FAQFAQ          Username: Password: Log me on automatically each visit

Jumlah Umat dari Denominasi Protestan TERBESAR menurun Drast    
Goto page: Next

 
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka
View previous topic :: View next topic  
Author Message
davidsunrise



Joined: 01 Jan 2008
Posts: 942
Location: Purgatory

PostPosted: Mon, 13-06-2011 8:10 am    Post subject: Jumlah Umat dari Denominasi Protestan TERBESAR menurun Drast Reply with quote

Nation's largest Protestant group faces 'decline'
Jumlah Anggota Denominasi Protestan Terbesar di US Menurun Paling Drastis dalam 60 tahun terakhir.
NASHVILLE — Baptisms fell to their lowest number in 60 years among Southern Baptists, the nation's largest Protestant denomination. The new numbers are a sign that the denomination is in trouble, Baptist leaders say. "This is not a blip," said Ed Stetzer, president of LifeWay. "This is a trend. And the trend is one of decline." In 2010, Southern Baptists baptized 332,321 people, or 17,416 fewer than in 2009, according to a report released by Nashville-based LifeWay Research. This marks the eighth time in 10 years that baptisms have declined and the lowest number of baptisms since the 1950s. Stetzer pointed to two factors for the baptism decline. Southern Baptists are getting older, meaning they have fewer children who are being raised in the faith. And, Southern Baptists have lost their enthusiasm for evangelism — the practice of bringing new people into the faith, Stetzer said. In the 1950s, he said, there was one baptism for every 20 Southern Baptists. "Now, it takes 40 of our members to baptize one person," he said.
http://www.usatoday.com/news/religion/2011-06-12-baptisms_11_ST_N.htm
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Di US, denominasi terbesar itu Southern Baptist Convention, kalo di Indonesia, denominasi terbesar itu apa yah?
Bethel? Bethany? Tiberias? Baptist?  ...?
Ada yang tau statistik nya? Gimana dengan jumlah mereka yg di baptis?
Mungkin sebagai bahan perbandingan, bisa di lihat perbedaan yg sangat kontras dgn Gereja Katolik:


Record number of people to be received into the Church at Easter
4700 umat Protestan Anglikan bergabung ke Gereja Katolik pada Paskah 2011
A record number of people in England and Wales will be received into the Catholic Church in Holy Week and Easter. Over 4,700 people took part in Rite of Election ceremonies in dioceses around England and Wales last weekend, marking a bumper year of new faithful, both catechumens and candidates for reception. Speaking about those joining the ordinariate, Bishop Kieran Conry, who is in charge of the Bishops’ Department for Evangelisation and Catechesis, said: “The witness of so many people taking this life-changing step is so very encouraging. Each year people freely choose to come forward from all walks of life, bringing with them unique experiences and talents. The Catholic community welcomes them with love and the assurance of prayer. If you’re considering taking a similar step or are not sure yet, come and see. Give your local Catholic
church a ring or ask a Catholic friend for help.”
http://www.catholicherald.co.uk/news/2011/03/15/record-number-of-people-to-be-received-into-church-at-easter/
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
4700 mantan Protestan yang "bodoh"? Mungkin mereka nggak tau atau nggak sadar, kalo....

Di bandingkan dengan Protestan, di Gereja Katolik itu banyak sekali peraturan2 dan ajaran2 yang sifatnya mengikat. Harus ini, harus itu, tidak boleh begini, tidak boleh begitu, kadang memusingkan juga, dan sering mesti tanya ke pastor dulu: boleh nggak ini, boleh nggak itu. Kenapa itu nggak boleh? Kenapa mesti begitu? Jawabannya sama: Rome has spoken, case is closed! Nggak bisa didebat dan melakukan pembenaran sendiri. Nggak suka? Silahkan keluar dari Gereja Katolik! Dan gereja2 Protestan dengan tangan terbuka dan bahagia menyambut kedatangan mereka sebagai anggota2 baru.

