FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Pandangan gereja Katolik tentang iblis,setan dsb    
Goto page: Previous Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Ruang Pengetahuan Dasar Iman Katolik
View previous topic :: View next topic  
Author Message
harsono



Joined: 29 Nov 2008
Posts: 105

PostPosted: Sat, 26-12-2009 1:29 pm    Post subject: Reply with quote

@ Shimly....

kan sudah saya tuliskan sebelumnya , bahwa kalimat yg saya tuliskan adalah kalimat pengandaian. Sbg Modi di sini, tentunya anda juga sudah baca begitu banyak kalimat pengandaian dalam forum diskusi ini. Kalau orang lain boleh pakai kalimat pengandain kenapa saya tidak boleh? Kalau memang tidak boleh ya sudah, gak apa-apa kok.

Kalau ditanya " apakah saya lebih pintar dari KGK ? " Saya tidak bisa jawab karena pertanyaannya yg salah. Mungkin maksud Shimly adalah " apakah saya lebih pintar dari orang-orang yg menuliskan KGK ? Kalau ini yg dimaksud oleh Shimly ( eh.. kalimat pengandaian lagi ), tentu jawabannya sudah sangat jelas : saya tidak mungkin bisa lebih pintar dari penulis-penulis KGK.

Pertanyaan-pertanyaan yg saya ajukan di forum ini mengenai hal-hal yg saya belum tahu, atau masalah-masalah yg masih ragu-ragu, sehingga saya mencari jawaban melalui forum ini. Kalau hal-hal yg saya tahu ( belum tentu benar ), tidak perlu saya tanyakan lagi di forum ini.

@ Paul...

Sorry ya Paul, karena tulisan saya mengenai jawabanmu tentang kedudukan KGK dan KS. Pada dasarnya saya tidak tahu sama sekali mengenai KGK, jadi saat saya menanyakan KGK dan KS, saya sama sekali tidak punya tendensi apa-apa. Malahan saat anda menulis bahwa KGK kedudukannya sama dgn KS, saya pikir itu yg benar. Kemudian dikoreksi oleh Sdr. Shimly, yg menyatakan bahwa KS adalah salah satu pilar Gereja Katolik , sehingga kedudukan KS berbeda dgn KGK.

menafikan KGK itu apa ya maksudnya ? Paul , saya bukan seorang gereja Injili yg menganut sola scriptula, saya seorang Katolik , tetapi memang belum punya KGK , saya hanya pernah membaca beberapa artikel dari KGK yg pernah dikutif di forum ini saya dan sewaktu PI kemarin kayaknya ada beberapa kutipan KGK juga ya. Bahasa yg digunakan di KGK agak rumit ya dan agak berbelit-belit, kayak pasal-pasal dalam undang-undang. Jadi saat baca KGK mesti berulang-ulang baru bisa mengerti maksudnya.

Paul, waktu itu anda tanyakan menganai referensi saya mengenai kenapa para malaikat hanya membrontak sekali saja, dan itu terjadi jauh sebelum manusia pertama diciptakan. Saya sudah membongkar-bongar buku saya tetapi belum ketemu. Kalau saya tuliskan di sini dgn kata-kata saya sendiri , saya takut nanti terjadi salah paham, spt saat anda menulis bahwa Yesus meninggalkan gerejaNya......
_________________
Jika ada yg dapat membuktikan bahwa Kristus tidak benar, saya lebih memilih Kristus daripada kebenaran.
Back to top
View user's profile Send private message
paul7475
== BANNED ==




Joined: 12 Mar 2009
Posts: 1578

PostPosted: Sat, 26-12-2009 1:58 pm    Post subject: Reply with quote

Quote:
Quote:
wrote:
ceritanya soal malaikat Gabriel yang iri karena manusia masih diberi kesempatan untuk tobat dan diselamatkan, sedangkan dia nggak.

Malaikat Gabriel ? Emangnya malaikat agung ini tidak selamat ? Kalau dia sendiri tidak selamat, bagaimana bisa memberitakan Kabar Gembira kepada Maria ?

Aneh... ada2 saja !

Hussh, itu cerita filem,
tapi si penulis mengambil ide bahwa malaikat cemburu karena tdk punya kesempatan bertobat.

Iya sih 'cuma' cerita film... hanya koq ga dikasih nama yang berbeda ? Emang ga ada nama lain selain Gabriel ?

