FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Setelah menari di misa apa lagi? drum?    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
kotjokotjo



Joined: 14 Oct 2009
Posts: 96

PostPosted: Mon, 02-08-2010 10:36 am    Post subject: Reply with quote

ini pas bagian apa ya?
Back to top
View user's profile Send private message
inna



Joined: 09 Sep 2008
Posts: 3
Location: jakarta

PostPosted: Mon, 02-08-2010 4:45 pm    Post subject: Reply with quote

waaah...saya juga kurang setuju...apalagi sampai pake drum hehehe

dulu di paroki sy St Matius Bintaro..juga pernah ada...kayak konser aja...kalo gak salah waktu itu dari paroki lain yang sedang mencari dana,mereka biasanya musiknya berlebihan,,,,jadi gak konsen...

tapi Puji Tuhan untuk misa biasa di tempat sy masih tenang...

Ketawa Ngakak
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail Yahoo Messenger
Celestine



Joined: 06 Oct 2007
Posts: 497
Location: Pacem in Terris

PostPosted: Mon, 02-08-2010 4:50 pm    Post subject: Reply with quote

Sdr.Lontong, usulku, sebaiknya foto itu dimuat saja dan dicantumkan di forum Paroki Kristoforus Grogol di FB, ini link-nya;

Code:

http://www.facebook.com/home.php?#!/group.php?gid=54999593389&ref=ts


Keberatan serupa pernah kulayangkan ketika Kristoforus mengadakan acara koor di dalam Gereja, dengan seluruh anggota koor berdiri membelakangi tabernakel, dan dengan lagu-lagu profan, sementara tabernakel tertutup dan lampu Tuhan menyala yang mana menandakan ada Sakramen Mahakudus yang tersimpan di sana.

Walaupun penjelasan yang diberikan adalah bahwa Sakramen telah dipindahkan, tetapi kenyataan tabernakel tertutup dan lampu Tuhan menyala mengindikasikan ada Sakramen tersimpan di sana, dan adalah tidak pantas pula mengadakan acara profan dalam Gereja.

Jujur, aku sedih sekali melihat foto itu. Aku datang misa yang pukul 16.30 , jadi tidak menyaksikan hal semacam itu.....
_________________
Quote:
...Porro subesse Romano Pontifici omni humanae creaturae declaramus dicimus, definimus et pronunciamus omnino esse de necessitate salutis.
-...Kami menyatakan, kami mewartakan, dan kami menegaskan bahwa adalah sangat perlu bagi semua orang demi keselamatan mereka, tunduk pada kekuasaan Paus Roma.
(Unam Sanctam, Bull Pp. Bonifacius VIII)


'Ubi Petrus, ibi Ecclesia'
- 'Di mana ada Petrus, di situ ada Gereja'
Back to top
View user's profile Send private message
staquinas



Joined: 14 Apr 2008
Posts: 1450
Location: Jakarta

PostPosted: Mon, 02-08-2010 7:29 pm    Post subject: Reply with quote

LonTonG wrote:
maruko_lien wrote:
padahal saya selalu merasa paroki Kristoforus paling 'lurus' di KAJ..berarti dah gak ada harapan lagi sekarang..Sedih


kalau menurut saya kebalikannya. Kecenderungan untuk terjadi pelencengan sangat tinggi di paroki ini, karena umatnya banyak anak muda (terutama mahasiswa: trisakti, untar, stie, dll)


Setahuku Kharismatik Santo Kristophorus juga aktif dan dapat dukungan pastur.

Juga pas aku masih jadi misdinar di sana, ada yang namanya Novena Ayam Berkokok (masih adakah?) yang sedikit banyak bergaya kharismatik.
_________________
Q. Why then would the Protestants have the church to be invisible?
A. Because we have convinced them, that there were no Protestants to be seen or heard of in the world before Martin Luther.
Back to top
View user's profile Send private message
shevyn



Joined: 09 Oct 2008
Posts: 834
Location: surabaya

PostPosted: Mon, 02-08-2010 9:13 pm    Post subject: Reply with quote

sebentar....