Kalo di gereja2 Protestan, acara nyanyian itu sangat meriah karena ada band dan penyanyi2 yang memang jago nyanyi solo. Apalagi di iringi bermacam2 instrumen musik sehingga benar2 terasa "hidup" bagi banyak umat. Tapi di Gereja Katolik, kebanyakan lagu hanya di iringi 1 organ/piano saja, dan banyak sekali nyanyian-nya pun sering terasa "lesu" dan tidak "meriah" karena selalu dinyanyikan bersama. Melodi dan nadanya pun susah utk bisa "hidup" karena cenderung melankolis dan khusuk, sehingga terkesan lagu2 tsb seperti "mengemis" belas kasihan Tuhan.

Acara kebaktian di gereja2 Protestan terasa sangat bergairah karena pastor2 nya banyak yang jago2 khotbah, tapi di Gereja Katolik, misa-nya seringkali terasa hambar dan "tidak hidup" karena pastor2 Katolik tidak punya semangat utk "merekrut & mempertahankan jumlah umat". Jumlah umat mau bertambah/berkurang, umat mau "feeling good" atau tidak, nggak ada bedanya bagi mereka, toh gaji UMR mereka tetap sama dan mereka sering di pindah2 tugas khotbahnya setiap minggu.

Di gereja2 Protestan, orang dgn mudah dapat mengaku dosa sendiri kepada Tuhan, tapi org Katolik mesti repot2 datang ke pastor utk mengaku dosa. Belum lagi mesti menahan malu kalo dosanya memalukan. Apalagi kalo masih berdosa berat, nggak boleh terima komuni, wah, makin berat aja sangsinya kalo nggak cepat2 ngaku dosa ke gereja dan ketemu pastor, face to face. Arghhhh!

Kalo di gereja2 Protestan, umat berhak utk mendapatkan "feeling good", tapi di Gereja Katolik, lupakan saja "feeling good" tsb. Umat katolik jarang sekali yang merasa "feeling good" ikut misa yang monoton dan banyak olah-raganya: sebentar berdiri, sebentar berlutut, sebentar duduk, sebentar setengah berlutut, sebentar membungkuk, dsb. Nggak bisa ber-ekspresi dengan nyanyi2 sambil angkat2 tangan, bergoyang ke-kiri ke-kanan, dan melompat2 ditempat, ...kan lagunya upbeat.

Di gereja2 Protestan, orang boleh kawin di gereja, cerai, kawin lagi di gereja, cerai lagi, kawin lagi di gereja, dst. Di Gereja Katolik, boleh aja cerai, tapi kalo mau kawin lagi di Gereja? Mimpi aja dulu menang lotere, kemungkinan permohonannya utk kawin lagi di Gereja Katolik bakal dikabulkan sama Uskup, ...ternyata kurang dari 1%! Itupun kalo dikabulkan mesti melalui proses ribet yg lamanya bertahun-tahun, siapa tahan? Makanya banyak org Katolik yang udah cerai tapi kawin lagi di gereja Protestan. Soalnya kalo udah biasa punya istri/suami terus bercerai dan mesti sendiri seumur hidup, siapa tahan zaman sekarang ini? Akhirnya, banyak gereja2 Protestan yang ketiban rejeki pertambahan umat dengan merekrut org2 katolik yg cerai dan pengen kawin lagi.


Ini yang paling PARAH:
54 Anglican Clergy to Defect to Catholic Church in Pentecost Ordinations
54 Pastor and Uskup gereja Protestan Anglikan pindah ke Gereja Katolik
http://www.christianpost.com/news/54-anglican-clergy-to-defect-to-catholic-church-in-pentecost-ordinations-50835/
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Kalo di gereja Protestan, nggak 1001 peraturan yang mengikat seperti di Gereja Katolik yang punya banyak sekali peraturan2 yang mengikat, baik mengikat umat dan mengikat para gembalanya. Salah satu kenikmatan fisik yg diberikan Tuhan adalah kenikmatan seksual dan Paus melarang pastor utk kawin! Bayangkan beratnya beban tsb utk seorang pria normal tapi di Indonesia ini, banyak sekali pria2 normal tsb yang rela utk tidak kawin dan hidup miskin ... demi apa? Apa sih enaknya meninggalkan semua kenikmatan duniawi? Kalo mau mengabdi jadi gembala Tuhan, apa mesti tunduk kepada Paus? Kan bisa sambil menyelam minum air seperti pendeta2 protestan yang berkeluarga dan bisa punya rumah dan mobil mewah? Apa salahnya?


