Akulah Tuhan Allahmu

1. Jangan menyembah berhala, berbaktilah kepadaKU saja, dan cintailah Aku lebih dari segala sesuatu
2. Jangan menyebut nama Tuhan Allahmu secara tidak hormat
3. Kuduskanlah hari Tuhan
4. Hormatilah Ibu Bapamu
5. Jangan membunuh
6, 7,.... etc


setau gw, sih ga ada mengganti. Pastor pernah gw dengar bilang hanya melengkapi aja.


Sebenranya kata Sabat kan = Berhenti.

ya udah pilih aja salah satu dr ketujuh hari yang ada. Nah untuk membuat kebersamaan ya dipilih lah Minggu (karena kebangkitan Kristus dan hari pentakosta).
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 6

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17