Kenapa bila ada pelanggaran misa, yang menjadi "tersangka" pertama adalah Karismatik-isme?


Padahal, di luar sana, banyak saluran lain yang menjadi promotor misa kreatif (majalah, FB, blog, dll)


Tarian, ini sudah jamak dipublikasikan, dan mungkin umat di sana "coba-coba" untuk mengaplikasikannya.
Lihat kutipan notes di FB ini, yang katanya mencuplik dari Majalah Liturgi (entah pula kalau majalah ini majalah Karismatik, tapi rasanya bukan):

Code:
http://ja-jp.facebook.com/Liturgi.dan.Ekaristi.Gereja.Katolik/posts/145128715503903



    SEPUTAR LITURGI DAN PERAYAAN EKARISTI GEREJA KATOLIK INDONESIA
    Pencerahan dari sumber dari Majalah Liturgi, vol 4, 2008

    Perayaan Ekaristi adalah liturgi resmi Gereja. Tata laksananya baku dan mengikat, tidak tepat diubah-ubah begitu saja tanpa ada alasan yang sungguh berdasar.
    Sekalipun baku dan mengikat, ada tempat untuk kreativitas. Kreativitas hanya akan berguna bila diadakan penelitian sebelumnya: kondisi umat, isi perayaan Ekaristi. Manusia memang membutuhkan ritus (keteraturan yang tetap), bila ada perubahan sebaiknya diterangkan lebih dahulu dan perubahan itu sungguh bernilai.

    Misalnya pada Ritus Pembuka dan Penutup cukup banyak dimungkinkan kreativitas. Lagu pembuka bisa diganti dengan tarian, Doa Tobat bisa diganti dengan perecikan air suci.
    Pada Liturgi Sabda dan Liturgi Ekaristi juga ada kemungkinan kreativitas, tetapi pada kedua bagian ini hendaknya lebih cermat.
    Bait Pengantar Injil misalnya bisa diganti dengan tarian. Tarian persiapan persembahan juga bisa dikemas asalkan dihindari unsur tontonnya. Perubahan yang mendatangkan kebingungan di kalangan umat suatu pertanda bahwa kita perlu meningkatkan kepekaan pastoral.



dan ini, contoh aplikasinya utk Misa Krisma:
Code:
http://cius.vox.com/library/post/aula-salib-suci-2.html


    Perayaan ini memang tak lepas dari “warna” Nias. Tarian dan gerak gestural lainnya selalu mengiringi alunan perayaan, baik dalam ritus perarakan masuk, perembahan, dan ritus penutup upacara liturgi.

_________________
"Ad Deum qui laetificat juventutem meam - kepada Allah, yang membahagiakan masa mudaku" -doa di kaki altar
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
LonTonG



Joined: 25 Nov 2004
Posts: 531

PostPosted: Tue, 03-08-2010 6:26 am    Post subject: Reply with quote

kotjokotjo wrote:
ini pas bagian apa ya?

Kemarin tepat sebelum berkat penutup. Tetapi rupanya bukan itu saja, kemarin saya ada ngobrol dengan salah satu teman saya dan menanyakan tentang hal tarian ini (karena saya sudah bukan umat paroki St. Kristoforus lagi, saya sudah pindah ke St. Laurensius).. teman saya bilang: "sudah sering kok, pernah juga pas persembahan"
nice! Sedih
Back to top
View user's profile Send private message
LonTonG



Joined: 25 Nov 2004
Posts: 531

PostPosted: Tue, 03-08-2010 6:37 am    Post subject: Reply with quote

@ Celestine
Mungkin kamu bisa bantu forward info + foto tentang tarian ini ke group tsb.. saya kok merasa ndak etis, masuk group orang langsung kirim kritik.
Tapi saya kenal dengan adminnya (mas Jose), dan akan saya ngobrolin dengan dia