Seluruh anggota 1 gereja Protestan Episcopal di US termasuk pastornya hijrah ke Gereja Katolik
An Episcopal church in Maryland — including its pastor — has decided to convert to Catholicism, the first in the United States to make the move under new Vatican rules meant to appeal to disaffected Protestants. Leaders of the church said Monday that they were not leaving the Episcopal Church because of the ordination of gays and women — issues that have bitterly divided the American wing of the Anglican Church and coincided with stepped-up efforts by the Vatican to reach out to Anglicans. Instead, church members said, they were satisfying their longing for a clear religious authority by welcoming the leadership of Pope Benedict XVI. “In the Episcopal Church, bishops in one place say one thing and in another say another,” explained Patrick Delaney, a lay leader from Mitchellville. “That’s the crux of it. Each bishop has its own kingdom.” He and others at St. Luke’s said they were thrilled to help bridge a spiritual schism that dates back to the 16th-century Protestant Reformation. “It feels fantastic,” Delaney said. “It’s like correcting 500 years of history.”
http://www.washingtonpost.com/local/episcopal-church-in-bladensburg-to-convert-to-roman-catholic-parish/2011/06/06/AGLsiIKH_story.html
+++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Kalo mereka bermasalah dengan leadership dari bishop2 Anglikan itu, kenapa mereka tidak masuk aja ke salah satu dari sekian banyak denominasi Protestan yg lainnya? Seperti Methodist, Baptists, Presbyterian, etc... KENAPA mereka NEKAD milih masuk Gereja Katolik dan tunduk kepada Paus?
Menurut saya,
1. Kalo mau ngomong "akrab", gereja protestan itu 10X LEBIH "akrab" dengan anggota2nya daripada Gereja Katolik yang kalo misa, umatnya datang seperti datang ke restoran.
2. Kalo mau ngomong "feeling good" dalam acara kebaktian, gereja protestan itu 10X LEBIH "feeling good" dari Gereja Katolik.
3. Kalo mau ngomong "mudah", gereja protestan itu 10X LEBIH "mudah" dari Gereja Katolik.
4. Kalo mau ngomong "enak", gereja protestan itu 10X LEBIH "enak" dari Gereja Katolik.
5. Kalo mau ngomong "sempit", untuk menjadi seorang Katolik yang baik itu harus melalui gerbang yang mungkin 100X LEBIH "sempit" dari gerbangnya gereja2 Protestan. Yah itu, "sempit" karena banyaknya peraturan2. Kalo melakukan ini, dosa. Tidak melakukan itu, dosa. Melakukan ini sambil melakukan itu, dosa. Jadi yang nggak dosa yang mana? Ikutin aja semua 1001 peraturan yang ada di Katekisme Gereja Katolik, pasti selamat di akhirat...tapi belum tentu di dunia.

Memang ada banyak sekali hal2 yang serba 10X "LEBIH" ini dan itu di gereja2 Protestan, tapi....
Number of baptized Catholics in the world grows by 15 million
Jumlah orang yang dibaptis Katolik di dunia bertambah 15 juta pada thn 2008
Vatican City, Feb 19, 2011 / 01:38 pm (CNA/EWTN News).- Catholics in the world continue to increase in number by the millions, according to the latest official statistics from the Catholic Church. Although the number of baptized Catholics in on the rise, Church officials say that with the exception of Asia and Africa, the "crisis remains" in vocations to the religious life throughout the globe. In the 2,956 church jurisdictions in the world, the number jumped by 15 million from 2008. The total number of living baptized Catholics on the globe in 2009 reached 1,181,000,000. The yearbook also showed that the number of bishops and priests grew in direct proportion to the number of Catholics worldwide. For the 1.3 percent more Catholics in the world, there were 1.3 percent more of both bishops and priests in the period from 2008 - 2009.
In 2009, there were 5,065 bishops and 410,593 priests.
http://www.catholicnewsagency.com/news/number-of-baptized-catholics-in-the-world-grows-by-15-million/