Lagian, apakah malaikat itu bisa cemburu ? Yang cemburu itu kan para malaikat yang jatuh, alias setan2 itu...
_________________
"Um unser Russland zu retten, ... [w]ir bräuchten zehn Franziskus von Assisi." - Lenin, am Ende seines Leben, 1924.
"[T]o save our Russia, ... [w]e would need ten Francis of Assisi." - Lenin's last word, 1924.
Back to top
View user's profile Send private message
paul7475
== BANNED ==




Joined: 12 Mar 2009
Posts: 1578

PostPosted: Sat, 26-12-2009 2:37 pm    Post subject: Reply with quote

harsono wrote:
Kemudian dikoreksi oleh Sdr. Shimly, yg menyatakan bahwa KS adalah salah satu pilar Gereja Katolik , sehingga kedudukan KS berbeda dgn KGK.

Bisa kamu sebutkan pilar lainnya dari Gereja ?

harsono wrote:
menafikan KGK itu apa ya maksudnya ?

mengabaikan

harsono wrote:
Bahasa yg digunakan di KGK agak rumit ya dan agak berbelit-belit, kayak pasal-pasal dalam undang-undang. Jadi saat baca KGK mesti berulang-ulang baru bisa mengerti maksudnya.

KGK memang ibarat UUD-nya Gereja lah... good Job

harsono wrote:
Saya sudah membongkar-bongar buku saya tetapi belum ketemu.

Kalau kamu mencari referensi mengenai Ajaran Gereja yang mendukung pendapatmu mengenai kemungkinan setan bertobat dan Allah berkenan mengampuninya, kamu PASTI TIDAK AKAN menjumpainya.

Karena Ajaran Gereja mengenai hal itu sudah jelas tercantum dalam KGK.

Kecuali kamu mendapatkannya dari sumber yang sangat amat tidak kredibel...



Sama seperti kamu mencari referensi bahwa 1+1 =/= 2 dalam sistem desimal. Sampai mati pun, kamu tidak akan perah menjumpainya !



harsono wrote:
Kalau saya tuliskan di sini dgn kata-kata saya sendiri , saya takut nanti terjadi salah paham, spt saat anda menulis bahwa Yesus meninggalkan gerejaNya......

Apapun yang kamu tuliskan, kamu harus terbuka dengan koreksian yang ada apabila itu bertentangan dengan Ajaran Gereja.

Jangan ngeyel.


Ya sama seperti aku terhadap koreksian modie Shmily itu.


Mengenai kata "meninggalkan" itu sih, bukan masalah besar. Modie Shmily hanya ingin meyakinkan pembaca lain agar tidak salah paham dengan apa yang aku tulis itu. Dan aku pun memang tidak bermaksud seperti itu.

Penggunaan kata2 di forum memang bisa mengandung salah paham. Tapi sekali lagi, itu bukan masalah besar. Bisa dijelaskan dengan kata2 yang lebih baik.



Tapi yang kamu lakukan itu adalah ngotot mempertahankan kemungkinan setan bertobat dan Allah mengampuninya. Kengototan yang tanpa disertai referensi adalah ngeyel, kata orang Jawa.

Dan itulah yang tidak diinginkan di forum ini.



Aku harap kamu bisa mengerti.
_________________
"Um unser Russland zu retten, ... [w]ir bräuchten zehn Franziskus von Assisi." - Lenin, am Ende seines Leben, 1924.
"[T]o save our Russia, ... [w]e would need ten Francis of Assisi." - Lenin's last word, 1924.
Back to top
View user's profile Send private message
shmily
Penghuni Ekaristi


Joined: 26 Oct 2005
Posts: 3688
Location: Ekaristi.org

PostPosted: Sat, 26-12-2009 8:13 pm    Post subject: Reply with quote

harsono wrote:
@ Shimly....

kan sudah saya tuliskan sebelumnya , bahwa kalimat yg saya tuliskan adalah kalimat pengandaian. Sbg Modi di sini, tentunya anda juga sudah baca begitu banyak kalimat pengandaian dalam forum diskusi ini. Kalau orang lain boleh pakai kalimat pengandain kenapa saya tidak boleh? Kalau memang tidak boleh ya sudah, gak apa-apa kok.

Kalau ditanya " apakah saya lebih pintar dari KGK ? " Saya tidak bisa jawab karena pertanyaannya yg salah. Mungkin maksud Shimly adalah " apakah saya lebih pintar dari orang-orang yg menuliskan KGK ? Kalau ini yg dimaksud oleh Shimly ( eh.. kalimat pengandaian lagi ), tentu jawabannya sudah sangat jelas : saya tidak mungkin bisa lebih pintar dari penulis-penulis KGK.