@ shevyn
Karena memang terjadinya saat petugas liturgi dari mereka (koor, tata laksana, kolekte). Boleh dibilang nihil kejadian aneh - aneh kalau bukan "misa karismatik" (misa minggu pertama / terakhir (saya lupa) pukul 18:30)
Saya termasuk orang yang "kurang beruntung", karena sering kali pas mau misa di Kristoforus kena "misa karismatik".. seringnya pas saya baru pulang dari luar kota dan kemalaman (misa di Laurensia terakhir pukul 18:00), saya sempatkan misa di Kristoforus, tetapi pas masuk gereja dan melihat petugasnya.. saya baru sadar ini "misa karismatik".. mau tidak ikut misa tidak mungkin.. Sedih

Tetapi teman - teman saya di Kristoforus sudah membuat semacam "reminder"
Back to top
View user's profile Send private message
davidsunrise



Joined: 01 Jan 2008
Posts: 942
Location: Purgatory

PostPosted: Tue, 03-08-2010 7:19 am    Post subject: Reply with quote

shevyn wrote:
Kenapa bila ada pelanggaran misa, yang menjadi "tersangka" pertama adalah Karismatik-isme?


Karena mayoritas member forum ini memang anti-karismatik, apalagi DV sendiri sudah men-stigma bahwa karismatik itu aliran sesat.
Padahal para romo yang tidak mengenal aliran karismatik pun suka juga melakukan pelanggaran liturgi dan oleh karenanya Vatikan membuat peraturan Liturgi.

Kecenderungan yang berlebihan dalam membuat karismatik sebagai inspirasi pelanggaran liturgi adalah sangat subyektif. Meskipun karismatik berasal dari protestan tapi dalam protestan sendiri ada terdapat banyak aliran selain karismatik.
_________________
David
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
LonTonG



Joined: 25 Nov 2004
Posts: 531

PostPosted: Tue, 03-08-2010 7:30 am    Post subject: Reply with quote

davidsunrise wrote:
shevyn wrote:
Kenapa bila ada pelanggaran misa, yang menjadi "tersangka" pertama adalah Karismatik-isme?


Karena mayoritas member forum ini memang anti-karismatik, apalagi DV sendiri sudah men-stigma bahwa karismatik itu aliran sesat.
Padahal para romo yang tidak mengenal aliran karismatik pun suka juga melakukan pelanggaran liturgi dan oleh karenanya Vatikan membuat peraturan Liturgi.

Kecenderungan yang berlebihan dalam membuat karismatik sebagai inspirasi pelanggaran liturgi adalah sangat subyektif. Meskipun karismatik berasal dari protestan tapi dalam protestan sendiri ada terdapat banyak aliran selain karismatik.


speechless saya baca tulisan davidsunrise Shocked
Back to top
View user's profile Send private message
Choco



Joined: 17 Feb 2009
Posts: 229

PostPosted: Tue, 03-08-2010 7:38 am    Post subject: Reply with quote

davidsunrise wrote:
shevyn wrote:
Kenapa bila ada pelanggaran misa, yang menjadi "tersangka" pertama adalah Karismatik-isme?


Karena mayoritas member forum ini memang anti-karismatik, apalagi DV sendiri sudah men-stigma bahwa karismatik itu aliran sesat.
Padahal para romo yang tidak mengenal aliran karismatik pun suka juga melakukan pelanggaran liturgi dan oleh karenanya Vatikan membuat peraturan Liturgi.

Kecenderungan yang berlebihan dalam membuat karismatik sebagai inspirasi pelanggaran liturgi adalah sangat subyektif. Meskipun karismatik berasal dari protestan tapi dalam protestan sendiri ada terdapat banyak aliran selain karismatik.


Jelaskan maksud kamu dengan menuliskan sangat subyektif...

Menurutku, penjelasan DV dan teman2 disini mengenai pelanggaran karismatik tidak subyektif lho, bahkan sangat masuk akal. Confused
_________________
Warm Regards,
Choco
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 12

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17