Sebagai perbandingan, saya ambil data statistik resmi dari 1 gereja Katolik di Keuskupan Agung Jakarta (Total 60+ gereja)
Total penambahan umat di gereja Katolik St. Andreas, Kedoya, Jakarta Barat
Tahun: 1987 1988 1989 1990 1991 1992 1993 1994 1995
Total:   2710 3099 3224 3602 4045 4436 4832 5139 5482
Pindah = Jumlah umat protestan yang di IJIN kan masuk ke Gereja Katolik TANPA dibaptis ulang.
Tahun: 1996 1997 1998 1999 2000 2001 2002 2003 2004 2005
Total:   5637 5922 6133 6438 6293 6697 7003 7196 7395 7838
Pindah:   3  6  4  3  20  27   0  5  0  4


Meskipun banyak sekali kekurangan2 dan ketidak-enak-an dalam Gereja Katolik, tapi kenapa pertambahan jumlah umatnya terus melaju dengan pesat dari tahun ke tahun sampai sekarang ada lebih dari 1.1 milyar? Kenapa mereka betah? Kenapa nggak pertambahan umat protestan aja yang melaju dengan pesat?
Kenapa masih banyak aja org2 protestan yang nekad hijrah ke Gereja Katolik meskipun udah tau wajib hukumnya utk ngaku dosa ke pastor?
Kenapa masih banyak aja pastor2 protestan yang nekad murtad ke GK dan mengambil resiko kehilangan income yang mencukupi keluarganya? Kalo pastor Katolik yang pindah jadi pendeta Protestan tentunya jauh lebih masuk akal, sebab bisa sambil menyelam minum air.
Pertanyaan2 ini yang sering bikin saya garuk2 kepala, mungkin ada yg tahu jawabannya? ...Kenapa? Why?  
Saya harap ada pembaca yang bisa memberikan analisa obyektif.
Thanks.
_________________
David
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
asperges me



Joined: 21 Feb 2008
Posts: 373

PostPosted: Mon, 13-06-2011 11:19 am    Post subject: Reply with quote

Quote:
4700 mantan Protestan yang "bodoh"? Mungkin mereka nggak tau atau nggak sadar, kalo....


David, kita lebih baik berpikir positif daripada berpikiran negatif spt itu. Bila memang Roh Kudus yang bekerja, kita yang sudah menjadi Katolik mensupport dengan semaksimalnya.

Quote:
Pertanyaan2 ini yang sering bikin saya garuk2 kepala, mungkin ada yg tahu jawabannya? ...Kenapa? Why?


Urun pendapat:
Salah satu sebabnya adalah paham indiferen (termasuk dari umat Katolik sendiri yang memberikan teladan demikian) sudah merajalela, hal ini menjadi keprihatinan kita semua, termasuk Paus juga prihatin .
_________________
Lord, have mercy on us
Back to top
View user's profile Send private message
edudiduri



Joined: 09 Feb 2011
Posts: 2
Location: Duri-Riau

PostPosted: Mon, 13-06-2011 11:29 am    Post subject: Reply with quote

Salam..
Kalau jawaban obyektif saya tidak tahu..
Juga untuk data statistik saya merasa kurang masuk diakal dengan logika yg ada.. artinya, saya setuju untuk mencara jawaban atas hal ini.