Pertanyaan-pertanyaan yg saya ajukan di forum ini mengenai hal-hal yg saya belum tahu, atau masalah-masalah yg masih ragu-ragu, sehingga saya mencari jawaban melalui forum ini. Kalau hal-hal yg saya tahu ( belum tentu benar ), tidak perlu saya tanyakan lagi di forum ini.


berarti benar kamu hanya berandai-andai.. daripada berandai-andai, lebih baik kamu ikuti apa yang sudah diajarkan Gereja.
kalo tidak tahu dan ingin belajar, kamu tidak perlu melulu ngotot dengan pengandaian kamu itu.

Pertanyaan kamu itu seperti menantang bukan bertanya karena tidak tahu. kalo mo belajar, jangan bertingkah seperti tidak mau kalah..

yang jelas kamu sudah tidak jujur....

mengapa ? apakah tuduhan saya tidak berdasar ?

baik saya quote lagi tulisan2 kamu.. tidak perlu seorang modi untuk mengetahui ketulusan niat kamu belajar.. member yang biasa berdiskusi juga paham gaya tulisan di bawah ini

harsono wrote:

Sebenarnya yg memberikan pengampunan itu Allah. Itu adalah hak Allah.

Jika Allah sendiri mau memberikan pengampunan kepada malaikat yg memberontak, kenapa kita yg sebagai manusia menolaknya ya ?


harsono wrote:

Yg saya tuliskan adalah " Jika Allah memberikan pengampunanNya , siapa yg dapat menolaknya.

Kita sebagai manusia tidak bisa mendikte Allah, siapa yg boleh mendapat pengampunan dan siapa yg tidak boleh mendapatknya.

Kecuali Sdr. Paul lebih besar kuasanya dari pada Allah, sehingga jika Allah memberikan pengampunan, maka Sdr. Paul bisa membatalkannya.


harsono wrote:

Bukan maksudku untuk membangkan. Pertama saya tidak tahu tentang KGK yg kamu kutip, sekarang saya sudah tahu dan terimakasih.

Tetapi kembali lagi, apakah KGK kedudukanya lebih tinggi dari Allah ?


dan ini bukan pertama kali kamu ngotot dengan penafsiran kamu sendiri .. member lain bisa menilainya di topik ini <- klik

silahkan kamu renungkan.. dan kamu tidak perlu jawab lagi.. semua posting kamu yang menjawab tulisan saya akan saya hapus.. Jika tulisan kamu masih bergaya seperti itu, maka saya rasa kamu tidak perlu lagi posting di topik ini dengan permasalahan kamu itu... cukup kamu cari referensi yang sudah diberikan dan silahkan tunjukan ketulusan niat belajar kamu lebih baik sebagai seorang Katolik yang taat pada ajaran Gereja.
_________________
Salam dan doa
F A Q Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen

Psalms 119:159 See how I love your precepts, LORD; in your kindness give me life.
Back to top
View user's profile Send private message
shmily
Penghuni Ekaristi


Joined: 26 Oct 2005
Posts: 3688
Location: Ekaristi.org

PostPosted: Sun, 27-12-2009 8:31 pm    Post subject: Reply with quote

Harsono, posting kamu terakhir saya hapus dan kamu dilarang untuk posting di topik ini lagi... (kamu tidak sungguh tidak punya niat diskusi dan belajar, namun hanya mencari menang kalah)

ini peringatan terakhir, jika kamu masih mengacau di topik yang dibuat orang lain dengan gaya diskusimu itu, kamu akan di BAN (karena ini memang hakku sebagai moderator)

Tahukah kamu Allah tidak mengijinkan dosa sekecil apa pun ada di dalam Surga ? (renungkan sebagai jawaban atas pencarianmu itu)
_________________
Salam dan doa
F A Q Belajar Bersama Kanon 7 Sakramen

Psalms 119:159 See how I love your precepts, LORD; in your kindness give me life.
Back to top
View user's profile Send private message
gerandong



Joined: 16 Feb 2005
Posts: 153
Location: Pontianak

PostPosted: Thu, 31-12-2009 5:11 pm    Post subject: Reply with quote

Salam Damai,

paul7475 wrote:
Iya sih 'cuma' cerita film... hanya koq ga dikasih nama yang berbeda ? Emang ga ada nama lain selain Gabriel ?


