Bible Study - Les Kitab Suci - Les Alkitab
 
 
 
 

Y. Samiran. SCJ

 

Ikuti Jalan SalibJalan Salib

Bible Study No.10 Kisah Para Rasul (Bagian II)

Kirim Ke Printer Undang teman untuk Bible Study


Dalam Kisah Para Rasul kis1:1-14 , diceritakan bagaimana Para Rasul dengan tetap setia menunggu "janji" Roh Kudus Kis1:1-50 dan menceritakan kembali tentang kebangkitan Yesus Kis1:6-12. Diceritakan pula tentang komunitas Gereja yang pertama yang dipimpin oleh Petrus Kis1:13-14 yang tetap bertekun dalam doa bersama sama dengan Bunda Maria menanti pemenuhan "janji" Tuhan akan Roh Kudus.
Sebagai murid yang mendapatkan "kuasa" langsung dari Jesus, Mat16:17-19 Petrus memimpin para Rasul untuk memilih pengganti Yudas.
Selanjutnya silakan baca Kis1:15-26
Saya menunggu komentar dan pendapat Anda.

Kis 1:15 Pada hari-hari itu berdirilah Petrus di tengah-tengah saudara-saudara yang sedang berkumpul itu, kira-kira seratus dua puluh orang banyaknya, lalu berkata:
Kis 1:16 "Hai saudara-saudara, haruslah genap nas Kitab Suci, yang disampaikan Roh Kudus dengan perantaraan Daud tentang Yudas, pemimpin orang-orang yang menangkap Yesus itu.
Kis 1:17 Dahulu ia termasuk bilangan kami dan mengambil bagian di dalam pelayanan ini."
Kis 1:18 --Yudas ini telah membeli sebidang tanah dengan upah kejahatannya, lalu ia jatuh tertelungkup, dan perutnya terbelah sehingga semua isi perutnya tertumpah ke luar.
Kis 1:19 Hal itu diketahui oleh semua penduduk Yerusalem, sehingga tanah itu mereka sebut dalam bahasa mereka sendiri "Hakal-Dama", artinya Tanah Darah--.
Kis 1:20 "Sebab ada tertulis dalam kitab Mazmur: Biarlah perkemahannya menjadi sunyi, dan biarlah tidak ada penghuni di dalamnya: dan: Biarlah jabatannya diambil orang lain.
Kis 1:21 Jadi harus ditambahkan kepada kami seorang dari mereka yang senantiasa datang berkumpul dengan kami selama Tuhan Yesus bersama-sama dengan kami,
Kis 1:22 yaitu mulai dari baptisan Yohanes sampai hari Yesus terangkat ke sorga meninggalkan kami, untuk menjadi saksi dengan kami tentang kebangkitan-Nya."
Kis 1:23 Lalu mereka mengusulkan dua orang: Yusuf yang disebut Barsabas dan yang juga bernama Yustus, dan Matias.
Kis 1:24 Mereka semua berdoa dan berkata: "Ya Tuhan, Engkaulah yang mengenal hati semua orang, tunjukkanlah kiranya siapa yang Engkau pilih dari kedua orang ini,
Kis 1:25 untuk menerima jabatan pelayanan, yaitu kerasulan yang ditinggalkan Yudas yang telah jatuh ke tempat yang wajar baginya."
Kis 1:26 Lalu mereka membuang undi bagi kedua orang itu dan yang kena undi adalah Matias dan dengan demikian ia ditambahkan kepada bilangan kesebelas rasul itu.

Salam dan Doa,
Rm. Y Samiran SCJ
Dikirim Tgl 14 29 Jan 2006 oleh Rm Y Samiran SCJ

  Register agar anda dapat ikut mengirimkan komentar anda



Respon dari leemanto_shen pada 02 Feb 2006 08:58 pm

Romo apakah Bunda Maria boleh kita sebut sebagai Rasul juga?
apakah beda dari Rasul dan Murid Yesus? seperti kita sering dengar Rasul yang dipilih Yesus cuman ada 12 orang sedangkan murid Yesus ada banyak (mis 72 orang murid Yesus)...apakah karena ke12 orang tersebut mengikuti Yesus dan melayani Dia makanya mereka disebut Rasul?atau ada ketentuan lainnya?

thx romo
GBU

Respon dari Novita pada 03 Feb 2006 08:44 am

Namanya saja Bunda dan Rasul, pada hakikatnya sudah berbeda,esensinya berbeda. Maria adalah Ibu dari Yesus Putera Allah. Sedangkan Rasul atau murid itu adalah pengikut Yesus. Bedanya murid dan Rasul ialah, ketika Yesus memanggil orang orang tertentu menjadi muridNya, sedangkan kata "Rasul" itu dipakai setelah Yesus terangkat ke Surga. Bedanya, Rasul adalah penerus ajaran dari Yesus setelah Yesus naik ke Surga dan mereka diberi karunia Roh Kudus.

Respon dari Novita pada 05 Feb 2006 03:00 pm

ada yang kelupaan...
Rasul atau the Apostles, adalah ke 12 orang pertama yang dipilih Yesus untuk memberikan kesaksian tentangNya dan membantu Yesus dalam misiNya di dunia dan pelayananNya. Keduabelas orang tersebut tidak termasuk Yudas Iskariot, karena kedudukan Yudas Iskariot digantikan oleh Mathias (lih Kis 1 : 15=26). Pemilihan Mathias sebagai pengganti Yudas dipimpin oleh Petrus, dimana kita tahu bahwa Petrus adalah satu satunya orang yang diberi kuasa langsung dari Yesus. Suksesi Apostolik gereja secara hirarki dimulai sejak saat itu hingga saat ini.
GBU

Respon dari samiran pada 17 Feb 2006 05:43 pm

Dalam Kisah Para Rasul Bab kis1:15-26 , jelas diceritakan bagaimana Petrus mengawali Suksesi Apostolik nya dalam komunitas Gereja yang pertama, sebagai orang yang ditunjuk dan dipilih langsung oleh Yesus untuk meneruskan GerejaNYA. Dan memimpin para Rasul dalam memilih pengganti Yudas. Maka itulah mengapa Petrus yang menjadi PAUS yang Pertama dalam hirarki Gereja Katholik. Dan kehirarkian ini tetap berlangsung hingga saat ini. Ini adalah bukti bahwa Gereja Katholik, adalah Gereja Yesus yang kebenarannya tidak bisa diragukan.
Sampai bertemu lagi dalam kelanjutan Les Alkitab mengenai Kisah Para Rasul yang berikutnya.
Salam dan Doa.
Romo Y. Samiran SCJ

Respon dari dvdhmbl pada 03 Apr 2006 06:25 am

Romo,
Saya mau tanya, kalau kita nonton film Passion of the Christ.
Kok di film itu uang si Yudas di kembalikan. dan dia mengantungkan diri.
saya mengira bahwa film Passion itu seperti dokumenter yang akurat.
Teriam kasih Romo.



Nama:
E-mail: (perlu diisi)
Smile: smile wink wassat tongue laughing sad angry crying 

| lupakan