Namun saya berharap, inilah karya Tuhan kita yang akan menyertai sampai akhir jaman... Kita gak tahu logikanya, tapi Tuhan yang bekerja.. Malaikat
Back to top
View user's profile Send private message
alfonsus_leo



Joined: 10 Jun 2011
Posts: 8
Location: Jakarta

PostPosted: Mon, 13-06-2011 8:24 pm    Post subject: Reply with quote

Karena ajaran GK adalah ajaran yang benar.. itu mungkin yang menyebabkan mereka pindah ke GK, inget.. agama yang penting itu ajarannya bukan melihat liturginya (kaku/tidak) dan jika seperti itu, namanya gak eukumenis Malaikat
_________________
Ut Omnes Unum Sint
Back to top
View user's profile Send private message
whiterebel83



Joined: 30 Sep 2010
Posts: 567
Location: Una, sancta, catholica et apostolica ecclesia

PostPosted: Mon, 13-06-2011 9:54 pm    Post subject: Reply with quote

davidSunrise wrote:

Meskipun banyak sekali kekurangan2 dan ketidak-enak-an dalam Gereja Katolik, tapi kenapa pertambahan jumlah umatnya terus melaju dengan pesat dari tahun ke tahun sampai sekarang ada lebih dari 1.1 milyar? Kenapa mereka betah? Kenapa nggak pertambahan umat protestan aja yang melaju dengan pesat?

Jangan lupa, roh kudus lah yang memampukan seseorang untuk mengenal kebenaran. Dari abad ke abad GK selalu diberkati dan injil Kristus dan kebenarannya terus tersebar di muka bumi. Ini adalah karya Allah sendiri yang walaupun di mata manusia mustahil.
Back to top
View user's profile Send private message MSN Messenger
alfonsus_leo



Joined: 10 Jun 2011
Posts: 8
Location: Jakarta

PostPosted: Tue, 14-06-2011 8:57 pm    Post subject: Reply with quote

@whiterebel83 : setuju tuh, RK berkarya untuk memimpin seseorang dalam kebenaran untuk mengenal GK
_________________
Ut Omnes Unum Sint
Back to top
View user's profile Send private message
Leonardo76



Joined: 14 Aug 2006
Posts: 415
Location: Batam

PostPosted: Wed, 15-06-2011 6:51 am    Post subject: Reply with quote

Dear all,

sepakat jawabannya Roh kudus yang membuka hati mereka namun tindakan mereka untuk menanggapi karya Roh kudus ini juga perlu diapresiasi karena tindakan ini bagi mereka juga perlu pengorbanan.

seperti yang ditulis David mereka rela kehilangan posisi, dikucilkan dari koleganya dll.

Kalau yang saya baca dari kesaksian Scott Hann baginya adalah pencarian kebenaran.

Bagi orang2 macam Scot Hann Gereja adalah satu2nya jalan keselamaatan , satu2nya mutiara yang harus dimiliki dan rela menjual segala miliknya yang lain demi mutiara tersebut.

Bisa menjadi refleksi juga bagi kita untuk lebih menghayati nilai2 kebenaran dalam GK .

Extra Ecclesia Nula Salus

salam damai Smile
Back to top
View user's profile Send private message
davidsunrise



Joined: 01 Jan 2008
Posts: 942
Location: Purgatory

PostPosted: Wed, 15-06-2011 8:08 am    Post subject: Reply with quote

Saya setuju, Roh Kudus sangat berperan dalam membimbing banyak umat protestan (terutama para pendetanya) kembali ke Roma.

Kebanyakan pendeta2 protestan yg pindah masuk Katolik di besarkan di lingkungan anti-Katolik. Mereka umumnya mendapatkan pendidikan yang baik dalam iman dan kepercayaan protestan. Jadi kalau mereka sampai pindah ke Katolik, itu adalah sebuah pengorbanan yang luar biasa besarnya buat mereka, apalagi mereka merelakan kehilangan pekerjaannya sebagai pendeta yang seringkali pekerjaan tsb dapat menghasilkan uang yang sangat banyak dari kewajiban perpuluhan umat2nya. Sebagian dari pendeta2 ini juga ada yang bahkan nekad pindah ke Gereja Katolik di tengah krisis skandal seks pastor2 katolik terutama di Amerika dan Eropa. Sebagian besar dari pembela2 Gereja Katolik terkenal ternyata adalah mantan pendeta2 Protestan yang seringkali lingkungan asalnya sangat anti-Katolik.