Ini sudah out of topic sih, tapi saya tertarik menanggapi tulisan paul7475 di atas.

Beberapa waktu yang lalu, di surat pembaca sebuah koran nasional. Salah seorang pembaca menyampaikan keberatan yang intinya sama.
Beliau menilai penggunaan nama PETRUS yang mengacu pada istilah PEnembak misTeRiUS dan MARKUS yang mengacu kepada istilah MAkelaR KasUS sangatlah tidak bijak, karena kedua tokoh tersebut merupakan orang suci dikalangan umat Kristen, khususnya Katolik.
Jadi, apakah hal tersebut perlu dipermasalahkan?

Damai Kristus berserta kita.
_________________
"sometimes is just better to say nothing"
Back to top
View user's profile Send private message Yahoo Messenger
paul7475
== BANNED ==




Joined: 12 Mar 2009
Posts: 1578

PostPosted: Thu, 31-12-2009 8:09 pm    Post subject: Reply with quote

gerandong wrote:
Jadi, apakah hal tersebut perlu dipermasalahkan?

Aku pribadi sih tidak terlalu mempermasalahkan.

Hanya saja, aku prihatin karena hal itu akan menjadi batu sandungan bagi saudara/i seiman yang lemah.

Dan tentu saja, sedikit banyak itu akan menjadi tanggung jawab tambahan bagi yang mengerti untuk menjelaskan kepada yang kurang mengerti good Job
_________________
"Um unser Russland zu retten, ... [w]ir bräuchten zehn Franziskus von Assisi." - Lenin, am Ende seines Leben, 1924.
"[T]o save our Russia, ... [w]e would need ten Francis of Assisi." - Lenin's last word, 1924.
Back to top
View user's profile Send private message
Stanley



Joined: 29 Sep 2008
Posts: 3582

PostPosted: Thu, 11-02-2010 1:18 pm    Post subject: Reply with quote

Sundul 1 topik ini lg... dan mgkn pemikiran saya tercampur dengan EENS.

Bbrp menit yg lalu baru saja mengamat2i Katekismus 846.
KATEKISMUS GEREJA KATOLIK   @ Ekaristi dot Org

"Di Luar Gereja Tidak Ada Keselamatan"
846Bagaimana dapat dimengerti ungkapan ini yang sering kali diulangi oleh para bapa Gereja? Kalau dirumuskan secara positif, ia mengatakan bahwa seluruh keselamatan datang dari Kristus sebagai Kepala melalui Gereja, yang adalah Tubuh-Nya:"Berdasarkan Kitab Suci dan Tradisi, konsili mengajarkan, bahwa Gereja yang sedang mengembara ini perlu untuk keselamatan. Sebab hanya satulah Pengantara dan jalan keselamatan, yakni Kristus. Ia hadir bagi kita dalam Tubuh-Nya, yakni Gereja. Dengan jelas-jelas menegaskan perlunya iman dan baptis, Kristus sekaligus menegaskan perlunya Gereja, yang dimasuki orang melalui baptis bagaikan pintunya. Maka dari itu andaikata ada orang, yang benar-benar tahu, bahwa Gereja Katolik itu didirikan oleh Allah melalui Yesus Kristus sebagai upaya yang perlu, namun tidak mau masuk ke dalamnya atau tetap tinggal di dalamnya, ia tidak dapat diselamatkan" (LG 14).161, 1257


Coba perhatikan kata2:
"Maka dari itu andaikata ada orang, yang benar-benar tahu, bahwa Gereja Katolik .... (dst)"

Napa saya masuk kembali ke topik ini? Karena, hanya di topik ini saya mendapat pemahaman bhw seberdosanya manusia, sometimes dia tidak benar2 paham konsekuensi dari dosanya. Hal itu disebutkan sebagai pengetahuan manusia yg tidak (sangat tidak) sempurna.

Akibatnya, membaca katekismus terutama di kalimat tersebut, saya jadi berpikir apakah benar2 org yg menolak GK itu dalam kondisi sperti yg kalimat itu sebutkan? Yakni bhw ia benar2 tahu bhw GK itu didirikan Allah melalui Yesus sbg upaya yg perlu u/ keselamatan?

I know.. maybe it's just my troublesome & twisted mind... bisa beri pelurusan?

thx MGBU
_________________
This is Spartaaa!
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Ruang Pengetahuan Dasar Iman Katolik All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Previous Next
Page 7 of 8

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17