Liberal Christianity is paying for its sins
Los Angeles Times, USA (July 9, 2006)
By Charlotte Allen
When a church doesn’t take itself seriously, neither do its members. It is hard to believe that as recently as 1960, members of mainline churches — Episcopalians, Presbyterians, Methodists, Lutherans and the like — accounted for 40% of all American Protestants. Today, it’s more like 12% (17 million out of 135 million). According to the Hartford Institute for Religious Research, in 1965, there were 3.4 million Episcopalians; now, there are 2.3 million. The number of Presbyterians fell from 4.3 million in 1965 to 2.5 million today.
So this is the liberal Christianity that was supposed to be the Christianity of the future: disarray, schism, rapidly falling numbers of adherents, a collapse of Christology and national meetings that rival those of the Modern Language Assn. for their potential for cheap laughs. And they keep telling the Catholic Church that it had better get with the liberal program — ordain women, bless gay unions and so forth — or die. Sure.
Charlotte Allen is Catholicism editor for www.beliefnet.com and the author of “The Human Christ: The Search for the Historical Jesus.”
http://articles.latimes.com/2006/jul/09/opinion/op-allen9
Kalo kita baca artikel di atas, sepertinya trend ditinggalkan nya liberal christianity di USA akan semakin kuat ke depannya. Hal ini juga didukung dgn fakta jumlah anggota SBC yg semakin menurun.

Sebetulnya saya membuka Thread ini ditujukan utk kaum protestan di forum tetangga. Tapi ternyata thread yg sama ini di tutup sama moderatornya dlm waktu 1 hari. Mungkin dia nggak suka dengan fakta2 yang men-diskreditkan protestan.
Apakah ada statistik tentang fenomena arus mudik dari protestan ke katolik di Indonesia?

Scott Butler (catholic aplogist), melalui khotbahnya tentang sejarah Gereja, katanya berhasil meng-convert 400 pendeta protestan utk masuk Katolik. Ter-inspirasi oleh prestasinya, saya sering terpikir bagaimana caranya meng-edukasi para pendeta2 protestan di Indonesia tentang sejarah Gereja. Ide yg sering terlintas dalam benak saya adalah utk mencetak semacam flyer2 atau brosur dan disebarkan ke umat2 protestan setelah mereka selesai kebaktian di gerejanya tiap hari Minggu. Budget awalnya mungkin sekitar 10jt dan disebarkan sama volunteer mudika katolik. Ada yg mau kasih feedback tentang ide saya yg mungkin sangat kontroversial ini?

Teorinya Blessed John Henry Cardinal Newman:
"To be deep in history is to cease to be Protestant"

Mudah2an teorinya bisa dibuktikan di Indonesia dan saya memang sudah berencana melakukan beberapa eksperimen. Mungkin sekali pendetanya nggak senang karena umatnya jadi tau fakta sejarah. Tapi seharusnya mereka nggak perlu takut karena sejarah kan memang fakta dan bukan opini. Eksperimen saya: Sejarah Gereja dan Injil di ceritakan secara singkat dan sederhana dlm sebuah flyer/brosur utk membukakan mata umat protestan. Sayangnya, kalo mereka memilih tetap utk menutup matanya, mereka bakal terkena efek EENS yg fatal:
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Yohanes  9:41Jawab Yesus kepada mereka: "Sekiranya kamu buta, kamu tidak berdosa, tetapi karena kamu berkata: Kami melihat, maka tetaplah dosamu."

Newman's beatification was officially proclaimed by Pope Benedict XVI on 19 September 2010 during his visit to the United Kingdom.
_________________
David


Last edited by davidsunrise on Wed, 15-06-2011 8:10 am; edited 1 time in total
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
Wong Jowo



Joined: 28 Nov 2004
Posts: 845

PostPosted: Fri, 17-06-2011 10:22 am    Post subject: Reply with quote

Kalau baca sejarah... Gereja Katolik banyak ganguannya. baik dari luar dan dari oknum gereja katolik.

Kalau hanya hasil usaha manusia... tentu sudah lama GK tutup dan tinggal sejarah.

Oleh karena Roh Kudus yang menyertai Gereja Katolik sejak awal dan sapai sekarang... membuat GK tetap tegar.
Back to top
View user's profile Send private message Send e-mail
friend



Joined: 26 Apr 2009
Posts: 143

PostPosted: Sat, 18-06-2011 11:07 pm    Post subject: Reply with quote

davidsunrise wrote:

Scott Butler (catholic aplogist), melalui khotbahnya tentang sejarah Gereja, katanya berhasil meng-convert 400 pendeta protestan utk masuk Katolik. Ter-inspirasi oleh prestasinya, saya sering terpikir bagaimana caranya meng-edukasi para pendeta2 protestan di Indonesia tentang sejarah Gereja. Ide yg sering terlintas dalam benak saya adalah utk mencetak semacam flyer2 atau brosur dan disebarkan ke umat2 protestan setelah mereka selesai kebaktian di gerejanya tiap hari Minggu. Budget awalnya mungkin sekitar 10jt dan disebarkan sama volunteer mudika katolik. Ada yg mau kasih feedback tentang ide saya yg mungkin sangat kontroversial ini?

Teorinya Blessed John Henry Cardinal Newman:
"To be deep in history is to cease to be Protestant"

Mudah2an teorinya bisa dibuktikan di Indonesia dan saya memang sudah berencana melakukan beberapa eksperimen. Mungkin sekali pendetanya nggak senang karena umatnya jadi tau fakta sejarah. Tapi seharusnya mereka nggak perlu takut karena sejarah kan memang fakta dan bukan opini. Eksperimen saya: Sejarah Gereja dan Injil di ceritakan secara singkat dan sederhana dlm sebuah flyer/brosur utk membukakan mata umat protestan. Sayangnya, kalo mereka memilih tetap utk menutup matanya, mereka bakal terkena efek EENS yg fatal:
Indonesia Katolik -Terjemahan Baru   © Ekaristi dot Org
Yohanes  9:41Jawab Yesus kepada mereka: "Sekiranya kamu buta, kamu tidak berdosa, tetapi karena kamu berkata: Kami melihat, maka tetaplah dosamu."

Newman's beatification was officially proclaimed by Pope Benedict XVI on 19 September 2010 during his visit to the United Kingdom.


menceritakan fakta sejarah gereja melalui brosur/flyer itu ide yg bagus. kita sebaiknya membaginya dimulai dari gereja kita sendiri (Katolik) supaya umat makin mengerti fakta dan semakin dikuatkan imannya. selanjutnya mgkn bisa di sekolah2 dan plaza/mal. tapi kalau kita membagikannya di gereja protestan bisa2 kita dianggap provokator?.

ada masukan dari saya kita juga bisa memanfaatkan media teknologi selular yg lagi ngetren seperti BBM (BlackBerry Messager, untuk pengguna bb), imessage (untuk pengguna iphone), dll. untuk mewartakan keselamatan dan menceritakan fakta sejarah gereja, injil, dll.
Back to top
View user's profile Send private message
Display posts from previous:   
Post new topic   Reply to topic    printer-friendly view    Akademi Kontra Indiferentisme Forum Index -> Forum Terbuka All times are GMT + 6 Hours
Goto page: Next
Page 1 of 3

Log in
Username: Password: Log me on automatically each visit

 
Jump to:  
You cannot post new topics in this forum
You cannot reply to topics in this forum
You cannot edit your posts in this forum
You cannot delete your posts in this forum
You cannot vote in polls in this forum


© Copyright Ekaristi Dot Org 2001 Running on phpBB really fast 2001, 2002 phpBB Group. Keluaran (Exodus) 20:1-17